Manfaat Beras Merah, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia dan Efek Samping

Manfaat Beras Merah menjadi salah satu makanan pokok yang kini banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Pasalnya, banyak kandungan penting dalam bahan pokok yang satu ini dan sangat penting bagi kesehatan tubuh. Beberapa jenis penyakit bisa diringankan dengan mengonsumsi makanan pokok ini secara rutin seperti diabetes, kolesterol tinggi, hingga gangguan fungsi hati yang bisa menghabiskan banyak biaya bila hanya diatasi dengan pengobatan biasa.

Di Indonesia, banyak wilayah yang berhasil menjadi penghasil biji beras merah varietas unggul. Beberapa di antaranya seperti Jawa Timur, Jawa Barat, dan Bali. Varietas yang dihasilkan tersebut antara lain, Jembar Beureum, Cempolulut, Slegreng, Bhabutong, Ciherang Indrasari, dan masih banyak lainnya. Wajar bila kemudian bahan makanan tersebut sudah bisa dijumpai dan dikonsumsi dengan mudah di wilayah Indonesia meskipun harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan jenis beras putih biasa.

Manfaat dan khasiat beras merah selain membantu proses penyembuhan penyakit juga sangat berguna bagi kecantikan. Tentunya, alasan ini juga yang banyak menyebabkan para wanita memiliki minat untuk mengonsumsinya dengan rutin. Takaran konsumsi yang tepat juga bisa menjadikan bentuk tubuh menjadi proporsional kembali. Nah, bagi anda yang sudah penasaran dengan bahan pokok yang satu ini, silahkan simak penjelasan tentang khasiat, kandungan, serta cara mengolahnya agar bisa diperoleh manfaat yang besar untuk kesehatan.

Klasifikasi Beras Merah

Kingdom         : Plantae

Sub Kingdom  : Tracheonbionta

Sub Divisi       : Spermatophyta

Divisi               : Magnoliophyta

Kelas               : Liliopsida

Sub Kelas        : Commenlinidae

Ordo                : Poales

Famili              : Poaceae

Genus              : Oryza

Spesies            : Oryza nivara

Nama lain        : padi biji merah, beras coklat.

Morfologi Tumbuhan Oryza nivara

Daun   : lonjong, memanjang,, ujung meruncing, ukuran lebih besar dibanding daun beras biasa.

Batang : tegak lurus, bercabang daun.

Bunga  : berukuran kecil dan beraroma khas, memiliki kelopak dan mahkota setelah bunga dewasa.

Biji      : merah kehitaman, berbau wangi

Akar    : akar serabut, rentan roboh.

Kandungan Kimia dan Gizi Pada Beras Merah

  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Tryptophan
  • Threonine
  • Isoleusin
  • Leusin
  • Lisin
  • Metionin
  • Sistin
  • Fenilalanin
  • Tirosin
  • Valin
  • Arginine
  • Histidin
  • Riboflavin
  • Folat
  • Kolin
  • Niasin
  • Vitamin B1, B6, K, E
  • Selenium
  • Mangan
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Zat Besi
  • Fosfor

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang cukup tinggi pada beras merah menjadikan bahan pokok tersebut berfungsi menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tidak perlu lagi anda merasakan sembelit hingga kesulitan buang air besar ketika rutin mengonsumsinya. Untuk bisa menjaga kesehatan pencernaan, cukup dengan mengonsumsi tiga porsi harian nasi merah dengan dilengkapi lauk dan pendamping makanan yang lain.

2. Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Nasi yang terbuat dari beras merah nyatanya memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan nasi putih biasa. Oleh karenanya, untuk anda yang menderita diabetes atau ingin mengontrol kadar gula darah dalam tubuh sebaiknya menggunakan nasi merah sebagai konsumsi sehari-hari. Kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah mampu membantu mengontrol kadar gula dalam darah yang menjadi penyebab diabetes.

3. Menurunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat atau yang dikenal dengan LDL adalah pemicu bagi banyak penyakit berbahaya seperti stroke hingga serangan jantung. Manfaat beras merah yang bisa dipertimbangkan adalah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Tidak hanya itu, bahan makanan yang satu ini juga berfungsi ganda dengan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah.

4. Mencegah Batu Empedu

Penyakit batu empedu merupakan jenis penyakit yang cukup mematikan bila tidak dicegah atau mendapat penanganan yang tepat. Manfaat beras merah juga bisa digunakan untuk mencegah terbentuknya batu empedu yang berbahaya. Diperkaya dengan serat yang tinggi, pada beberapa penelitian terkait pencegahan batu empedu, maka mengonsumsi nasi merah juga termasuk salah satu tindakan yang tepat untuk mencegah terbentuknya batu empedu.

5. Menyehatkan Tulang

Beras merah kaya akan kandungan Kalsium dan berbagai vitamin serta mineral penting yang ternyata dibutuhkan oleh tulang untuk menjaga kesehatan persendian, mencegah keropos tulang, hingga membantu kesehatan dan pertumbuhan tulang. Cukup dengan mengonsumsi nasi merah, anda sudah bisa mendapatkan manfaat tersebut secara alami tanpa perlu mengonsumsi jenis obat kimia lainnya.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, beras merah ternyata memiliki manfaat lain untuk kecantikan kulit. Berikut adalah manfaatnya untuk kecantikan:

6. Bagus Untuk Diet

Sudah bukan rahasia lagi bila beras merah memiliki manfaat yang besar dalam membantu proses menurunkan berat badan atau diet. Diet karena obesitas ataupun ingin mendapatkan tubuh yang proporsional bukan lagi masalah yang sulit selama anda bersedia mengonsumsi makanan pokok ini sebagai pengganti nasi putih dengan takaran yang telah disarankan.

Untuk membantu program diet harian anda, konsumsi beras merah sebanyak 300 gram setiap harinya. Kombinasi lauk dan sayur tetap dibutuhkan sebagai penghasil energi untuk tubuh. Dengan takaran tersebut secara rutin dan olahraga teratur, biasanya program diet bisa dilihat hasilnya kurang dari satu bulan untuk menurunkan sekitar 3-4 kilogram berat badan.

7. Penangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab dari kondisi kulit yang akhirnya menjadi kusam, kering hingga terjadi pengelupasan kulit. Beberapa sel kulit pun tidak bisa melakukan regenerasi secara sempurna ketika nutrisi untuk kulit belum terpenuhi dengan baik. Untuk itu, anda perlu memanfaatkan beras merah sebagai langkah menangkal radikal bebas dengan nutrisi yang cukup bagi kulit. Caranya, hanya dengan mengonsumsi bahan pokok tersebut dengan rutin diimbangi sayur dan buah yang kaya akan serat.

8. Sumber Antioksidan

Beras merah mengandung banyak antioksidan alami yang sangat berguna bagi tubuh. Beberapa kandungan antioksidan dalam beras merah seperti flavon, flavonoid, antosianidin, fenol, dan sebagainya sangat berperan aktif untuk menjaga kesehatan kulit secara signifikan. Anda bisa memeroleh manfaat ini dari beras merah cukup dengan mengonsumsinya secara rutin setiap tiga hari sekali bersama asupan makanan lain yang mengandung gizi sempurna.

9. Meremajakan Kulit

Kulit perlu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan seperti vitamin E, C dan beberapa sumber protein lainnya. Selain mendapat nutrisi dari dalam, anda juga bisa merawat keremajaan kulit dari luar menggunakan scrub yang berbahan dasar beras merah. Scrub ini berguna untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang masih menempel pada kulit sekaligus membuat kulit lebih terlihat cerah.

10. Mengatur Keseimbangan Hormonal

Stres dan beberapa faktor psikologis lainnya menjadi penyebab ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang berpotensi merusak penampilan kulit, termasuk kulit wajah. Dengan menggunakan beras merah yang dipadukan bersama madu alami, anda bisa merasakan manfaat masker wajah tersebut untuk tampilan kulit wajah yang lebih kenyal.

11. Mencegah Kanker

Antioksidan yang kadarnya sangat tinggi terkandung dalam beras merah. Anda bisa memanfaatkan kandungan tersebut sebagai langkah untuk pencegahan kanker. Caranya cukup mudah karena anda hanya perlu mengganti konsumsi beras putih setiap harinya dengan beras merah. Setidaknya takaran 100  gram nasi merah yang dikombinasikan dengan nasi putih cukup untuk membantu mencegah tumbuhnya sel kanker.

12. Mengurangi Lemak dan Penyumbatan Lemak

Kalori yang tidak terlalu tinggi dan menjadi sumber karbohidrat lengkap, memungkinkan beras merah untuk bisa menghasilkan energi yang lebih banyak. Dengan energi yang lebih tinggi tersebut, maka proses metabolisme tubuh juga semakin kencang untuk bisa melunturkan lemak dan mengurangi risiko penyumbatan lemak di bagian tubuh tertentu. Itulah sebabnya, mengonsumsi nasi merah yang dikombinasikan dengan olahraga sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

13. Melancarkan Peredaran Darah

Keseimbangan proses metabolisme tubuh yang semakin baik dan terus meningkat akan membuat sirkulasi darah yang mengalir ke organ tubuh dan otak semakin sempurna. Beras merah bisa membantu melancarkan peredaran darah di seluruh tubuh untuk mendapakan manfaat kesehatan yang signifikan. Namun, untuk mendapatkan manfaat ini anda perlu mengolah air rebusan beras merah saat mulai masak atau matang.

14. Mengurangi Capek

Capek atau lelah hampir dialami siapa saja yang disibukkan dengan rutinitas harian. Untuk mengurangi rasa lelah karena aktifitas yang berlebihan, anda bisa mengonsumsi beras merah secara teratur sebagai pengganti nasi putih pada saat makan malam. Kandungan vitamin dan mineral alaminya bermanfaat untuk membantu sistem peredaran darah sekaligus metabolisme tubuh semakin lancar dan bisa bugar kembali saat pagi harinya.

15. Mencegah Beri Beri

Diperkaya dengan kandungan vitamin B6, dan B1, beras merah juga berfungsi sebagai bahan alami untuk mencegah penyakit beri-beri. Untuk bisa mencegah penyakit beri-beri, anda bisa menggantikan konsumsi nasi putih dengan nasi merah secara teratur setiap empat kali dalam seminggu. Khususnya bagi anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan, langkah ini sangat tepat untuk membantu cegah penyakit tersebut.

16. Mencegah Serangan Jantung

Kandungan Lignin dalam beras merah juga berfungsi besar untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Cara kerja lignin dalam tubuh adalah dengan mengurangi lemak darah serta mengurangi peradangan pada arteri yang bisa memicu turunnya tekanan darah. Ketika tekanan darah menjadi normal kembali, maka risiko serangan jantung pun bisa dicegah dengan baik. Bagi penderita penyakit jantung, makan nasi merah juga dianjurkan untuk menjaga kestabilan jantung. Jadi, belum ada kata terlambat untuk mencegah penyakit mematikan ini bagi anda yang belum terdeteksi memiliki gangguan jantung ya?

17. Mengurangi Stres

Beras merah diperkaya dengan antioksidan yang juga bermanfaat sebagai antidepresan. Dengan demikian, anda  bisa mengurangi tingkat stres yang diakibatkan oleh banyak faktor seperti kebosanan, emosi dan yang lainnya. Konsumsi nasi merah setiap hari untuk mengurangi stres dianjurkan juga bagi anda yang berada dalam masa menstruasi.

18. Menyehatkan Gigi

Kalsium yang terkandung dalam nasi merah tidak hanya cukup untuk menjaga kesehatan  tulang. Tetapi, untuk kesehatan fungsi gigi dan gusi, anda juga bisa memanfaatkan beras merah sebagai makanan pokok setiap hari yang lebih sehat dan berguna. Pada beberapa kasus di Cina, menggunakan air rebusan beras merah yang dipadukan dengan daun sirih untuk membantu mengatasi bau mulut dan masalah gigi berlubang yang sakit.

19. Mencegah Sakit Usus

Penyakit kanker usus merupakan salah satu penyakit mematikan yang bisa dicegah dengan efektif menggunakan beras merah. Ya, kandungan serat tinggi dalam bahan makanan ini bisa membantu usus tetap sehat dan bersih, sehingga terhindar dari penyakit usus yang mematikan seperti kanker usus dan yang lainnya.

20. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengandung vitamin dan mineral tinggi, sumber karbohidrat lengkap dan protein yang cukup banyak jenisnya membuat nasi merah sangat dianjurkan bagi siapa saja. Hal tersebut dikarenakan beberapa senyawa kimia dan gizi pada bahan pokok ini yang mampu meningkatkan sistem imun manusia untuk mencegah berbagai serangan penyakit dari bakteri atau virus yang berbahaya.

Khasiat dan Manfaat Beras Merah yang Lainnya

  1. Mencegah Anemia
  2. Menyehatkan Sistem Reproduksi
  3. Melancarkan Sistem Saraf
  4. Membersihkan Racun di Usus
  5. Memperbanyak Produksi ASI
  6. Anti Depresi
  7. Menjaga Kepadatan Tulang
  8. Menghambat Penuaan dan Mengurangi Bintik Hitam
  9. Mencegah Kerutan
  10. Membantu Kecerdasan Otak
  11. Mengobati Maag
  12. Sebagai Sumber Energi
  13. Membuat Kulit Lebih Kencang
  14. Menjaga Vitalitas Pria
  15. Mengurangi Masalah Rambut Beruban

Efek Samping Beras Merah

Sejauh ini belum ada keluhan yang serius mengenai konsumsi beras merah yang berlebihan sehingga menimbulkan efek samping. Namun, perlu juga diwaspadai bila anda memiliki masalah pencernaan yang rentan terhadap jenis makanan baru. Bahan pokok yang menyehatkan ini juga bisa menimbulkan gangguan cerna yang cukup serius seperti diare. Hal ini disebabkan adanya serat dalam kadar yang tinggi, sehingga bila dikonsumsi tanpa takaran yang tepat maka kandungan serat tersebut bisa memperburuk saluran pencernaan anda.

Sebaiknya konsumsi beras merah sesuai dengan takaran yang dianjurkan yaitu sekitar 200-300 gram setiap harinya. Konsumsi tersebut juga harus diimbangi dengan makan nasi putih atau buah dan sayur lain yang kaya dengan kalori serta serat. Dengan mengonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan, maka efek samping yang membahayakan tubuh juga bisa diminimalkan. Nah, demikian tadi artikel informatif tentang beberapa manfaat beras merah untuk kesehatan maupun kecantikan, kandungan gizi dan cara mengolahnya untuk bisa bermanfaat bagi manusia. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk anda ya!