Daun Saga, Klasifikasi Ilmiah, Kandungan Gizi, Cara Mengolah dan Efek Samping

Manfaat Daun Saga merupakan daun yang berasal dari tanaman rambat, telik, atau areuy. Daunnya berbentuk bulat sedikit lonjong dan berukuran kecil seperti daun turi. Di beberapa kalangan saga dimanfaatkan untuk meredakan batuk. Beberapa tangkai daun di rebus kemudian di saring untuk diminum airnya.

Manfaat daun saga ini memiliki bentuk yang menyerupai daun pohon asam namun bentuk daunnya cenderung bulat telur. Warna bunganya ungu muda serta berbentuk seperti kupu-kupu, sedangkan biji tumbuhannya berukuran kecil berwarna merah yang mengkilat. Hati-hati jika bijinya tertelan karena diketahui mengandung racun yang berbahaya.

Khasiat daun saga begitu banyak dikenal sebagai obat anti sariawan. Tumbuhan ini berbiji jingga kemerahan. Lain dengan daunnya yang memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh, untuk biji mengandung racun dan mirip dengan racun pohon jarak. Tapi di Tiongkok biji ini terkadang dijadikan perhiasan sebagai lambang kasih sayang.

Beberapa khasiat daun saga untuk kesehatan tubuh di antaranya menyembuhkan amandel, mengobati radang mata, mengobati sariawan. Selain itu bisa juga sebagai antioksidan bagi tubuh, meningkatkan sistem imun, obat anti hipertensi, menguatkan tulang.

Bahkan untuk  mengatasi batuk kering, mengobati panas dalam, menyembuhkan penyakit rematik, dan lain-lain khasiat daun saga membantu mengatasi semuanya.

Klasifikasi Ilmiah Daun Saga

  • Kingdm : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Fabales
  • Famili : Fabaceae
  • Subfamili : Faboideae
  • Bangsa : Abreae
  • Genus : Abrus
  • Spesies : A. precatorius
  • Nama Ilmiah : Abrus Precatarios L
  • Asal Tumbuhan: Asia Selatan
  • Daun Saga: bulat dan berujung meruncing
  • Buah Saga: warna hijau, berbentuk bulat telur, keras
  • Akar Saga: tunggang

Morfologi Tumbuhan Abrus Precatarios

Khasiat daun Saga merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak kandungan di setiap bagian pohonnya mulai dari akar hingga biji. Tanaman ini bisa tumbuh liar di hutan atau ladang hingga sengaja dipelihara di pekarangan rumah.

Abrus Precatarios L mudah ditemukan di daerah dengan dataran rendah hingga 1000 mdpl. Khasiat daun saga memiliki akar tunggang berwarna coklat kotor, batang berbentuk bulat berkayu dengan percabangan sympodial. Ketika masih mudah, batang akan berwarna hijau dan jika sudah tua warna batang berubah menjadi hijau tua kecoklatan.

Tanaman saga memiliki daun yang menyirip tumbuh berselang-seling berjumlah ganjil. Batang berbentuk bulat dan berujung meruncing. Bunga berbentuk tandan dan majemuk. Memiliki kelopak bergigi pendek berwarna hijau dan berbulu serta bunga sari menyatu pada tabung. Jumlah buah antara 3 – 6 buah dengan warna hijau. Adapun biji berbentuk bulat telur, keras serta memiliki ketebalan antara 4 – 5 mm.

Kandungan Gizi dan Kimia Daun Saga

Tanaman yang menghasilkan khasiat daun saga luar biasa memang jarang dibudidayakan oleh masyarakat. Namun semenjak khasiatnya sudah diteliti lebih lanjut, kini masyarakat mulai memburu tanaman Adenanthera pavonina ini. Pohon ini berasal dari Asia Selatan dan tumbuh subur di kawasan pantropis lainnya. Adapun kandungan yang dimiliki tumbuhan ini adalah:

  • Alkalid
  • Protein
  • Kalsium ksalat
  • Glisirizin
  • plygalacturmic acid
  • flisirizinat
  • pentsan
  • Vitamin A, B1, B6, C


Manfaat Daun Saga dan Cara Mengolahnya

1. Mengobati Amandel

Khasiat daun saga pertama ialah mampu mengobati amandel atau radang amandel. Kindisi ini merupakan dua kelenjar kecil di dalam tenggorokan yang berfungsi sebagai pencegah infeksi. Penyebab hal ini terjadi pada umumnya karena virus dan bakteri. Biasanya gejala amandel akan pulih dalam tiga atau empat hari. Beberapa gejala-gejala yang terjadi di antaranya nyeri telinga, sakit tenggorokan, mual, dan sebagainya.

Kenalilah gejala amandel khususnya pada anak-anak karena tidak sedikit dari mereka yang mengalaminya. Anda bisa curiga saat anak-anak rewel, molak makan dan mengeluarkan air liur. Khasiat daun saga bisa dicoba untuk semua usia baik anak-anak maupun dewasa.

Terlepas dari hal itu, fungsi amandel adalah mendukung sistem imun dari serangan infeksi yang masuk melalui mulut. Saat infeksi terjadi maka amandel bisa menyebabkan bengkak. Salah satu penyakit yang menyebabkan hal ini adalah penyakit asam lambung.

Cara Mengolah Daun Saga:

  1. Untuk menikmati khasiat daun saga bisa dengan cara ini
  2. siapkan 1 gelas daun saga
  3. cuci bersih menggunakan air mengalir
  4. rebus daun menggunakan 4 gelas air
  5. Tunggu hingga airnya menyusut setengahnya
  6. Kemudian saring dan minumlah di siang hari sedikit demi sedikit
  7. Khasiat daun saga bisa dinikmati

2. Mengatasi Penyakit Bronchitis

Bronchitis merupakan infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan seperti paru-paru yang mengakibatkan terjadinya peradangan. Kondisi ini sering dialami oleh kebanyakan orang. Beberapa gejala yang diakibatkan di antaranya sesak napas, hidung tersumbang, batuk disertai lendir dan sebagainya. Khasiat daun saga bisa membantu mengatasi penyakit ini.

Bronchitis terbagi menjadi dua, yaitu Bronchitis akut dan Bronchitis kronis. Bronchitis akut pada umumnya menyerang anak-anak di bawah 5 tahun dan bertahan selama 2-3 minggu. Sedangkan Bronchitis kronis bertahan setidaknya 3 bulan selama setahun. Pada umumnya menyerang orang dewasa. Khasiat daun saga bisa diolah menjadi ramuan segar.

Cara Mengolah Daun Saga:

  1. Keringkan daun saga
  2. Balut menggunakan daun kawung kering dan sulut seperti rokok
  3. Setelah terlihat abu, tutulkan pada bagian sakit seperti sariawan

3. Mengatasi Radang Pada Mata

Khasiat daun saga pun mampu mengatasi radang pada indera penglihatan yaitu mata. Penyakit ini biasanya menyebabkan bengkak dan meradang. Radang mata biasa juga dikenal dengan uveitis. Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan dalam lapisan tengah jaringan dinding mata. Pada umumnya mereka yang mengalami kondisi ini berada di usia 20 hingga 50 tahun.

Adapun jenis-jenis radang mata di antaranya Uveitis anterior, Intermediate Uveitis, Uveitis posterior, dan Panuveitis. Pasien yang mengalami hal ini harus segera diperiksa untuk mengatahui kondisi lebih lanjut. Selain mengonsumsi resep dari dokter, saat anda terjangkit radang mata bisa nikmati khasiat daun saga untuk melengkapi penyembuhan.

Cara Mengolah Daun Saga:

  1. Sediakan segelas daun saga untuk mengolah khasiat daun saga
  2. Kemudian cuci bersih dengan air mengalir
  3. Seduh daun menggunakan 1 gelas air
  4. Saring kemudian minum atau digunakan untuk berkumur
  5. Khasiat buah saga bisa dinikmati

4. Mengobati Batuk Tanpa Dahak

Khasiat daun saga berikutnya adalah sebagai pereda batuk tanpa disertai dahak. Batuk sebenarnya respons alami tubuh sebagai pertahanan saluran napas saat ada gangguan dari luar. Respon ini bertujuan untuk membersihkan lendir agar keluar dari paru-paru. Beberapa jenis batuk yang pada umumnya terjadi di antaranya TBC, alergi, pertusis, ISPA dan pneumonia.

Selain menikmati khasiat daun saga dalam penanganan ini, Anda bisa mengurangi batuk dengan cara lain. Seperti minum air putih banyak, hindari makanan berminyak, jauhi pemicu alergi, dan istirahat yang cukup. Saat batuk disertai demam, sesak, hingga berat badan menurun silahkan hubungi dokter.

Cara Mengolah Daun Saga:

  1. Ambil 1 gelas daun saga beserta tangkainya
  2. Siapkan 1 bawang merah, 1 sendok teh adas manis, 2 ruas jari kayu pulasari
  3. Cuci bersih semua bahan
  4. Rebus menggunakan segelas air hingga airnya menyusut setengah
  5. Campurkan gula batu agar lebih segar
  6. Saring lalu minum menjelang tidur
  7. Khasiat daun saga bisa dinikmati

5. Mengatasi Sariawan

Saat gejala sariawan terjadi rasanya tidak ingin melakukan kegiatan apapun. Penyakit ini sudah umum terjadi pada banyak orang baik pada bibir, lidah atau pipi dalam. Beberapa obat sariawan sudah Anda nikmati namun belum saja pulih. Sudahkah Anda mencoba khasiat daun saga? Ternyata daun ini mampu mengatasi sariawan.

Sariawan sendiri merupakan luka kecil, dangkal serta nyeri pada jaringan lunak. Kondisi ini sering disebut sebagai aphthous ulcer, aphthous stomatitis, canker sores, atau mouth ulcer. Sariawan bisa saja muncul satu buah atau bahkan lebih. Saat Anda mengalami penyakit ini bisa coba menggunakan khasiat daun saga untuk penyembuhan.

Cara Mengolah Daun Saga:

  1. Siapkan 1/2 gelas daun saga
  2. Ambil juga 1/2 gelas daun asam, sepotong kayu manis Cina
  3. cuci bersih semua bahan
  4. Rebus semuanya menggunakan segelas air hingga menyusut setengah
  5. Saring lalu minum 1x sehari
  6. Khasiat daun saga bisa dinikmati

6. Meredakan Panas Dalam

Khasiat daun saga yang lain adalah mampu meredakan panas dalam. Rasanya hampir setiap orang pernah mengalami kondisi seperti ini. Daun ini bisa diseduh lalu diminum airnya saat panas dalam. Panas dalam sebenarnya bukan sebuah penyakit yang ada dalam kamus kedokteran. Biasanya keadaan ini itandi dengan sakit tenggorokan, sariawang, bibir pecah-pecah.

Panas dalam bisa dibilang gejala dari sebuah penyakit. Seseorang yang mengeluhkan hal ini biasanya tidak diikuti dengan demam. Adapun keluhan lain yang sering dijumpai seperti sakit gigi, badan pegal-pegal, diare hingga mimisan. Jika gejala ini terjadi pada Anda, bisa nikmati dengan khasiat daun saga saat penyembuhan.

Cara Mengolah Daun Saga:

  1. Sediakan segelas daun saga beserta tangkainya
  2. Cuci bersih menggunakan air mengalir
  3. Rebus daun menggunakan 2 gelas air
  4. Tunggu air hingga menyusut setengah
  5. Minum ramuan ini 3x sehari dan ulangi hingga penyakit sembuh
  6. Khasiat daun saga bisa diperoleh

7. Menyehatkan Jantung

Kesehatan jantung sangat penting untuk anda perhatikan. Khasiat daun saga bisa membantu untuk menyehatkan organ vital satu ini. Saat jantung sudah mengalami kelainan maka dampak buruk bisa terjadi hingga meregang nyawa seseorang. Selain menikmati tanaman ini, Anda bisa mulai mengatur pola hidup sehat agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Selain menikmati khasiat daun saga, hindari makanan siap saji dan serba instan yang kaya akan kolesterol jahat. Makananini justru akan membuat penyumbatan pada saluran darah dan ahirnya berujung pada serangan jantung. Jangan lupa untuk olahraga teratur dan hindari merokok.

Sebenarnya ada banyak makanan yang memicu kesehatan jantung. Tidak hanya khasiat daun saga, beberapa rempah-rempah hingga kacang-kacangan bisa menyehatkan organ ini. Lakukan hidup sehat sebelum menerima penyakit jantung yang lebih parah.

Cara Mengolah Daun Saga:

  1. Siapkan segenggam daun saga dicuci bersih
  2. Potong-potong kecil daun
  3. Sediakan sepotong kayu manis Cina lalu cuci bersih
  4. Rebus menggunakan 4 gelas air
  5. Saring lalu minum 2x sehari
  6. Ulangi hingga penyakit sembuh
  7. Khasiat daun saga sangat membantu rasa sakit Anda

8. Meningkatkan Sistem Imun

Tidak hanya memberikan manfaat untuk penyakit di atas, khasiat daun saga memiliki kandungan vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh. Tubuh Anda akan lebih kuat menghadapi bakteri dan virus yang mudah menyebar. Keduanya bisa ditemukan di sekitar lingkungan hidup sehingga tidak enutuk kemungkinan bisa dijumpai kapan pun.

Untuk meningkatkan sistem imun sebenarnya mudah, asalkan Anda bisa hidup teratur dan konsisten. Selain khasiat daun saga yang bisa mengatasi hal ini, beragam makanan sperti brokoli, bayam, jeruk dll bisa meningkatkan sistem imun. Jalanilah gaya hidup sehat agar tidak mudah terserang penyakit.

Cara Mengolah Daun Saga:

  1. Siapkan 7 gram daun saga lalu cuci bersih
  2. Rebus menggunakan 3 gelas air hingga mendidih
  3. Saring kemudian ambil airnya
  4. Minum hingga rasa sakit hilang
  5. Khasiat daun saga bisa dinikmati

9. Menyembuhkan Rematik

Khasiat daun saga lain adalah bisa menyembuhkan rematik. Kondisi ini merupakan penyakit yang menimbulkan rasa sakit pada persendian sehingga mengalami peradangan dan pembengkakan. Ada lebih dari 100 jenis rematik yang bisa menyerang tubuh Anda kapanpun. Salah satu yang sering terjadi adalah Rheumatoid arthritis atau artritis reumatoid.

Rheumatoid arthritis atau artritis reumatoid merupakan kondisi saat kekebalan tubuh keliru menyerang jaringan persendian. Akibatnya timbul gejala seperti merah dan panas, kaku, sendi bengkak dan terasa sakit. Khasiat daun saga bisa membantu menyembuhkan penyakit ini.

Banyak orang yang beranggapan bahwa salah satu pemicu rematik karena faktor makanan yang dikonsumsi. Saat ini tidak hanya usia tua, usia muda pun bisa mengalami rematik. Gaya hidup anak muda jaman sekarang terbilang kacau dan cuek dengan kesehatan. Cobalah untuk menikmati khasiat daun saga secara rutin untuk mendapatkan tubuh sehat.

Cara Mengolah Daun Saga:

  1. Sediakan segenggam daun saga
  2. Ambil daun kaki kuda, buah waluh putih, daun selamagi serta daun kejibeling
  3. Rebus semuanya menggunakan 4 gelas air hingga mendidih
  4. Tunggu sampai airnya tersisa setengah
  5. Saring lalu amil airnya
  6. Khasiat daun saga bisa dinikmati saat dingin

10. Meringankan Sesak Napas

Sering terjadi sesak napas? Tenang saja, khasiat daun saga bisa meringkankan gejala ini. Saat terjadi sesak napas, menyulitkan Anda saat bernapas karena kurangnya pasokan udara menuju paru-paru. Padahal pernapasan normal terjadi saat udara masuk ke paru-paru dan keluar dai organ ini juga.

Selain dengan menikmati khasiat daun saga, untuk mengatasi sesak napas bisa menggunakan cara lain. Di antaranya duduk dengan posisi ke depan sedikit membungkuk, berdiri menyandar dinding, berbaring santai, Pursed-lip Breathing. Langkah mudah ini bisa dilakukan mandiri di rumah. Apabila sudah tidak bisa ditolong periksakanlah ke dokter terdekat.

Seseorang yang mengalami sesak napas bisa beragam faktor. Kondisi ini menyebabkan beberapa gejala seperti pilek, alergi, asma, sinusitus, tekanan darah rendah dan lain-lain. Pada umumnya orang yang memiliki penderita maag bisa mengalami hal ini. Karenanya rutin menikmati khasiat daun saga bisa meringankan sesak napas.

Cara Mengolah Daun Saga:

  1. Sediakan segenggam daun saga kemudian cuci bersih dengan air mengalir
  2. Ambil 1 rimpang jahe kecil dan gula batu
  3. Rebus semua bahan menggunakan 2 gelas air
  4. Tunggu hingga mendidih lalu sari airnya
  5. Khasiat daun saga bisa diminum setelah dingin


Manfaat dan Khasiat Daun Saga Lainnya:

11. Obat anti hipertensi

12. Menguatkan tulang

13. Meredakan radang

14. Menjaga fungsi tulang

15. Mengobati penyakit gusi

16. Mengobati keringat dingin

17. Membunuh bakteri dalam mulut

18. Meringankan gejala batu

19. Mengobati sakit kuning

20. Mencegah gangguan pernapasan lain

21. Mengurangi resiko stroke

22. Mengobati batuk berdahak

23. Mencegah kelenjar amandel

24. Melancarkan sistem peredaran darah

25. Menormalkan sistem kerja jantung

Efek Samping Daun Saga

Tanaman ini tidak memiliki efek samping yang banyak . Segudang manfaat daun saga mampu mengatasi berbagai penyakit mulai dari penyakit ringan hingga berat. Ada hal yang perlu diperhatikan supaya tidak terkena efek samping yang cukup berbahaya dan beracun yaitu terdapat pada biji pohonnya.

Kandungan senyawa di dalam pohon saga mampu merusak saraf hingga berakhir pada kematian. Anda perlu memperhatikan bahwa biji yang bewarna merah ini beracun sehingga harus hati-hati. Efek samping dari khasiat daun saga tidak pelu terlalu dikhawatirkan.

Informasi menganai manfaat daun saga memang cukup menarik. Pasalnya masih banyak orang yang belum tahu akan khasiat yang diberikan oleh tanaman ini. Beragam penyakit bisa disembuhkan jika rutin mengonsumsinya.