Manfaat Daun Pegagan, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Manfaat Daun Pegagan (Centella asiatica), Peugaga, Jalukap, Daun Kaki Kuda, Ampagaga, Antanan, Dulang Sontak, Piduh, Pigago, Sandanan merupakan jenis tanaman liar yang banyak tumbuh di ladang, tepi jalan, perkebunan hingga sawah yang sejak zaman dahulu telah banyak digunakan untuk pengobatan kulit seperti keloid, gangguan saraf hingga memperlancar peredaran darah. Selain untuk pengobatan, Daun Pegagan oleh masyarakat Jawa Barat sering digunakan untuk lalapan.

Daun Pegagan yang memiliki nama ilmiah Centella Asiatica memiliki bentuk daun yang lebar dan tumbuh menjalar serta berbunga sepanjang tahun. Daun ini diperkirakan berasal dari wilayah Asia dan daerah tropis. Jenis Pegagan yang sering dijumpai antara lain Pegagan Hijau dan Pegagan Merah. Pegagan Hijau banyak dijumpai di daerah pesawahan dan sela-sela rumput, sedangkan Pegagan Merah tumbuh merambat dan tidak memiliki batang.

Manfaat pegangan yang memiliki rasa manis dan mendinginkan mampu menurunkan panas, menghentkan pendarahan, meningkatkan syaraf memori, mencegah varises dan salah urat, meningkatkan daya ingat hingga menurunkan gejala stres. Bahkan, pada penelitian yang dilakukan oleh RSU Dr. Soetomo Surabaya khasiat daun pegagan digunakan untuk menurunkan tekanan darah yang cocok untuk usia lanjut.

Klasifikasi Daun Pegagan

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotiledoneae
  • Ordo : Apiales
  • Famili : Mackinlayaceae
  • Genus : Centella
  • Spesies : C. asiatica
  • Nama Ilmiah : Centella asiatica
  • Nama Populer : Daun Antanan
  • Asal Tumbuhan : Asia Tenggara
  • Daun Pegagan : bulat, batangnya lunak, beruas dan menjalar
  • Tinggi Daun Pegagan : hingga 1 meter

Morfologi Tumbuhan Centella Asiatica

Daun Pegagan hidup liar merambat dan biasanya berada di daerah yang lembab. Tanaman ini tumbuh tahunan tanpa batang namun dengan rimpang pendek serta stolon melata, panjang 10 – 80 cm. Daunnya tunggal tersusun, terkadang agak berambut, panjang tangkai daun hingga 50 mm, helai daun berbentuk ginjal, bundar lebar, pinggir daun beringgit kea rah pangkal daun. Bunga Daun Pegagan berupa payung tunggal keluar dari ketiak daun kelopak, gagang perbungaan 5-50 mm, lebih pendek dari tangau daun.

Kandungan Kimia dan Gizi Daun Pegagan

Sejak dahulu, khasiat daun pegagan banyak membantu mengobati berbagai penyakit. Ternyata ada banyak kandungan gizi dan kimia di dalamnya yaitu:

  • asiaticoside
  • thankuniside
  • isothankuniside
  • madecassoside
  • brahmoside
  • brahmic acid
  • brahminoside
  • madasiatic acid
  • meso-inositol
  • centelloside
  • carotenoids
  • hydrocotylin
  • vellarine
  • tanin
  • kalium
  • natrium
  • magnesium
  • kalsium
  • zat besi

Nama Lain Daun Pegagan

Daun Pegangan memiliki penyebutan nama yang berbeda-beda baik di Indonesia maupun di luar negeri, antara lain:

  • Nama Latin (Binomial) : Centella Asiatica L. Urban
  • Nama lokal lainnya: Peugaga (Aceh), Daun Kaki Kuda (Melayu), Ampagaga (Batak), Antanan, Dulang Sontak (Sunda), Gagan-gagan, Rendeng, Cowek-cowekan, Pane Gowang (Jawa), Piduh (Bali), Bebele (Lombok), Sandanan (Irian) Broken Copper Coin, Semanggen (Indramayu, Cirebon), Pegaga (Makassar), Daun Tungke (Bugis).
  • Inggris : Spadeleaf, Pohekula
  • Pilipina : Takip Kohol
  • Cina : Beng da wan, Han ke cao

Manfaat Daun Pegagan dan Cara Mengolahnya

1. Mengurangi Kecemasan

Kecemasan sebenarnya bukan merupakan gangguan justru untuk beberapa hal mampu meningkatkan kewaspadaan dan membuat tubuh menjadi siap melakukan sebuah tindakan. Sebuah peneliti dari India dalam skala kecil membuktikan efek daun ini terhadap kecemasan. Mereka mengambil sekitar 33 subjek tes yang diberi dua kampusl 500 mg ekstrak pegagan setiap hari selama 60 hari. Peneliti mengamati para peserta selama proses penelitian dan memberikan kuisioner untuk pengujian.

Berdasarkan pengamatan, peneliti menemukan bahwa khasiat daun pegagan secara signifikan untuk mengurangi kecemasan. Pada dasarnya rasa cemas ditandai dengan beberapa gejala emosional dan fisik seperti rasa takut, panik, pikiran obsesif tidak terkendali hingga gangguan pencernaan. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengonsumsi tumbuhan Centella asiatica secara rutin.

Cara Mengolah Daun Pegagan:

  1. Sediakan 1 genggam daun pegagan, 5 baang tapak lima, 1/2 genggam daun jintan hitam, 1 sdm madu, 1 gelas air putih.
  2. Cuci bersih semua bahan kemudian masukkan dalam panci bersama satu gelas air
  3. Rebus hingga mendidih
  4. Saring airnya dan beri campuran madu, aduk hingga rata
  5. Angkat dan minum air ramuan secara rutin

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka merupakan cidera yang melibatkan rusaknya jaringan tubuh dan pada umumnya terjadi di bagian kulit. Jika kulit sedang luka maka kuman dapat mudah masuk dan menimbulkan infeksi. Pengobatannya pun sangat beragam mulai dari obat alami hingga berbahan dasar kimia. Proses penyembuhan luka pun membutuhkan beberapa tahap mulai dari tahapan peradangan, pembuluh darah akan menyempit untuk menghentikan pendarahan, tahap fibrolastik hingga tahap pematangan.

Saat jaringan rusak kembali pulih maka kulit menjadi kuat seperti awal. Pengobatan yang beragam bisa dilakukan mandiri di rumah. Khasiat daun antanan mampu mempercepat penyembuhan luka. Cara menggunakan obat herbal ini dan mengambil Khasiat daun pegaganpun tidaklah sulit.

Cara Mengolah Daun Pegagan:

  1. Siapkan 5 lembar daun pegagan dan bedak dingin secukupnya
  2. Cuci bersih daun pegagan dan hancurkan hingga halus
  3. Campur daun pegagan yang telah halus dengan bedak dingin
  4. Aplikasikan pada bagian luka secara merata menjelang tidur

3. Membersihkan Darah

Tubuh kita memiliki banyak darah. Pada orang dewasa pun rata-rata memiliki hingga 5,5 liter darah yang bersirkulasi di dalam tubuh. Saat muncul darah kotor, hal ini merupakan salah satu gangguan kesehatan dimanya banyak sekali orang mengalaminya. Salah satu yang kerap terjadi adalah pada perempuan yang mengalami masa haid dan jerawat. Banyak cara untuk mengatasi permasalahan ini, salah satunya dengan khasiat daun pegaganatau mengaplikasikannya dalam bentuk lain.

Penyebab darah kotor sangat beragam mulai dari seringnya menghirup asap rokok, makanan atau minuman yang tidak sehat dan sebagainya. Pegagan cukup mudah ditemukan sehingga saat anda membutuhkan untuk penyembuhan atau membersihkan darah tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia.

Cara Mengolah Daun Pegagan:

  1. Konsumsi daun pegagan dalam bentuk puding. Sudah mencobanya?
  2. Siapkan daun pegagan 3 genggam, 10 gr agar-agar, 10 gr nutrijel melon, 3 sdm krimer, 24 sdm gula, 2000 cc air
  3. Jus pegegan menggunakan 150 cc air kemudian saring
  4. Larutkan agar-agar, nutrijel dan gula dengan 1850 air lalu rebus dengan api kecil
  5. Aduk hingga berbusa kemudian tambahkan jus pegegan hingga mendidih kembali
  6. Tambahkan krimer sambil diaduk hingga rata
  7. Matikan api, tunggu sekitar 3 menit kemudian masukkan dalam cetakan
  8. Tunggu hingga mengeras dan masukkan ke dalam kulkas untuk dihidangkan dalam keadaan dingin

4. Melancarkan Buang Air Kecil

Apakah Anda pernah mengalami kondisi dimana saat buang air kecil urin yang keluar sedikit bahkan bisa merasakan sakit pada bagian pinggul? Pada dasarnya buang air kecil terjadi karena proses kandung kemih, ureter, ginjal dan uretra. Jika ada kelainan dalam hal ini anda perlu hati-hati sebab bisa berakibat fatal kedepannya. Sulitnya kencing bisa terjadi karena ada bakteri yang menghambat saluran pembuangan. Jika sudah terlihat tanda-tada buang air kecil kurang lancar, daun antanan atau khasiat daun pegagan bisa menjadi solusi pengobatan untuk melancarkan saat anda kencing.

Cara Mengolah Daun Pegagan:

  1. Olahan daun pegagan tidak hanya menjadi minuman saja, melainkan bisa diolah menjadi camilan keripik
  2. Ambil 200 gr daun pegagan, 250 gr tepung beras, 4 siung bawang putih, 1 sdt kencur, air dan garam secukupnya dan minyak
  3. Cuci bersih daun pegagan
  4. Haluskan bawang putih, ketumbar dan kencur
  5. Buat adonan tepung, masukkan tepung beras kemudian tambahkan bumbu halus, garam dan air secukupnya
  6. Panaskan minyak di atas api sedang, masukkan daun pegagan pada adonan kemudian goreng hingga menguning

5. Mengobati Demam

Demam kerap terajadi pada seseorang yang memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat celcius. Kondisi seperti ini bisa terjadi pada siapapun baik balita hingga orang dewasa. Hal ini terjadi merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan bakteri, parasit ataupun virus dan pada umumnya mereka langsung berlari menggunakan obat kimia untuk proses penyembuhan. Padahal bahan herbal lain masih bisa digunakan seperti khasiat daun pegagan yang mampu mengobati demam.

Cara Mengolah Daun Pegagan:

  1. Daun pegagan adalah salah satu sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Olahannya sangat beragam, kali ini Anda bisa membuatnya menjadi nugget
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 250 gr daging ayan, 1 buah wortel ukuran sedang, 1 piring daun pegagan, 6 siung bawang putih, 3 siung bawang merah
  3. Ambil 200 gr tepung terigu, 50 gr tepung maizena, 2 butir telur, 1 sdm garam, 1 sdm gula, 1 sdt merica bubuk dan 200 gr tepung roti
  4. Pisahkan daging ayam dari kulit dan tulang
  5. Blender wortel, ayam, daun pegagan, bawang putih dan bawang merah
  6. Tuangkan hasil blenderan ke dalam wadah
  7. Masukkan kuning telur, tepung terigu, garam, gula, tepung maizena, merica dalam adonan
  8. Aduk hingga rata kemudian masukkan ke dalam loyang.
  9. Kukus selama 30 menit kemudian dinginkan.
  10. Setelah dingin, potong-potong nugget, balut dengan putih telur dan tepung roti
  11. Goreng hingga kecoklatan

6. Melancarkan Sirkulasi Darah

Peredaran darah manusia harus selalu lancar setiap saat. Ketika terhambat, maka akan banyak penyakit yang datang dan mengganggu fungsi tubuh. Beragam jenis penyakit seperti kelainan jantung, tekanan darah tinggi hingga stroke bisa terjadi jika sirkulasi darah tidak berjalan dengan lancar. Khasiat daun pegagan sangat ampuh untuk melancarkan sirkulasi darah. Darah dalam tubuh akan mencegah penyakit penyimbatan pembuluh darah sehingga tubuh akan selalu sehat.

Cara Mengolah Daun Pegagan:

  1. Daun pegagan bisa diaplikasikan dalam bentuk asinan buah digabung bersama bahan lain
  2. Siapkan bahan-bahan 1 buah nanas dipotong-potong, 1 bengkuang dipotong-potong, pepaya secukupnya dipotong-potong, 1 liter air, 150 - 200 gr gula pasir, cuka, kacang tanah, kerupuk mie dan daun pegagan secukupnya
  3. Siapkan bumbu halus 3 siung bawang putih, 3 buah cabe rawit merah, 3 buah cabe merah besar, 3 butir kemiri sangrai
  4. Rebus air, gula dan bumbu halus, beri sedikit cuka hingga mendidih kemudian matikan api hingga rebusan dingin
  5. Saring kuah supaya tampak bening, masukkan buah-buahan dan bahan lain.
  6. Simpan dalam kulkas untuk disajikan dalam keadaan dingin
  7. Sajikan dengan taburan kacang tanah, kerupuk mie dan daun pegagan

7. Menambah Daya Ingat

Pikun atau sulit mengingat sesuai sangat berkaitan dengan pertambahan usia. Namun tidak menutup kemungkinan saat usia masih dalam angka mudah mengalami hal ini karena banyak faktor. Salah satu solusi untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan menjalani pola hidup sehat termasuk pengkonsumsian makanan. Khasiat daun pegagan bisa menambah daya ingat seseorang.

Cara Mengolah Daun Pegagan:

  1. Ambil daun pegagan secukupnya kemudian bersihkan dan buang sedikit akarnya
  2. Setelah bersih, potong-potong halus
  3. Tambahkan bumbu serai, daun jeruk dipotong-potong dan campurkan ke dalam daun pegagan yang telah dipotong
  4. Sangrai daun pegagan dan campurkan dengan kelapa parut

8. Mengusir Bakteri

Bakteri merupakan salah satu mikroorganisme yang bisa memicu berbagai penyakit mulai dari penyakit ringan hingga yang mengancam jiwa. Bakteri yang masuk ke dalam tubuh sangat beragam seperti melalui makanan, minuman, kontak dengan cairan urine, dan sebagainya. Saat bakteri masuk dalam tubuh kemudian mengakibatkan badan terserang penyakit, khasiat daun pegagan berperan penting untuk mengusir bakteri.

Cara Mengolah Daun Pegagan

  1. Olahan daun pegagan bisa menjadi bahan pelengkap pindang patin
  2. Siapkan 1 kg ikan patin, 100 gr gula merah, 1/4 butir nanas dipotong kecil, 1 buah terasi, 8 gr asam jawa, 1 batang serai, 1200 lt air, 1 ikat kemangi, daun bawang dan daun pegagan secukupnya
  3. Siapkan bumbu halus 10 buah cabai rawit, 5 siung bawang merah, 2 sdm garam dan 2 sdm gula pasir
  4. Larutkan terasi dan asam jawa dalam 200 ml air
  5. Bersihkan ikan kemudiang potong dan lumuri menggunakan jeruk nipis
  6. Tambahkan beberapa potong nanas yang telah diremas agar hilang kandungan airnya
  7. Campur ikan, bumbu halus dan larutan terasi lalu diamkan selama 15 menit
  8. Masak dengan 1 liter air, serai, gula merah, aduk hingga rata dan tambahkan gula, garam secukupnya
  9. Tambahkan daun pegagan, aduk hingga harum. Jika sudah matang angkat dan tambahkan irisan bawang serta kemangi.

9. Mengatasi Alergi

Alergi merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang sering dianggap bahaya. Seseorang yang mengalami kondisi seperti ini dipicu oleh berbagai macam kontak seperti alergi obat, makanan, lateks, dermatitis, serbuk bunga dan sebagainya. Kondisi ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh bereaksi secara tidak normal terhadap zat baru atau zat asing. Daun antanan mampu mengatasi alergi. Untuk Anda yang memiliki alergi apapun bisa coba Khasiat daun pegagan dengan cara mengonsumsi daun ini secara rutin.

Cara Mengolah Daun Pegagan:

  1. Cara olahan daun pegagan ini bisa menambah selera makan
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 300 gr daging sapi iris tipis, 2 sdm maizena, 1 bawang merah potong 4, 1 sdm jahe bubuk, 1 bawang putih dihaluskan, 1 sdt lada bubuk, 3 sdm soy sauce
  3. Ambil 1 1/2 sdm brown sugar, 100 ml air, 1 buah tomat, 10 - 15 daun pegagan, 8 buah kacang panjang dipotong, 2 buah daun bawang dipotong, 1 buah wortel diserut, 2 buah cabe hijau
  4. Siapkan garam dan kaldu bubuk secukupnya dan 4 sdm minyak sayur
  5. Siapkan bahan-bahan, campur daging dengan maizena hingga rata
  6. Goreng daging hingga berubah warna kemudian masukkan bawang merah, jahe bubuk dan bawang putih juga lada aduk hingga rata
  7. Setelah 2 - 3 menit, masukkan brown sugar dan air, aduk hingga rata tunggu sampai mendidih.
  8. Masukkan semua sayuran, tambahkan soy sauce, garam dan kaldu bubuk.Tunggu hingga matang. Siap disajikan

10. Anti Inflamasi

Inflamasi adalah mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari infeksi mikroorganisme asing. Keadaan ini dipandang sebagai sistem kekebalan alami yang dimiliki tubuh untuk melawan serangan penyakit. Khasiat daun pegagan sangat baik untuk anti inflamasi yang bermanfaat bisa meredakan berbagai macam peradangan pada tubuh.

Cara Mengolah Daun Pegagan:

  1. Siapkan bahan-bahan 1 buah tempe, 2 siung bawang putih rajang, 3 siung bawang merah dirajang, 1 ikat sawi, 1 ikat kailan, 1 genggap daun pegagan, 1 genggam pucuk tumbuhan paku
  2. Siapkan kecap manis, minyak goreng, garam secukupnya, 1 batang daun bawang pre, 5 buah cabai rawit
  3. Panaskan minyak goreng kemudian masukkan bawang merah dan bawang putih, tunggu sampai harum
  4. Masukkan tempe yang telah dipotong kecil, goreng hingga matang. Tuang sedikit kecap kemudian aduk-aduk
  5. Masukkan sawi, kailan, daun pegagan dan pucuk tumbuhan paku, goreng hingga layu
  6. Masukkan cabe rawit, beri sedikit air tunggu hingga mendidih
  7. Beri penyedap rasa dan garam sesuai selera. Tunggu hingga matang, siap disajikan.

Manfaat Daun Pegagan Lainnya:

11. Meningkatkan IQ

12. Antioksidan

13. Mencegah penyakit salah urat

14. Sebagai sumber energi tubuh

15. Menambah stamina

16. Anti stres

17. Menambah sel darah merah

18. Mencegah anemia

19. Mencegah timbulnya jerawat

20. Melancarkan haid

Efek Samping Daun Pegagan

Khasiat daun pegagan pun banyak dikonsumsi untuk lalapan, namun ada juga yang dikeringkan untuk dijadikan teh dan diambil ekstraknya untuk dibuat kapsul atau menjadi salep, obat jerawat hingga body lotion. Pada dasarnya mengkonsumsi tanaman ini jarang terjadi apalagi dengan dosis yang telah ditentukan. Namun beberapa efek samping yang bisa jadi muncul saat seseorang mengonsumsi Daun Pegagan adalah:

  • Sakit kepala
  • Gangguan lambung dan mual
  • Mengonsumsi dengan dosis tinggi bisa menyebabkan vertigo
  • Tidak dianjurkan untuk ibu hamil

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya pelajari dulu bagaimana cara mengolah daun pegagan yang baik dan benar, agar tidak salah. Baca kembali informasi dalam artikel ini untuk tahu prosedur menggunakan daun herbal ini. Semata-mata agar khasiat daun pegagan bisa diperoleh secara maksimal.