Manfaat Buah Pear, Klasifikasi Ilmiah, Kandungan Gizi, Cara Mengolah dan Efek Samping

Manfaat Buah Pear (Pyrus Communis) merupakan tanaman buah yang berasal dari Eropa Barat yang kini sudah menyebar hingga ke kawasan Asia seperti Indonesia. Beberapa spesies pohon pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air dan rasanya manis. Pear disebutkan dalam nama Bahasa Inggris, sedangkan dalam bahasa Indonesia disebut dengan pir.

Pohon pear berketinggian sedang, panjang antara 2 – 12 cm. Pada sebagian spesies, daun buah pear berwarna hijau mengkilat sedikit berbulu keperakan. Saat musim dingin banyak daun yang berguguran kecuali dua spesies pir di Asia Tenggara. Manfaat buah pear selain untuk buah yang segar teranyata sangat bagus untuk kesehatan. Kandungan nutrisi didalamnya mampu mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat buah pear dikemas dengan nutrisi seperti serat makanan, antioksidan, mineral dan vitamin. Pir adalah sumber serat makanan yang baik. Manfaat buah pear lain untuk kesehatan bahkan kecantikan seperti menyehatkan pencernaan, mencegah stroke, meningkatkan imunitas, mencegah osteoporosis, memberikan gizi untuk ibu hamil hingga mampu mengatasi jerawat.

Klasifikasi Ilmiah Buah Pear

Manfaat buah pear yang diakui banyak orang sangat baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan baik memiliki klasifikasi sebagai berikut:

  • Kingdom : Plantae
  • Subkingdom : Tracheobionta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Rosales
  • Famili : Rosaceae
  • Subfamili : Maloideae
  • Genus : Pyrus L.
  • Bunga Pear : majemuk tak terbatas
  • Nama latin : Pyrus communis
  • Nama Indonesia : pir
  • Akar : terdapat jaringan gabus
  • Batang : terdapat jaringan gabus
  • Warna daun : Hijau, tepi bergerigi
  • Daun : berselang-seling

Morfologi Buah Pear

Buah pear tergolong dalam genus Pyrus yakni sejenis tanaman yang tumbuh di berbagai tempat di dunia mulai dari daerah pantai hingga beriklim sedang. Terdapat 30 spesies buah pear di antaranya Pyrus communis, Pyrus nivalis, dan Pyrus salicifolia. Manfaat buah pear yang tersebar hingga ke penjuru dunia memiliki kekerabatan dengan buah apel sehingga spesies ini kadangkala susah dibedakan.

Buah pear yang berasal dari daerah beriklim tropis seperti Eropa Barat, Asia dan Afrika Utara memiliki ketinggian pohon hingga mencapai 10 – 17 meter. Namun sebagian sepesies merupakan pohon pendek yang memiliki daun rimbun. Daun berselang-seling, berbentuk lonjong lebar namun juga bisa berbentuk bujur panjang yang langsing. Panjang antara 2 hingga 12 cm. Di sebagian manfaat buah pear, daun berwarna hijau mengkilat atau sedikit berbulu warna keperakan. Sebagian besar pohon akan merontokkan daunnya di musim dingin kecuali dua spesies di Asia Tenggara.

Pohon tumbuhan pear sangat tahan cuaca dingin hingga -25 derajat celcius dan -40 kecuali spesies yang selalu berdaun hijau yang tahan sampai -15 derajat celcius. Buah tipe buah pome dengan diameter antara 1 – 4 cm pada spesies liar, sedangkan pohon hasil budidaya akan menghasilkan buah pear berukuran besar antara 18 x 8 cm.

Kandungan Gizi Buah Pear

Buah pear / pir merupakan tanaman buah yang berasal dari kawasan Eropa Barat dan kini sudah banyak dibudidayakan di kawasan Asia termasuk Indonesia. Manfaat buah pear yang matang memiliki warna kuning dengan bintik kecoklatan khusus untuk pear kuning. Ada pula pear warna hijau yang rasanya lebih empuk dibandingkan pear kuning. Dari banyaknya manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh menyimpan beragam nutrisi dan manfaat buah pear per per 148g di antaranya:

  • Kalori 85.8
  • Protein 0.6 g
  • Vitamin
  • Mineral
  • Total karbohidrat 22,9 g

Khasiat Buah Pear dan Cara Mengolahnya

1. Menyehatkan Pencernaan

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat buah pear mampu menyehatkan pencernaan. Sistem pencernaan yang baik bisa membantu mempertahankan kesehatan tubuh seseorang. Saat organ ini terganggu tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tubuh akan menyerap nutrisi dari makanan dengan baik sehingga kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi. Jika Anda rajin mengonsumsi buah ini dengan teratur maka akan mendapatkan penceranaan yang baik.

Cara Mengolah Buah Pear:

  1. Selain cara mengonsumsi buah pear secara langsung, Anda bisa mengolah menjadi bentuk lain yang tak kalah segar
  2. Siapkan 1/2 kg ikan gabus, 1/2 buah pir, daun bawang, garam, lada, gula, kecap asin, minyak wijen, jeruk nipis, 1 bawan putih dan air putih
  3. Lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis
  4. Cincang kasar bawang putih
  5. Baluri dengan garam, kecam asin dan minyak wijen secara merata
  6. Diamkan hingga 30 menit lalu siapkan kukusan
  7. Masukkan air putih sedikit ke dalam ikan untuk kuah, tambahi bawang putih cincang, garam dan gula secukupnya
  8. Buat tim ikan 18 menit lalu masukkan buah pir yang telah dipotong
  9. Kukus kembali selama 5 menit
  10. Angkat dan taburi daun bawang, siap disantap

2. Mengontrol Tekanan Darah

Saat tekanan darah dalam tubuh meningkat biasa dikenal dengan hipertensi. Gejala ini tidak dapat disembuhkan, namun bukan berarti kesehatan seseorang terus memburuk melainkan dengan perawatan serta gaya hidup sehat, lambat laun tekanan darah bisa terjaga. Bicara masalah gaya hidup sehat, makanan menjadi salah satu faktor yang berkaitan dengan hal ini. Anda bisa mengonsumsi buah pear untuk mengontrol tekanan darah supaya berada dalam batas normal.

Cara Mengolah Buah Pear:

  1. Siapkan 400 gr semangka merah tanpa biji, 1/2 buah pear, 1 cup yogurt dingin
  2. Sediakan susu kental manis putih, sirup rasa frambozen dan keju parut secukupnya
  3. Potong dadu buah semangka dan pear, tempatkan dalam satu wadah
  4. Lumuri buah-buahan dengan yogurt, beri susu kental manis, taburi dengan keju parut dan sedikit sirup frambozen
  5. Siap disajikan

3. Mencegah Stroke

Istilah stroke sudah dikenal banyak orang. Ini merupakan kondisi yang terjadi saat pasokan darah ke otak terganggu. Tanpa darah, otak tidak akan mendapatkan nutrisi dan oksigen sehingga sel didalamnya akan mati. Keadaan seperti ini bisa terjadi secara tiba-tiba. Karenanya Anda perlu memperhatikan gaya hidup yang baik, selain berolahraga makanan pun menjadi faktor penting untuk kesehatan tubuh. Untuk mencegah terjadinya kondisi ini Anda bisa rutin mengonsumsi dan mendapatkan banyak manfaat buah pear.

Cara Mengolah Buah Pear:

  1. Ambil 1 buah pear, 1 kotak susu kedelai, 2 sendok oatmeal, 1 buah kiwi, 1/2 potong pisang ambon, cimory yogurt plain
  2. Blender buah pear dan susu kedelai
  3. Tambahkan oatmeal, pisang, kiwi sebagai topping dan 1 botol yogurt
  4. Par Oat Smoootie siap disantap

4. Menyehatkan jantung

Kesehatan jantung sangat penting untuk diperhatikan. Mengonsumsi makanan sehat dapat membuat Anda terhindar dari risiko terkena penyakit jantung dan meminimalisir kematian akibat serangan jantung. Selain itu, dengan menghindari makanan siap saji dan instan akan meminimalisir kondisi kelainan pada jantung. Beberapa makanan yang mengandung nutrisi baik untuk jantung ialah biji-bijian, bawang putih, anggur, buah apel, pear dan sebagainya. Manfaat buah pear sangat mendukung atas kesehatan jantung.

Cara Mengolah Buah Pear:

  1. Olahan yang satu ini cocok untuk menu sarapan yaitu pear apple pie
  2. Siapkan bahan-bahan 4 lembar kulit lumpia, 1/2 buah apel, 1/2 buah pear, 1 sdm gula, 1 sdm sirup, keju parut secukupnya
  3. Larutkan gula dan sirup pada teflon
  4. Masukkan buah lalu masak hingga layu
  5. Tata isian pada kulit lumpia, taburi dengan keju kemudian gulung
  6. Goreng dan siap sadikan

5. Memberikan gizi untuk ibu hamil

Seorang ibu hamil memerlukan asupan gizi untuk pemenuhan nutrisi demi pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Kebutuhan nutrisi pada masa hamil tentu berbeda dengan kebutuhan sehari-hari saat tidak hamil. Pada masa kehamilan, sekitar 300 kalori di trismester kedua dan ketiga sangat dibutuhkan.

Ada pun beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan seperti protein, karbohidrat, kalsium, folat dan zat besi. Manfaat buah pear menjadi salah satu makanan yang mengandung nutrisi baik untuk gizi ibu hamil.

Cara Mengolah Buah Pear:

  1. Siapkan 4 sdm oats, 1/4 gelas air panas, 1/4 gelas susu low fat
  2. Sediakan topping berupa 1/2 buah pear dipotong, 1/2 buah apel dipotong kecil, 1 sdm gula pasir, 1 sdm sirup
  3. Bikin caramel terlebih dahulu yaitu panaskan gula dengan sirup pada teflon.
  4. Masukkan buah-buahan dan masak hingga layu
  5. Campurkan oats, air panas, susu low fat dan aduk rata
  6. Tambahkan topping di atasnya
  7. Siap disajikan

6. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan kondisi menurunkan kualitas kepadatan tulang sehingga menjadi retak atau keropos. Kondisi ini biasanya ditemukan setelah ditemukan retak pada tulang. Pada umumnya tidak ada tanda-tanda saat terjadi osteoporosis, namun pada beberapa gejala terjadinya hal ini seperti sakit punggun, postur tubuh membungkuk, sering mengalami cidera dan sebagainya.

Salah satu solusi untuk mencegah terjadinya osteoporosis bisa dengan mengonsumsi manfaat buah pear secara teratur karena memiliki kandungan untuk mendukung kesehatan tulang.

Cara Mengolah Buah Pear:

  1. Sediakan 1 bungkus nutrijel puding susu, 2 kotak susu cair 250 ml, 1 kaleng susu kental manis putih, 700 ml air, 3 buah pear, 3 sdm telasih
  2. Panaskan air masukkan puding, susu cair, skm dan telasih lalu aduk rata hingga mendidih
  3. Masukan air, biarkan hingga uap berkurang
  4. Tata parutan pear dalam cetakan sesuai selera
  5. Masukkan adonan puding, diamkan hingga dingin dan masukkan ke dalam kulkas
  6. Siap disantap

7. Mengatasi Jerawat

Jerawat kerap mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri seseorang. Padahal kondisi ini bisa menimpa siapa saja. Penyebab utama timbulnya jerawat adalah produksi minyak, pori-pori tersumbat, bakteri dan sel kulit mati. Hal seperti ini biasanya muncul pada leher, wajah, dada, punggung dan bahu. Ada banyak cara untuk menghilangkannya, namun cara alami labih aman dibandingkan menggunakan bahan kimia. Salah satu contohnya dengan menggunakan manfaat buah pear.

Cara Mengolah Buah Pear:

  1. Ambil 1 buah plum merah, 1 buah pear, 30 gr brokoli, 1 buah wortel, 1 buah beet dan 300 ml air
  2. Cuci bersih semua bahan
  3. Rendam brokolo menggunakan air yang diberi garam
  4. Blender hingga halus semua bahan dan siap disajikan

8. Melembabkan Kulit

Kulit kering bisa membuat kusam dan terlihat tua, karenanya sangat penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi serta kelembaban kulit agar tampak sehat. Saat udara di lingkungan sekitar dingin bisa menjadi pemicu kulit menjadi kasar, berkerak dan kusam. Meskipun ada banyak pelembab yang tersedia di toko-toko dan bisa didapat dengan harga murah tapi belum menjamin memberikan efek baik kedepannya, bahkan jika Anda menemukan harga murah dan tidak populer hal tersebut patut dicurigai.

Saat ini ada banyak oknum di luar sana yang tidak bertanggungjawab menjual dengan bebas bahan perawatan kulit. Oleh karena itu anda perlu hati-hati dalam memilih produk. Selain menggunakan moisturizer sebagai pelembab, Anda perlu asupan dari dalam dengan rutin mengonsumsi buah-buahan seperti manfaat buah pear.

Cara Mengolah Buah Pear:

  1. Ambil 1 buah naga merah, 1 buah pear, sirup kurnia, es batu dan air matang secukupnya
  2. Campurkan semua bahan menjadi satu kecuali es batu dan aduk rata
  3. Simpan dalam kulkas beberapa jam hingga sirup meresap
  4. Saat disajikan, masukkan es batu

9. Mengatasi Kulit Berminyak

Seseorang yang memiliki kulit berminyak selalu mengeluhkan hal ini karena terlihat mengkilap dan lengket. Sebenarnya kulit berminyak kadang dibutuhkan untuk menjaga kelembaban kulit, namun jika kadarnya berlebih bisa mengganggu juga. Dengan perawatan rutin dan tepat maka Anda bisa mendapatkan kulit sehat dan bebas kilap.

Jika Anda bingung bisa menanyakan hal ini kepada pihak yang telah profesional untuk kadar kimia hika Anda menggunakan bahan kimia seperti dokter kulit. Selain perawatan luar yang aman, dengan mengonsumsi buah-buahan sehat bisa mengatasi hal ini seperti manfaat buah pear.

Cara Mengolah Buah Pear:

  1. Olahan yang satu ini memberikan rasa segar di siang hari
  2. Siapkan 1 buah pir
  3. Sediakan bahan kuah berupa 2 buah cabe rawit, 1 sdt asam jawa, 1/2 sdt garam, 1 sdm gula pasir, 100 ml air putih matang
  4. Potong-potong buah pear
  5. Campurkan semua bahan kuah kemudian blender halus
  6. Tuang rujak di mangkok, masukkan buah dan siap disantap

10. Mencegah Sembelit

Sembelit merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada pencernaan dan hal ini sering terjadi pada siapa saja terutama bagi mereka yang tidak memperhatikan pola makan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kerja usus terganggu sehingga menyebabkan sembelit seperti stres, kurang minum air mineral, kurang makan makanan yang mengandung serat, sering minum kopi dan lain-lain. Saat kondisi ini terjadi Anda bisa konsumsi buah-buahan seperti pear yang mengandung serat tinggi.

Cara Mengolah Buah Pear:

  1. Untuk Anda yang ingin membuat Infused water bisa tambahi dengan pear
  2. Ambil 1 buah pear, 1 buah jeruk nipis dan air mineral
  3. Cuci buah-buahan
  4. Iris tipis buah pear
  5. Masukkan pear ke dalam botol minuman dan tambahkan air
  6. Peras jeruk nipis lalu masukkan ke dalam botol minuman

Manfaat dan Khasiat Buah Pear Lainnya:

11. Mengatasi diabetes

12. Mengurangi tingkat kolesterol

13. Anti radikal bebas

14. Tidak menimbulkan reaksi alergi

15. Menjaga kadar gula darah

16. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

17. Meningkatkan energi

18. Mencegah radang usus

19. Mencegah kandung empedu

20. Mengatasi sesak napas

21. Mengatasi masalah tenggorokan

22. Mencegah kerusakan kulit

23. Baik untuk perawatan bibir

24. Anti inflamasi alami

Efek Samping Buah Pear

Buah pear memiliki rasa renyah yang menyegarkan saat dikonsumsi. Ada banyak manfaat buah pear yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh mulai dari anti inflamasi, mencegah kanker, mencegah penuaan dini hingga manfaat lainnya. Mengonsumsi buah pear secara teratur maka akan lebih terasa manfaatnya. Namun dari kandungan-kandungan yang dimiliki buah pear jika dikonsumsi berlebih akan berdampak cukup serius di antaranya:

  • Kenaikan berat badan
  • Meningkatkan resiko kanker jika dikonsumsi tidak teratur
  • Mengganggu tekanan darah
  • Memperburuk kesehatan jika terlalu banyak vitamin C, zat besi dan vitamin A