Manfaat Jahe Merah, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia dan Efek Samping

Manfaat Jahe Merah tergolong sebagai tanaman umbi rempah berkhasiat yang banyak manfaatnya bagi manusia. Tidak hanya berguna untuk kesehatan, manfaat jahe merah juga terbukti berkhasiat bagi anda para wanita yang ingin tampil cantik dengan tubuh yang ideal. Rempah yang satu ini sangat efektif untuk menjaga metabolisme tubuh serta mengurangi racun yang ada pada tubuh. Beberapa manfaat lainnya dari rempah dengan sensasi mint-nya ini ternyata juga berguna untuk mengobati berbagai macam keluhan penyakit lho!

Jahe merah memiliki nama latin Zingiber officinale Roxb. var Rubrum. Sejak dulu tanaman ini sudah dikenal sebagai salah satu rempah dengan khasiat untuk berbagai macam penyakit. Seperti yang terlihat di India dan Cina, yang menggunakan tanaman ini sebagai obat alternatif karena kandungan fitokimia yang dihasilkannya.  Banyak kandungan nutrisi yang bisa diperoleh dari tanaman yang berwana coklat kemerahan ini. Seperti apa klasifikasi,

Klasifikasi Jahe Merah

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Kelas : Monocotyledonae
  • Ordo : Zingiberales
  • Famili : Zingiberaceae
  • Genus : Zingiber
  • Spesies : Zingiber officinale var. rubrum

Morfologi Tumbuhan Zingiber officinale

Jahe merupakan tanaman tahunan yang berbatang semu, berdiri tegak dengan ketinggian hingga 75 cm. Tanaman ini tersusun atas akar, batang, daun, bunga dan rimpang. Sistem perakaran jahe merupakan akar tunggal yang semakin tumbuh berkembang seiring dengan tumbuh menjadi tanaman baru. Batang tanaman merupakan batang semu berbentuk bulat pipih tidak memiliki cabang. Bagian luarnya licin dan mengkilap serta banyak mengandung air dan berwarna hijau pucat, bagian pangkal berwarna kemerahan.

Akar tunggal membentuk rimpang seiring pertumbuhan dan akan mengasilkan tunas yang tumbuh menjadi tanaman baru. Akar ini tumbuh dari bagian rimpang, sedangkan tunas dati bagian atas rimpang berwarna kecoklatan jika sudah menjadi rimpang berubah menjadi kemerahan atau sesuai dengan variaetes.

Rimpang jahe merah tidak beraturan, bagian luar di tutupi dengan daun yang tipis tersusun melingkar.  Bagian tanaman jehe iniyang mempunyai manfaat besar serta nilai ekonomisnya tinggi, berwarna sangat variasi seperti putih, kemerahan dan kekuningan tergantung dari varietes. Bunga tanaman jahe terletak di bagian ketiak daun pelindung dan bentuknya berbega ada yang panjang, bulat telur, lonjong, runcing, tumpul dan lain-lain. Ukuran bunga pada tanaman ini 2 - 2,5 cm dan lebar 1 - 1,5 cm dengan panjang 30 cm berbentuk spika bewarna putih kekuningan.

Kandungan Penting Dalam Jahe Merah

  • Vitamin C, E
  • Zat Besi
  • Kalsium
  • Asam Folat
  • Roboflavin
  • Magnesium
  • Mangan
  • Niasin
  • Lemak
  • Protein
  • Thiamin
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Sodium
  • Kalium
  • Vitamin B6

Dari keseluruhan kandungan yang terdapat di dalam jahe merah, hampir keseluruhan dibutuhkan oleh tubuh sebagai nutrisi penting dan beberapa lagi sebagai kandungan alami untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Dalam rimpang tanaman ini mengandung cadangan minyak atsiri seperti lemonin, kamfena, gingerol, zingiberin, asam aksolat dan berbagai kandungan lainnya yang besar manfaatnya bagi manusia. Berikut ini manfaat yang bisa diperoleh dari jahe merah sebagai tanaman herbal berkhasiat.

Khasiat Jahe Merah dan Cara Mengolahnya

1. Menghangatkan Badan

Sudah bukan hal yang baru lagi bila tanaman rimpang ini digunakan sebagai bahan alami untuk menghangatkan badan terutama ketika musim hujan tiba dan dilanda masuk angin karena sering terpapar air hujan. Khasiat jahe merah mampu memberikan kehangatan yang dibutuhkan oleh tubuh di cuaca yang dingin. Selain untuk penghangat badan, tanaman ini memberikan dampak baik untuk kesehatan.

2. Mengobati Disfungsi Seksual

Beberapa pakar seksualitas merekomendasikan tanaman ini sebagai obat herbal mengatasi disfungsi seksual. Ya, tanaman jahe merah memiliki beberapa senyawa penting yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah pada area penis agar kembali normal.

3. Obat Maag

Jika anda memiliki keluhan penyakit maag, sebaiknya jangan dulu diatasi dengan obat kimia yang belum tentu bisa menghilangkan maag secara permanen. Penyebab terjadinya maag sangat beragam bisa terjadi karena pola makan yang tidak teratur, konsumsi obat-obaan tertentu, terdapat mikroorganisme yang sangat merugikan, pola tidur yang tidak teratur, stress dan lain-lain.

Bagi penderita penyakit maag yang sudah parah hal ini bisa berbahaya hingga menyebabkan kematian. Khasiat jahe merah bisa mengatasi penyakit maag karena kandungan beberapa zat penting didalamnya mampu menurunkan kadar asam lambung serta mencegah infeksi pada lambung.

4. Mengobati Batuk

Tanaman ini mengandung minyak atsiri yang berfungsi sebagai pereda batuk dan mengurangi rasa sakit akibat batuk. Bahkan di negeri Cina, khasiat jahe merah sudah dibuktikan secara turun-temurun dan memang ampuh sebagai obat batuk untuk anak dan dewasa.

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan bisa dengan mudah ditingkatkan dengan mengonsumsi jahe merah sebagai bahan alami untuk meningkatkan nafsu makan anak. Diperkaya dengan kandungan zingiberin dan gingerol, tanaman ini bisa berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan bila dikonsumsi secara rutin. Cobalah dengan mengonsumsi air rebusannya terlebih dulu selama empat hari berturut-turut dan anda bisa melihat hasilnya setelah hari kelima dan selanjutnya.

6.Menyembuhkan Linu

Linu atau sensasi nyeri pada bagian persendian banyak dialami bukan hanya oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Banyak orang muda yang ternyata sering mengalami keluhan pegal linu yang banyak disebabkan oleh kebiasaan kurang sehat. Namun, anda bisa merasakan manfaat jahe merah sebagai penghilang pegal linu secara cepat. Minumlah air rebusan rimpang yang satu ini seperti pada langkah pembuatan sebelumnya, dan konsumsi secara teratur untuk bisa mengurangi rasa sakit dan pegal linu secara perlahan.

7. Merangsang Saraf Tubuh

Beberapa gejala saraf yang tidak normal biasa kita alami namun jarang bagi kita mempertimbangkan penyebabnya. Saraf yang tidak normal tersebut bisa dikarenakan pola makan serta tingkat stres yang tinggi pada diri seseorang. Ketidakmampuan saraf untuk mengirim sinyal ditandai dengan kejang, gugup, pusing, sakit kepala, dan halusinasi berlebihan.

Untuk mengatasi hal semacam ini anda bisa menggunakan jahe merah sebagai obat alami merangsang saraf tubuh agar terus stabil dan mampu mengurangi risiko kelumpuhan. Sama seperti sebelumnya, silahkan minum rebusan jahe merah selama satu minggu sekali untuk membantu kestabilan saraf anda.

8. Menguatkan Fungsi Hati

Manfaat jahe merah lainnya adalah sebagai nutrisi bagi organ hati. Rimpang ini bisa menguatkan fungsi hati sebagai penetral racun yang ada di dalam tubuh. Agar kondisi organ hati tetap sehat dan mampu menjalankan fungsinya dengan baik, anda bisa menggunakan air rebusan jahe merah sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan fungsi hati.

9. Meningkatkan Produksi Getah Bening

Apakah fungsi getah bening di dalam tubuh? Getah bening sangat bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas serta berbagai infeksi yang kemungkinan masuk ke dalam tubuh. Getah bening diproduksi oleh kelenjar getah bening yang bisa menjaga kadar cairan dalam tubuh dan berbagai fungsi penting lainnya.

Agar kondisi kelenjar getah bening tetap sehat dan mampu memproduksi getah bening sesuai yang dibutuhkan, maka anda bisa mengonsumsi ramuan yang terbuat dari  rebusan jahe merah dan kayu manis. Minum secara rutin ramuan tersebut setidaknya seminggu sekali untuk menjaga kesehatan fungsi kelenjar getah bening.

10. Mencegah Mandul

Memiliki momongan merupakan hal yang didambakan bagi setiap pasangan. Sayangnya, ada juga beberapa diantara mereka yang divonis mandul atau susah memiliki keturunan. Ternyata untuk mensiasati masalah ini, anda bisa coba mencegahnya dengan mengonsumsi jahe merah yang berkhasiat mencegah kemandulan yang disebabkan karena genetik, usia, masalah rahim, hingga gangguan ovulasi.

11. Regenerasi Sel Kulit Tubuh

Regenerasi sel kulit merupakan kondisi alami yang pastinya dialami oleh tubuh. Prose salami ini ditandai dengan adanya pengelupasan kulit dan digantikan oleh sel kulit yang baru. Bagi para wanita tentunya efek pengelupasan kulit ini menjadi sebuah masalah penampilan yang cukup serius. Itulah sebabnya, menjaga proses regenerasi sel kulit mati dirasa penting agar penampilan kulit juga tidak kering dan mengelupas.

Untuk mengatasi masalah kulit semacam itu, anda bisa mencoba manfaat jahe merah sebagai bahan alami yang menjaga proses regenerasi sel kulit mati. Caranya, campurkan rimpang yang telah dikupas dan diparut dengan dua tiga sendok makan gula pasir. Kemudian, gunakan campuran tersebut sebagai scrub alami di bagian kulit yang mengalami pengelupasan dan diamkan selama 20 menit sampai agak kering. Setelahnya, bisa dibilas dengan air hangat hingga bersih.

12. Mencegah Penuaan

Inilah satu diantara manfaat jahe merah yang banyak diminati kaum hawa. Ya, tanaman rimpang berkhasiat ini juga bisa difungsikan sebagai pencegah penuaan dini. Bagi anda yang tidak ingin mengalami penuaan dini yang biasa ditandai dengan pengelupasan kulit dan kerutan di beberapa bagian wajah, silahkan mengonsumsi air rebusan rimpang tersebut yang dipadukan dengan madu dan perasan lemon secara rutin setiap seminggu sekali.

13. Mengatasi Sembelit

Sembelit tentu menjadi kondisi yang tidak menyenangkan dan bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Penyebab sembelit biasanya dikarenakan beberapa hal seperti pola makan buruk, gangguan hormon, hingga kebiasaan tidak sehat lainnya. Untuk mengatasi masalah sembelit anda bisa menggunakan tanaman jahe merah yang direbus dengan satu gelas air dan batang serai. Biarkan rebusan tersebut mendidih dan tersisa setengahnya untuk kemudian diminum saat hangat.

14. Mengobati Alergi

Pernahkah anda mengalami alergi? Alergi merupakan kondisi dimana tubuh bereaksi terhadap ketidakcocokan zat tertentu yang masuk dalam tubuh. Seringkali alergi ditandai dengan gatal kulit, kemerahan atau ruam pada kulit, bengkak, hingga mual dan muntah. Banyak hal yang bisa menyebabkan alergi seperti paparan kimia berlebihan dari parfum, kosmetik, atau mengonsumsi makanan tertentu yang menimbulkan alergi. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan jahe merah.

Jahe merah berkhasiat untuk mengobati beberapa alergi pada kulit yang disebabkan oleh konsumsi makanan, obat, hingga paparan bahan kimia tertentu. Untuk mengatasinya, gunakan air rebusan jahe merah sebagai minuman secara berkala saat anda mengalami alergi tersebut.

15. Mengobati Nyeri Haid

Bagi wanita, masa menstruasi tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi juga menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut dan punggung. Keluhan semacam ini bisa diatasi menggunakan  rebusan jahe merah yang dipadukan dengan madu dan kunyit. Perpaduan berbagai bahan alami berkhasiat tersebut mampu menetralkan rasa nyeri pada saat anda mengalami haid.

16. Mengobati Radang Tenggorokan

Radang tenggorokkan merupakan sebuah kondisi yang tidak nyaman bagi siapa saja. Bahkan radang tenggorokkan juga bisa membuat nafsu makan berkurang dan semakin memperparah kondisi tubuh untuk menyerang infeksi bakteri. Manfaat jahe merah untuk mengobati radang tenggorokan bisa diperoleh dengan mengonsumsi air rebusannya secara rutin selama masa pengobatan berlangsung. Minyak atsiri dan antiradang pada tanaman ini berfungsi untuk mengurangi radang pada tenggorokan.

17. Mengurangi Nyeri Lambung

Nyeri lambung bisa disebabkan karena peradangan pada lambung atau konsumsi makanan tertentu yang berlebihan. Untuk mengatasi nyeri lambung dan mengurangi rasa sakit pada bagian lambung karena berbagai penyebab ringan tersebut, anda bisa menggunakan jahe merah sebagai obat alami. Tanaman ini bisa direbus dengan dicampur sedikit madu murni dan diminum selagi hangat. Ramuan ini aman dikonsumsi secara rutin sebagai langkah mencegah infeksi pada lambung dan usus.

18. Mengobati Lemah Syahwat

Lemah syahwat tentunya menyebabkan hubungan dalam rumah tangga menjadi kurang harmonis. Kondisi ini bisa disebabkan penyakit tertentu, genetik, hingga faktor pola hidup yang tidak sehat. Jahe merah juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi lemah syahwat dan membuat gairah seksual kembali seperti semula dengan konsumsi secara rutin. Rebus rimpang beserta batang dan daunnya hingga mendidih dalam satu liter air. Setelah tersisa setengahnya, biarkan hangat dan bisa dikonsumsi dua hari sekali.

19. Menambahkan Stamina Tubuh

Manfaat jahe merah lainnya adalah mampu menambahkan stamina tubuh. Manfaat ini bisa diperoleh dengan merebus rimpang jahe beserta batangnya dengan dua gelas air. Setelah mendidih dan tersisa satu gelas, anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkan perasan lemon atau satu sendok makan madu.

20. Menyembuhkan Sakit Amandel

Sakit amandel adalah kondisi peradangan akut yang terjadi pada beberapa bagian kelenjar di tenggorokan. Untuk mengatasi sakit amandel yang ditandai dengan bengkak, anda bisa menggunakan rimpang jahe merah yang direbus dan diminum air rebusannya selama masa pengobatan.

Manfaat Jahe Merah Lainnya:

  1. Menyembuhkan Asma
  2. Mencegah Tulang Keropos
  3. Mengobati Stroke
  4. Menghilangkan Jerawat
  5. Mengurangi Bintik Hitam
  6. Menutrisi Kulit Wajah
  7. Menurunkan Kolesterol
  8. Mengobati Rematik
  9. Mengobati Gangguan Pernapasan
  10. Meringankan Sakit Kepala
  11. Mencegah Sakit Sendi
  12. Menormalkan Tekanan Darah
  13. Menurunkan Berat Badan
  14. Menjaga Kesehatan Jantung
  15. Mengatasi Mabuk Perjalanan
  16. Mengobati Gangguan Cerna
  17. Mengurangi Morning Sickness
  18. Mencegah Kanker Usus
  19. Melancarkan Sirkulasi Darah
  20. Membasmi Bakteri
  21. Mengobati Kembung
  22. Mengobati Sakit Gigi
  23. Meringankan Nyeri Otot
  24. Menyembuhkan Luka Akibat Bisa Ular
  25. Mengobati Gangguan Usus

Efek Samping Jahe Merah

Selain kaya akan manfaat, jahe merah juga bisa menimbulkan efek samping yang merugikan bagi tubuh. Tentunya bila rimpang yang satu ini dikonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai dengan anjuran kesehatan. Efek samping yang ditimbulkan bila mengonsumsinya secara berlebihan antara lain sebagai berikut:

  1. Meningkatkan intensitas haid
  2. Menimbulkan iritasi mulut
  3. Memperparah kondisi maag
  4. Melukai lambung
  5. Meningkatkan risiko pendarahan
  6. Muntah dan mual yang berlebihan dan terus-menerus.

Itulah beberapa hal terkait dengan manfaat jahe merah yang bisa anda gunakan sebagai salah satu pilihan menyembuhkan beberapa penyakit tertentu. Hal ini akan membuat tubuh tidak selalu bergantung pada obat-obatan yang sudah tentu memiliki efek samping jangka panjang. Pastikan mengolah tanaman herbal berkhasiat sesuai anjuran dan rasakan manfaat mengobati penyakit dengan bahan alami yang lebih efektif. Semoga bermanfaat ya!