Manfaat Buah Pala, Klasifikasi Ilmiah, Kandungan Gizi, Cara Mengolah dan Efek Samping

Manfaat Buah Pala (Myristica fragrans) merupakan salah satu jenis rempah-rempahan yang terkenal dan biasa digunakan untuk tambahan bumbu masakan. Manfaat buah pala banyak yang tidak diketahui orang karena paling banyak diketahui sebatas untuk bumbu dapur. Pala di Indonesia banyak yang hanya memanfaatkan bagian piji buah pala padahal dagingnya bisa dimanfaatkan. Pala tumbuh di wilayah tertentu yang terkenal sebagai wilayah penghasil pala.

Penghasil buah pala pertama di Indonesia ada di Kepulauan Banda, Maluku. Pengolahan pertama kali dengan membiarkan dagingya tergeletak begitu saja karena belum banyak yang tahu bahwa daging buah pala bisa dimanfaatkan. Tumbuhan pala bermua dua sehingga dikenal dengan pohon jantan dan pohon betina. Buah pala berbentuk lonjong berwarna kuning, berdaging serta beraroma khas karena mengandung minyak atsiri. Manfaat buah pala tidak banyak orang yang tahu selain untuk bumbu masak. Kandungan yang lengkap didalamnya memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan.

Adapun manfaat buah pala bagi kesehatan seperti menghilangkan masuk angin, menghilangkan insomnia, untuk menambah nafsu makan, melancarkan pencernaan, menghilangkan nyeri saat haid, meredakan asam lambung, menyehatkan otak, sebagai detok, mencegah leukimia hingga menyehatkan kulit.

Klasifikasi Ilmiah Buah Pala

  • Kingdom : Plantae
  • Subkingdom : Taracheobionta
  • Super divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub kelas : Magnoliidae
  • Ordo : Magnoliales
  • Famili : Myristicaceae
  • Genus : Myristica
  • Spesies : Myristica fragrans Houtt
  • Nama Ilmiah : Myristica fragrans

Morfologi Tumbuhan Myristica fragrans

Tanaman pala memiliki buah yang berbentuk bulat hingga lonjong berdiameter 3 – 9 cm. Manfaat buah pala yang dihasilkan sangat beragam untuk membantu mengatasi berbagai penyakit. Buah pala berwarna hijau kekuningan dan akan terbelah menjadi dua jika sudah matang. Biji pala berbentuk bulat lonjong dengan panjang 1,5 – 4,5 cm dan lebar 1 – 2,5 cm berwarna coklat mengkilap.

Tanaman pala memiliki bentuk pohon yang indah dengan tinggi mencapai 10 - 20 meter. Mahkota pohon berbentuk silindris dan bulat serta meruncing dengan percabangannya yang sangat teratur. Manfaat buah pala memiliki daun yang berbentuk elips dan langsing berwarna hijau mengkilap dan gelap. Tanaman pala ini memiliki dua jenis kelamin pada pohon yang berbeda. Bunga pala muncul dari setiap ujung cabang dan ranting.

Kandungan Gizi Buah Pala

Ada tiga bagian manfaat buah pala yang bernilai ekonomis tinggi, pertama daging buah yang berwarna keputihan bisa diolah menjadi manisan, kemudian fuli yang biasa digunakan untuk bumbu masakan dan bagian biji yang berarna coklat banyak dimanfaatkan untuk bumbu masak, parfum hingga kosmetik. Banyaknya manfaat buah pala tidak lepas dari kandungan yang dimilikinya yaitu:

  • Senyawa kimia
  • Energi ( 42 kkal )
  • Protein ( 0,3 gram )
  • Lemak ( 0,2 gram )
  • Karbohidrat ( 10,9 gram )
  • Minyak atsiri
  • Zat samak
  • Zat pati
  • Saponin
  • Scolopetin
  • Miristisin
  • Elemisi
  • Enzim lipase
  • Pektin
  • Limonene
  • Asam oleanolat
  • Gula pati
  • Zat besi ( 2 miligram )
  • Kalsium ( 32 miligram )
  • Vitamin A ( 29 IU )
  • Vit. B1 ( 1 miligram )
  • Vit. C ( 22 miligram )


Khasiat Buah Pala dan Cara Mengolahnya

1. Menghilangkan Insomnia

Anda pernah mengalami insomnia atau sulit tidur? Gejala ini bisa menimpa siapa saja. Hal ini menyebabkan kondisi fisik penderita menjati tidak fit untuk melakukan aktivitas setiap saat. Padahal tidur adala keadaan tidak sadar dimana saat itu memungkinkan tubuh untuk beristirahat. Sulit memang untuk menentukan ukuran tidur normal karena kebutuhan hidup seseorang berbeda-beda.

Adapun beberapa faktor penyebab insomnia seperti akibat gaya hidup, masalah kesehatan fisik, akibat gangguan psikologi, hingga efek samping obat-obatan. Kandungan di dalam buah pear mampu mengatasi insomnia jika Anda mengonsumsi secara rutin.

Cara Mengolah Buah Pala:

  1. Siapkan 300 gr buah pala serta gula pasir secukupnya
  2. Buatlah bahan larutan pertama berupa 1000 ml air, 1 sdm gara
  3. Untuk larutan kedua siapkan 1 liter air dan kapur sirih secukupnya
  4. Larutan ketiga 1 liter air dan 500 gr hula pasir
  5. Kupas buah pala, buang biji dan ambil dagingnya
  6. Belah daging menjadi 2 dan iris seperti kipas
  7. Gunakan larutan pertama untuk merendap buah pala selama 24 jam
  8. Pakai larutan kedua untuk merendam kembali selama sehari semalam
  9. Di hari ketiga, panaskan air yang sudah tercampur gula pasir
  10. Masukkan pala dalam larutan ketiga hingga matang
  11. Angkat dan dinginkan
  12. Siapkan kembali larutan ketiga dan rendam buah selama 24 jam
  13. Panaskan larutan ketiga, masukkan pala hingga larutan mengental dan tiriskan
  14. Jemur buah dalam wadah yang kering, taburin menggunakan gula pasir dan tunggu hingga kering
  15. Manisan siap dihidangkan

2. Menghilangkan Masuk Angin

Masuk angin sudah menjadi gejala yang biasa pada manusia. Kondisi seperti ini merupakan penyakit yang disebabkan karena kumpulnya gas yang tidak merata pada tubuh. Beberapa penyebab terjadinya masuk angin bisa jadi karena terlalu lama berada di ruangan ber-AC, sering menghabiskan waktu diluar atau hujan-hujanan.

Meskipun dalam dunia kedokteran dianggap sebagai mitos namun secara medis kondisi ini merupakan keadaan dimana seseorang merasa pegal, perut terasa penuh, mual, serta demam. Saat terjadi gejala seperti ini Anda bisa konsumsi manfaat buah pala untuk mengatasinya.

Cara Mengolah Buah Pala:

  1. Asinan buah pala
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 1 bengkuang, 1 mantang, 1/2 potong nanas, 1 buah timun, 1 kedongdong, 1 salak, 1 buah pala, 5 cabe rawit, 4 cabe merah, 1 bungkus asam jawa, 1/2 sdt cuka matang, garam dan gula secukupnya
  3. Cuci bersih semua bahan dan potong-potong kemudian tiriskan
  4. Haluskan cabe rawit, cabe merah dan masak menggunakan air mendidih
  5. Masukkan garam, gula, asam jawa dan cuka setelah wangi
  6. Campurkan buah-buahan yang telah dipotong kemudian masukkan ke dalam kulkas
  7. Asinan siap disantap

3. Menambah Nafsu Makan

Kehilangan nafsu makan bisa menjadi hal serius apalagi untuk Anda yang memiliki kekurangan berat badan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kehilangan nafsu makan seperti rasa cemas yang berkepanjangan, efek samping obat hingga makanan yang tidak membuat selera menjadi latar belakang hilangnya nafsu makan.

Langkah awal yang perlu diperhatikan untuk menambah nafsu makan adalah dengan memperhatikan pola makan dan jangan lupa untuk menggunakan manfaat buah pala agar bisa mengatasi kondisi seperti ini.

Cara Mengolah Buah Pala:

  1. Sediakan buah pala kemudian kupas kulitnya
  2. Rendam daging buah dalam air menidih selama 4 menit
  3. Hancurkan daging buah menggunakan blender kemudian tambaan air
  4. Saring hasil blenderan tersebut
  5. Tambahkan sirup glucose dan bahan pengisi dekstrin dan CMC

4. Melancarkan Pencernaan

Demi memiliki sistem pencernaan sehat selalu dikaitkan dengan pengkonsumsian makanan karena tubuh akan menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Saat pencernaan tidak sehat maka buang air besar pun bisa terganggu sehingga tubuh tidak nyaman.

Bagaimana caranya untuk membuat sistem pencernaan lebih baik? Anda bisa mulainya dari mengonsumis makanan yang mengandung serat seperti manfaat buah pala, konsumsi probiotik, batasi konsumsi lemak, banyak minum air mineral, makan secara perlahan, hingga hindari stres.

Cara Mengolah Buah Pala:

  1. Siapkan 5 kg buah pala segar, 125 gr gula pasir, 3 liter sari buah, 1 gr natrium benzoat, 20 gr garam, air secukupnya
  2. Cuci bersi buah dengan air mengalir kemudian iris kecil-kecil
  3. Hancurkan buah menjadi bubur
  4. Tambahkan gula pasir, air, natrium benzoat, sari buah atau asam sitrat dan garam dapur dan aduk rata
  5. Saring campuran tersebut kemudian masukkan ke dalam botol lalu tutup rapat
  6. Endapan hasil saringan bisa diolah menjadi dodol, selai dan lain-lain
  7. Masukkan botol yang tertutup dalam air mendidih selama 30 menit
  8. Angkat kemudian dinginkan

5. Menghilangkan Muntah

Manfaat buah pala memiliki sifat antimetik yang bertujuan untuk menghilangkan mual dan muntah. Saat kondisi ini menyerang tubuh Anda, konsumsilah buah ini secara rutin perlahan-lahan hingga rasa mual dan muntah hilang. Muntah yang berat bisa menyebabkan dehidrasi, jadi selain mengonsumsi buah ini Anda perlu memperbanyak minum air mineral. Jika kondisi berlanjut silahkan hubungi dokter.

Cara Mengolah Buah Pala:

  1. Siapkan beberapa buah pala kemudian dikupas
  2. Cuci bersih daging pala kemudian rendam selama satu malam
  3. Buang air rendaman, kemudian rebus daging selama dua kali 10 menit
  4. Masukkan air rebusan ke dalam wadah dan beri gula pasri serta agar-agar aduk rata hingga mengental lalu tuang ke dalam cetakan
  5. Diamkan adonan hingga teksturnya berubah menjadi padat kemudian potong-potong kecil lalu masukkan ke dalam kemasakan khusus

6. Meredakan Asam Lambung

Asam lambung selalu ditandai dengan rasa perih dan mual dalam perut. Padahal tubuh menggunakan asam lambung untuk mencena makanan. Seringkali jumlah asam menjadi berlebih sehingga terjadi gangguan pada pencernaan.

Penyebab melemahnya katup antara kerongkongan bawah dengan lambung sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun berat badan menjadi salah satu penyebabnya. Selain mengubah gaya hidup, berbagai bahan alami seperti manfaat buah pala bisa meredakan gejala ini.

Cara Mengolah Buah Pala:

  1. Selain daging, biji pala bisa digunakan untuk olahan beragam masakan Siapkan sayuran berupa 3 buah wortel, 1 buah kentang, 6 batang buncis, kol secukupnya dan 3 batang daun bawang serta saledri
  2. Sediakan bumbu halus 4 siung bawang merah, 1 bawang putih, 7 butir lada
  3. Tambahkan pelengkap berupa 1 biji pala, 4 batang cengkeh, 1 ruas jari jahe, kayu manis, bawang goreng, air, minyak, garam secukupnya
  4. Potong kecil sayuran kemudian cuci bersih
  5. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum
  6. Beri sedikit garam aduk hingga bumbu layu
  7. Tambahkan air secukupnya
  8. Masukkan kayu manis, biji pala, jahe dan cengkeh
  9. Tuang kentak dan wortel saat air mulai panas
  10. Masukkan sisa sayuran hingga wortel empuk
  11. Diamkan hingga mendidih dan matang, matikan api lalu sajikan

7. Menyehatkan Otak

Pala juga berfungsi untuk menyehatkan otak. Kandungan miristin pada buah ini berkhasiat untuk mengurangi degradasi jalur syaraf dan penurunan kognitif otak. Salah satu cara termudah untuk menjega kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga, namun banyak sekali yang enggan melakukannya. Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, konsumsilah manfaat buah pala secara rutin dalam bentuk apapun.

Cara Mengolah Buah Pala:

  1. Jika Ada daging sapi di rumah, bisa dimasak dengan bumbu tambahan biji pala
  2. Siapkan 1/2 kg daging sapi, 3 butir kentang, 5 bawang merah, 3 bawang putih, 1 buah tomat
  3. Sediakan lada, ketumbar, jintan, biji pala secukupnya
  4. Ambil kemiri, jahe, lengkuas dimemarkan, daun salam, serai, kayu manis 1/2 batang, 3 batang cengkeh, kecap gula, garam, penyedap secukupnya, minyak dan air serta bawang goreng
  5. Cuci bersih daging dan potong-potong
  6. Kupas kentang lalu potong dan goreng kemudian sisihkan
  7. Haluskan semua bumbu, tumis menggunakan minyak hingga harum. Masukkan daun salam, serai, jahe, lengkuas dan tomat
  8. Masukkan potongan daging ke dalam bumbu tumis, aduk hingga rata dan berubah warna
  9. Tambahkan air hingga semua daging tercampur. Beri kecap, garam, gula dan kaldububuk. Aduk hingga rata dan empuk
  10. Tuang kentang goreng ke dalam daging aduk rata, tunggu hingga matang.
  11. Siap disajikan

8. Menjaga Kesehatan Mulut

Beberapa cintih kesehatan mulut yang buruk adalah sariawan, bau mulut, dan gigi berlubang. Hal ini selain sulit saat makan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri saat berbicara dengan lawan jenis secara langsung. Beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan gigi bisa dilakukan mandiri di rumah seperti jangan sikat gigi terlalu keras, sikat gigi sebelum tidur, gunakan pasta gigi berfluorida, tidak merokok, minum lebih banyak air, dan mengonsumsi buah-buahan sehat seperti pala.

Cara Mengolah Buah Pala:

  1. Siapkan 3 potong ayam, 1 sdt garam, 1 sdt air nipis
  2. Sediakan bumbu halus 1 bawang putih, 1 cm jahe, 3 biji cengkeh, 1/2 sdt pala bubuk, 1/2 sdt ketumbar, 1/2 sdt adas manis, 1/2 sdt merica, 1 sdt biji kapulaga, 2 sdt paprika bubuk, 1/2 bawang bombai, 2 batang daun ketumbar
  3. Campur semua bahan bumbu halus lalu blender
  4. Bersihkan ayam dan baluri dengan garam serta perasan jeruk nipis
  5. Lumuri bumbu pada yam selama 1 jam, simpan dalam kulkas
  6. Bakar ayam dalam oven yang sudah dialasi daun pisang
  7. Siap disajikan

9. Mencegah Leukimia

Leukimia atau kanker darah merupakan kanker yang menyerang pada karingan pembentuk sel darah termasuk sumsum tulang serta kelenjar getah bening dan biasanya melibatkan sel darah putih. Pada umumnya sel darah putih berperan untuk sistem daya tahan tubuh. Saat terjadinya leukimia produksi sela darah putih lebih banyak dari normal. Untuk mencegah hal ini terjadi, manfaat buah pala bisa mengatasinya sebelum akhirnya menjadi lebih parah.

Cara Mengolah Buah Pala:

  1. Siapkan 1 buah nanas, 4 buah pisang, 1 buah gula aren, 100 gr gula pasir, 1 sick cinnamon, 1 bunga pala, 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga
  2. Potong-potong pisang dan nanas
  3. Rebus 1,5 liter air bersama rempah-rempah hingga mendidih
  4. Masukkan pisang, rebus hingga layu
  5. Tuang gula, aduk hingga pisang matang
  6. Campurkan potongan nanas beserta jus, aduk rata
  7. Masukkan pisang dalam gelas, tambahkan es batu, nanas dan air stoopnya
  8. Siap disantap

10. Menyehatkan Kulit

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit sehat? Rasanya semua orang memiliki jawaban yang sama. Ada banyak cara untuk mendapatkan kulit sehat baik pria maupun wanita hingga rela mengeluarkan banyak biaya untuk hal ini.

Padahal sebenarnya untuk mendapatkan kulit yang sehat masih ada cara ekonomis yang bisa dilalui seperti sering berolahraga, makan makanan yang mengandung nutrisi baik, menghindari junk food, dan sebagainya. Salah satu saran Anda bisa mengonsumsi manfaat buah pala untuk keseatan kulit.

Cara Mengolah Buah Pala:

  1. Sediakan bahan-bahan 6 buah pisang kepuk, 5 sdm gula pasir, 4 gelas air, 1 sdm mentega, 1 ruas kayu manis, 1 lembar daun pandan, 3 buah cengkeh, 1 buah biji pala, garam secukupnya
  2. Potong kecil pisang kepuk lalu sisihkan
  3. Rebus pisang dan air, masukkan gula pasir dan garam
  4. Masukkan daun pandan, kayu manis, biji pala dan cengkeh
  5. Tuang mentega dan masak hingga matang
  6. Siap disajikan

Manfaat dan Khasiat Buah Pala Lainnya:

11. Melancarkan peredaran darah

12. Menormalkan tekanan darah

13. Menciptakan tulang sehat

14. Meningkatkan sistem imun tubuh

15. Mencegah anemia

16. Mengobati diabetes

17. Mendukung kesehatan mata

18. Mengobati sakit gigi

19. Sebagai penghasil energi

20. Menghilangkan bau badan

Efek Samping Buah Pala

Terlepas dari manfaat buah pala yang diyakini mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti pengobatan ginjal, kesehatan mulut, pencernaan hingga membantu mengobati kanker, konsumsi buah pala yang berlebih bisa mengakibatkan halusinasi aau efek narkotika. Selain itu, efek samping yang dirasakan apabila pengkonsumsian diluar aturan dapat mempersulit proses kinerja tubuh, dapat mengakibatkan kejang, jantung berdebar tidak teratur hingga muntah.