Manfaat Creambath, Jenis-Jenis Perawatan dan Harganya

Manfaat Creambath, Hairmask, Hairspa merupakan salah satu jenis perawatan kecantikan untuk rambut dan kulit kepala. Perawatan ini dapat dilakukan untuk wanita maupun pria. Bagi wanita, rambut adalah elemen penting dalam hidupnya, maka dari itu muncul istilah rambut adalah mahkota bagi wanita. Karena dijadikan mahkota,maka wanita harus merawat mahkotanya agar tetap terlihat sehat dan cantik. Salah satu cara untuk merawatnya dengan melakukan perawatan rambut secara rutin.

Khasiat creambath tentunya dapat membuat rambut Anda menjadi segar, alami dan sehat. Rambut membutuhkan zat-zat yang bernutrisi untuk kesehatan rambut. Saat melakukan perawatan rambut ini, biasanya ada pemijatan  yang dilakukan oleh capster. Pemijatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat kepala menjadi lebih rileks. Biasanya para ladies yang sedang pusing dengan pekerjaan atau memiliki banyak masalah, pasti datang ke salon untuk melakukan perawatan rambut ini demi membuat kepala menjadi rileks agar mampu berpikir jernih.

 

Biaya Creambath

Bagi Anda yang ingin mendapatkan khasiat creambath, Andaperlu menyiapkan biaya yang sesuai dengan kantong Anda. Biaya perawatan rambut ini tentunya berbeda-beda, bergantung pada dimana Anda melakukan perawatan. Jika Anda melakukan perawatan rambut di rumah, maka biayanya akan lebih murah daripada Anda melakukan perawatan rambut di salon.  Biaya perawatan rambut ini juga berbeda-beda karena krim yang digunakan beragam variannya. Tiap varian krim memiliki manfaat tersendiri, serta kualitas krim juga berbeda-beda. Berikut rata-rata biaya perawatan rambut, diantaranya :

1. Harga dan Biaya Creambath di Rumah

Anda dapat melakukan perawatan rambut di rumah sendiri sambil bersantai. Untuk melakukan perawatan ini, Anda bisa meminta tolong pada orang yang ada di rumah atau menggunakan tangan Anda sendiri. Khasiat creambath tetap bisa Anda dapatkan meskipun melakukannya di rumah. Tentunya, Anda yang memilih produk yang akan digunakan sebagai krim atau membuat sendiri krimnya dari bahan-bahan alami. Krim yang Anda pilih harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rambut Anda.

Jika Anda ingin melakukan perawatan rambut ini di rumah,Anda membutuhkan peralatan dan perlengkapan seperti krim, shampoo, air serta handuk yang sudah di rendam air hangat. Biaya untuk melakukan perawatan ini cenderung murah. Jika Anda memakai krim yang kemasan sachet untuk sekali pakai maka biayanya sekitar Rp 10.000 –  Rp 15.000. Namun jika memakai krim yang kemasan tube/botol biayanya sekitar Rp 20.000 – Rp 150.000 tergantung merek yang Anda pilih. Namun untuk yang kemasan tube atau botol Anda bisa gunakan hingga 5 kali lebih untuk perawatan. Atau Anda ingin menggunakan bahan-bahan alami yang diracik sendiri juga biayana jauh lebih murah yakni di bawah Rp 10.000. Jelas biaya perawatan rambut di rumah lebih murah daripada di salon.

2. Harga dan Biaya Creambath di Salon

Jika Anda jarang di rumah atau sedikit memiliki waktu luang, maka Anda bisa pergi ke salon untuk mendapatkan khasiat creambath. Perawatan rambut ini pasti ada di semua salon. Mulai dari salon yang paling kecil, hingga salon-salon besar yang sudah terkenal. Seperti Johnny Andrean, Salon Rudi Hadisuwarno dan sebagainya.

Saat di salon nanti Anda akan ditawarkan varian krim yang ingin digunakan untuk perawatan. Biasanya di salon menyediakan varian coklat, strawberry, mint, dan lidah buaya. Di salon juga menyediakan produk krim dari terkenal seperti makarizo, Rudi Hadisuwarno dan sebagainya.

Untuk melakukan perawatan rambut di salon, Anda perlu menyiapkan budget sesuai dengan varian krim yang ingin Anda gunakan. Jika  menggunakan varian krim coklat, strawberry, mint atau lidah buaya biaya perawatan ini hanya berkisar antara Rp 25.000 – Rp 50.000.

Namun, jika Anda memilih menggunakan krim dari produk ternama seperti makarizo, loreal, kerastase, rudi hadisuwarno, atau matrix, biaya perawatan berkisar antara Rp 50.000 – Rp 200.000. Ini juga tergantung pada salon kelas mana yang Anda gunakan. Jika salon kelas atas biayanya pasti diatas Rp 100.000.

Jenis-Jenis Creambath

Jenis-jenis perawatan rambut ini dibedakan berdasarkan kondisi dan masalah yang ada pada rambut. Sehingga khasiat creambath dapat dirasakan rambut dan membantu mengatasi masalah-masalah pada rambut atau kulit kepala. Berikut jenis-jenis creambath berdasarkan masalah pada rambut, diantaranya :

1. Creambath untuk Rambut Normal

Bagi Anda yang memiliki rambut normal atau tidak memiliki masalah rambut, Anda tetap perlu melakukan perawatan rambut ini. Perawatan ini tetap dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kesegaran rambut, sehingga mempertahankan kondisi rambut yang normal. Anda dapat melakukan perawatan dengan menggunakan lidah buaya.

Khasiat creambath dengan lidah buaya ini tentunya dapat membuat rambut menjadi bersih dan sehat. Lendir yang ada pada lidah buaya mengandung saponin yang bisa membersihkan rambut dari kuman, bakteri maupun kotoran.

2. Creambath untuk Rambut Rontok

Bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok, sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan rambut. Selain menggunakan shampo dan conditioner yang memiliki kandungan untuk mengatasi rambut rontok, demi membuat rambut menjadi kuat Anda perlu mendapatkan khasiat creambath.

Perawatan rambut rontok bisa dilakukan dengan menggunakan ginseng. Baik ginseng alami atau produk krim yang mengandung ginseng. Ginseng memiliki zat yang dapat memberikan asupan gizi pada rambut sehingga membuat rambut menjadi lebih kuat.

3. Creambath untuk Rambut Bercabang

Masalah rambut bercabang juga menjadi masalah yang sangat dibenci oleh kaum wanita. Jika Anda memiliki rambut bercabang, tidak perlu tergesa-gesa pergi ke salon untuk potong rambut. Sebaiknya Anda lakukan perawatan rambut yang mampu menutrisi rambut hingga membuat rambut menjadi kuat dan tidak bercabang.

Khasiat creambath bisa Anda dapatkan untuk melawan rambut rontok dengan menggunakan bahan yang mengandung alpukat. Kandungan minyak yang ada pada alpukat mampu melembabkan rambut dan menguatkan rambut agar tidak bercabang.

4. Creambath untuk Rambut Kusam

Bagi Anda yang memiliki rambut kusam, Anda bisa melakukan perawatan rambut di salon menggunakan bahan yang mengandung kemiri. Khasiat creambath dengan kandungan kemiri dapat membuat rambut menjadi lebih lembab, hingga bercahaya. Tak hanya itu, kemiri juga dapat membuat rambut menjadi lebih hitam. Sehingga Anda tidak perlu cat rambut berwarna hitam, Anda bisa mendapatkan warna hitam alami dari kemiri.

5. Creambath untuk Rambut Kering

Rambut kering adalah rambut yang sangat kekurangan nutrisi. Khasiat creambath untuk mengatasi rambut kering bisa didapatkan dengan menggunakan alpukat atau kemiri. Kedua bahan ini sama-sama memiliki kandungan yang dapat menguatkan rambut, melembabkan rambut dan menutrisi rambut hingga ke akarnya. Sehingga rambut Anda akan lebih lembab dan tidak kering lagi seperti sebelumnya.

6. Creambath untuk Rambut yang Diwarnain

Bagi Anda yang mewarnai rambut dengan pewarna buatan (cat rambut), Anda harus rutin melakukan perawatan rambut. Karena rambut yang diwarnain bisa membuat rambut menjadi kering dan merusak kesehatan pada rambut.

Khasiat creambath untuk rambut berwarna bisa didapatkan dengan menggunakan produk yang memiliki kanadungan strawberry atau kiwi. Strawberry dan kiwi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat memberikan perlindungan untuk rambut yang diwarnai. Vitamin C dan Vitamin E yang terkandung di kiwi dapat membuat rambut menjadi lebih lembab. Sehingga meskipun rambut diwarnai dan penuh dengan bahan kimia, rambut akan tetap sehat.

7. Creambath untuk Mencegah Rambut Rusak

Anda tentunya tidak ingin memiliki rambut yang rusak. Karena rambut adalah mahkota bagi wanita. Anda bisa melakukan perawatan rambut menggunakan cokelat. Khasiat creambath dengan cokelat ini mampu mengontrol kelembapan rambut pada kulit kepala sehingga dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan terhindar dari kerusakan. Aroma cokelat juga dapat membuat Anda menjadi lebih rileks sehingga saat melakukan perawatan, kepala Anda akan terasa fresh.


Jadwal Waktu Melakukan Creambath

Melakukan perawatan rambut ini tentunya tidak sembarangan. Karena ada waktu berkala yang perlu diperhatikan untuk melakukan perawatan rambut ini. Khasiat creambath bisa didapatkan secara optimal jika Anda rutin melakukannya 1 kali dalam 2 minggu. Artinya dalam sebulan Anda bisa melakukan perawatan ini sebanyak 2 kali. Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan kondisi rambut Anda.

Krim apa yang akan digunakan saat melakukan perawatan rambut ini? Tentunya krim harus sesuai dengan masalah atau kondisi rambut. Sehingga jika dilakukan sebanyak dua kali dalam sebulan, Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Alat dan Perlengkapan Creambath

Melakukan perawatan rambut di salon ataupun di rumah sama-sama membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang bisa menunjang perawatan. Namun, peralatan akan lebih sederhana jika perawatan ini dilakukan di rumah. Berikut peralatan dan perlengkapan untuk mendapatkan khasiat creambath di rumah, diantaranya :

  • Krim (sesuaikan varian yang digunakan dengan kebutuhan rambut)
  • Shampoo dan Conditioner
  • Air bersih untuk bilas rambut
  • Handuk yang telah direndam air hangat sebagai steam untuk rambut

Sedangkan peralatan dan perlengkapan di salon lebih lengkap daripada melakukan perawatan di rumah, berikut peralatan dan perlengkapan untuk mendapatkan khasiat creambath di salon, diantaranya :

  • Krim (gunakan produk atau varian yang sesuai dengan kebutuhan rambut)
  • Shampoo dan Conditioner
  • Handuk
  • Steam
  • Sisir kuas untuk mengoles krim
  • Hair dryer

Tahapan dan Cara Melakukan Creambath

1. Bilas Rambut Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan perawatan rambut ini, Anda perlu membilas rambut terlebih dahulu dan menggunakan shampoo serta conditioner pada rambut. Hal ini dilakukan untuk membuat krim bisa meresap dalam rambut. Khasiat creambath tidak akan Anda dapatkan, jika kondisi rambut dalam keadaan kotor. Maka, rambut harus dibersihkan terlebih dahulu menggunakan shampoo.

2. Jangan Biarkan Rambut Terlalu Basah

Sebelum menggunakan krim, Anda perlu mengeringkan rambut yang basah akibat keramas. Tapi jangan sampai rambut menjadi sangat kering. Cukup dengan mengusap rambut menggunakan handuk agar rambut tidak lagi meneteskan air. Khasiat creambath akan didapatkan secara optimal jika rambut dalam keadaan masih basah namun tidak lagi meneteskan air.

3. Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Untuk melakukan perawatan ini, Anda perlu membagi rambut menjadi beberapa bagian. Bagi Anda yang memiliki rambut pendek cukup membagi dalam 2 – 3 bagian. Namun untuk rambut panjang, Anda bisa membagi sampai 5 hingga 7 bagian. Baru setelah ini Anda bisa melakukan perawatan rambut untukmendapatkan khasiat creambath yang optimal.

4. Oleskan Krim Pada Rambut

Anda tentu sudah memilih atau menyiapkan krim varian apa yang akan digunakan. Setelah disiapkan, Anda bisa langsung mengoleskan krim secara merata pada rambut yang sudah dibagi-bagi. Cara mengoleskannya bisa menggunakan sisir sikat atau pun jari. Khasiat creambath akan Anda dapatkan setelah krim ini merasap pada rambut.

5. Pijat Rambut Secara Perlahan

Anda bisa melakukan pijatan pada kepala setelah krim dioleskan ke seluruh rambut. Pijatan ini dilakukan untuk membuat kepala menjadi rileks dan melancarkan peredaran darah. Khasiat creambath akan semakin terasa dengan pijatan-pijatan yang dilakukan di kepala.

6. Steam Rambut

Jika di salon, rambut akan dibungkus dengan handuk kemudian dipakaikan alat steam pada kepala Anda. Namun, jika  perawatan ini dilakukan di rumah, Anda bisa membungkus rambut dengan handuk yang sudah direndam air hangat. Hal ini untuk menunjang khasiat creambath pada rambut Anda.

7. Bilas Rambut

Setelah selesai proses steam, Anda bilas lagi rambut menggunakan shampoo dan conditioner. Untuk menghilangkan krim yang ada pada rambut. Namun, jangan khawatir, krim sudah meresap hingga ke kulit kepala sehingga khasiat creambath dapat segera Anda rasakan.

8. Keringkan Rambut

Jika Anda ingin rambut cepat kering, Anda bisa mengeringkan menggunakan hair dryer. Namun penggunaan hair dryer yang terlalu sering dapat membuat rambut menjadi rusak. Sehingga lebih baik keringkan dengan handuk, agar khasiat creambath bisa berjalan optimal pada rambut Anda.

Khasiat dan Manfaat Creambath

1. Menjaga Kesehatan Rambut

Meskipun Anda memiliki rambut normal, kesehatan rambut tetap perlu dijaga. Dengan melakukan perawatan rambut secara rutin, khasiat creambath bisa Anda rasakan yakni rambut menjadi sehat dan kuat.

2. Solusi Mengatasi Rambut Rontok

Jika Anda menyisir rambut kemudian banyak bagian rambut yang menempel di sisir atau jatuh ke lantai, artinya Anda mengalami masalah rambut rontok. Rambut rontok bisa diatasi dengan rutin melakukan perawatan rambut. Khasiat creambath mampu membuat rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

3. Solusi Mengatasi Rambut Kering

Jika Anda memiliki rambut kering, maka Anda perlu melakukan perawatan rambut. Perawatan ini dilakukan untuk membuat rambut menjadi lebih lembab. Khasiat creambath mampu membuat rambut lembab dan tidak lagi kering.

4. Solusi Mengatasi Rambut Bercabang

Jika Anda memiliki rambut bercabang, Anda bisa melakukan perawatan rambut ini. Khasiat creambath mampu untuk menutrisi rambut hingga ke akarnya. Sehingga membuat rambut akan menjadi lebih sehat dan tidak lagi bercabang.

5. Merawat Kesehatan Rambut yang Diwarnai

Jika rambut Anda diwarnai maka Anda perlu melakukan perawatan ekstra pada rambut. Rambut yang diwarnai akan memiliki banyak kandungan bahan kimia pada rambut, sehingga jika tidak dirawat akan membuat rambut menjadi rusak. Khasiat creambath mampu membuat rambut yang diwarnai terlindungi dari kerusakan.


Efek Samping Creambath

Khasiat creambath tidak akan muncul untuk beberapa kondisi rambut tertentu. Perawatan rambut ini dapat memberikan efek samping jika dilakukan pada rambut yang sangat berketombe, sangat rontok dan sangat berminyak.

1. Rambut Berketombe

Melakukan perawatan rambut ini tidak menjadi solusi bagi Anda yang memiliki ketombe sangat banyak di rambut. Khasiat creambath tidak akan muncul karena, penggunaan krim pada rambut berketombe membuat tumpukan minyak semakin banyak di rambut dan menimbulkan ketombe yang semakin meningkat.

3. Kerontokan Rambut

Bagi yang memiliki rambut sangat rontok atau kerontokan hebat, Anda tidak dianjurkan melakukan perawatan rambut ini. Khasiat creambath tidak akan hadir jika Anda sudah memiliki rambut yang sangat rontok. Karena pijatan pada saat perawatan akan membuat rambut semakin rontok.

3. Rambut Jadi Berminyak

Bagi yang memiliki rambut berminyak, tidak dianjurkan melakukan perawatan ini. Khasiat creambath tidak akan muncul karena penggunaan krim akan menyebabkan minyak semakin menumpuk pada rambut. Sehingga seharusnya menggunakan perawatan masker rambut.