Komputer untuk Semua Bidang, Sejarah Komputer Generasi 1-5

Manfaat Komputer adalah sebuah teknologi yang diciptakan manusia untuk mempermudah melakukan banyak kegiatan berbasis data digital. Teknologi ini juga bertujuan untuk memudahkan manusia dari segi aktivitas sehari-hari khususnya berkomunikasi jarak jauh. Bayangkan jika tidak ada komputer, sudah pasti komunikasi akan tersendat karena fitur e-mail, aplikasi sosial media dan berbagai platform social network tidak dapat berjalan.

Pada perkembangannya, pertama kali komputer digunakan hanya untuk pengolahan angka dan data. Sebelum dikenal dengan nama komputer, pertama kali adalah kalkulator mekanik dengan memakai teknologi analog. Keterbatasan kalkulator mekanik hanyalah untuk kegiatan mekanik saja. Kenapa demikian? Sebabnya adalah penemu komputer tersebut adalah seorang matematikawan bernama Charles Babbage (1791-1971), Babbage mendapatkan ide untuk memecahkan masalah alam pada saat itu di mana ia berambisi menciptakan sebuah mesin mekanik yang dipadu dengan sistem matematika untuk memecah persoalan alam dengan tujuan memudahkan segala hal di masa mendatang.

 

Mesin temuannya yang menjadi cikal bakal komputer adalah mesin differensial. Manfaat mesin differensial tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi secara cetak dan masal. Artinya temuannya tersebut sangat berguna pada masa tersebut untuk secara mekanik saja. Baru lah di fase selanjutnya Babbage berambisi menciptakan mesin kedua bernama Analytical Engine untuk membantu merevisi rencana, mencari pendanaan untuk pemerintah inggris saat itu dan untuk berkomunikasi secara publik.

Meski mesin tersebut tergolong sangatlah primitif namun sistem dalam temuan kedua ini menjadi bahan acuan untuk komputer modern di era sekarang. Selanjutnya, sepuluh tahun kemudian Hadria tokoh penerus untuk menyempurnakan komputer terdahulu dengan memperluas fungsinya seperti pembaca kartu perforasi untuk kalangan bisnis pada saat itu.

Sejarah Komputer Generasi Pertama, Kedua, Ketiga, Keempat dan Kelima

1. Komputer Generasi Pertama

Awal perang dunia kedua menjadi pembuka baru dari fase perkembangan teknologi komputer. Negara-negara yang terlibat perang berlomba menciptakan komputer-komputer untuk sarana peralatan peperangan. Salah satunya negara yang ambisius dalam pengembang teknologi komputer adalah negara Inggris. Mereka membuat sebuah komputer yang berfungsi untuk memecahkan kode rahasia.

Penggambaran komputer dalam perang dunia terdokumentasi dalam bentuk film fiksi ilmiah berjudul Imitation Game. Dalam film tersebut menampilkan ilmuwan – ilmuwan salah satunya Alan Turing sebagai tokoh utama dalam pembuatan komputer untuk memecahkan kode rahasia Enigma dari Nazi – Jerman. Komputer pemecah kode tersebut bernama Christhoper. Bentuk komputer genersi pertama pun masih berukuran besar.

2. Komputer Generasi Kedua

Pada fase inilah komputer memasuki babak baru. Komputer kian diperbarui teknologinya dan semakin canggih terlihat dari segi ukuran yang kecil, lebih cepat dioperasikan dan hemat akan energi. Dalam skala penyimpanan data pun komputer generasi kedua ini tergolong sangat besar.

Penyimpanan dengan volume besar tersebut sangat dibutuhkan oleh manusia terlebih untuk kategori membantu manusia dalam proses penelitian dan pengolahan segala macam data informasi keuangan. Bahkan komputer generasi kedua sukses digunakan untk Pemerintahan, Universitas dan Bisnis. Selain itu juga perangkat pendamping komputer pun bermunculan seperti printer, disket dan flashdisk.

3. Komputer Generasi Ketiga

Komputer untuk fase berikut ini adalah kelanjutan dari yang sebelumnya. Adanya suatu upgrading dalam sistem operasi komputer. Sistem operasi tersebut ditingkatkan karena kebutuhan dari untuk menjalankan sistem program dengan serentak.

Pengguna program serentak tidak terlepas dari aktivitas pengguna yang padat dan juga komputer telah menjadi alat teknologi yang dominan digunakan untuk efisiensi kerja manusia. Komputer generasi ketiga ini pun ditambahi dengan sebuah motor berbentuk chip yang dimasukan di dalam komputer untuk pengaman internal.

4. Komputer Generasi Keempat

Komputer generasi ini adalah fokus dalam pengembangan mikroprosesor. Jika dalam generasi sebelumnya, komputer diciptkan untuk operasi program secara serentak dan adanya penggunan chip. Berbeda dengan itu, mikroprosesor ini berguna untuk komputer agar dapat memgoperasikan semua kebutuhan suatu tugas dan lebih spesifik. Mikroprosesor pula dapat terhubung dan dipakai pada alat teknologi lain seperti microwave open, motor, mobil, televisi atau alat yang memilik injection fuel.

Dalam generasi ini pun komputer berevolusi lebih baik digunakan secara massal oleh orang-orang awam non profesional. Sedangkan ukuran komputer menjadi lebih kecil, sederhana dan dapat d pakai di sembarang tempat serta mudah dibawa kemana saja contohnya adalah laptop yang banyak dipakai masyarakat zaman sekarang.

5. Komputer Generasi Kelima

Evolusi semakin canggih di generasi kelima, komputer di buat dengan menampilkan fungsi untuk bercakap secara visual antar manusia. Beberapa komputer pun dapat di instruksi dengan menggunakan lisan bahkan meniru nalar manusia yang mengoperasikan komputer tersebut. Hingga komputer generasi kelima ini mampu menerjemakan bahasa asing.


Khasiat dan Manfaat Komputer

1. Komputer sebagai Sarana Komunikasi Visual

Interaksi antar manusia adalah hal yang penting dalam kehidupan sosial apalagi manusia disebut sebagai makhluk sosial oleh karena itu tak lepas dari halnya komunikasi. Hari ini manusia semakin didekatkan dengan perkembangan teknologi yang pesat. Dengan adanya teknologi komunikasi agar manusia tetap terjaga dari silaturahmi. Khasiat komputer dengan teknologi canggih adalah alat yang tepat terlebih tidak hanya mengeluarkan bunyi suara namun juga dapat menampilkan visual untuk bertatap muka secara langsung.

Komunikasi visual sangat berguna untuk kita berhubungan dengan sahabat, keluarga yang berada di tempat nun  jauh. Apalagi di Indonesia terkenal dengan budaya rantau yang menjadi tradisi tentu dengan adanya komputer yang dapat menampilkan visualisasi akan berefek baik untuk melepas kangen sementara.

2. Alat Hiburan Saat Gabut

Gabut bahasa kekinian hari ini yang di tafsir dari situasi yang tidak sedang ngapa – ngapain alias tidak ada kegiatan produktif. Sering kali pelarian dari situasi ini bermacam – macam namun yang paling biasa untuk mengisi kegabutan ini dengan bermain komputer.

Komputer menawarkan bermacam fitur hiburan. Aplikasi musik di komputer untuk orang senang mendengarkan musik sistem operasi sangat lah sederhana tinggal pilih lagu favorit dan langsung Play jika tidak ada daftar lagu bisa menggunkan koneksi internet mendonwload atau masuk ke situs musik kekinian. Atau pun aplikasi Game yang terpasang dalam bentuk software dalam di operasikan di komputer secara online maupun offline.

3. Mempermudah Pekerjaan Kantor

Dengan adanya khasiat komputer, dapat membantu memudahkan pekerjaan kantor. Misalnya saja untuk dengan menggunakan program microsoft office seperti word dan excel. Selain itu juga bisa untuk mengolah dan menganlisis data statistik yang rumit dengan bantuan software SPSS. Inilah kenapa penting komputer ada dan diciptakan karena kebutuhan manusia dari masa ke masa semakin banyak dan menimbun.

4. Fasilitas Pendidikan untuk Anak

Bagi orang tua yang sayang dengan anaknya tentu bersedia menemani, membimbing anak nya agar cepat berkembang. Orang tua tentu sangat lah paham bagaimana cara mengajarkan anak dengan mengenalkan objek – objek yang sederhana agar anak cepat tanggap. Dahulu bahkan kini memang sering menemui orang tua yang mengajarkan anaknya secar manual namun dengan adanya kemajuan di bidang IPTEK tentu orang tua anak memakai juga sebagai alat bantu.

Khasiat komputer dapat menampilkan visualisasi berupa gambar gerak, warna, percakapan yang memudahkan anak mengenal objek. Misalnya untuk anak yang ingin belajar berhitung, cukup dengan menampilkan gambar berbagai angka dari 1 – 10 dan diiringi dengan suara tentu akan merangsang motorik dan daya tangkap anak mengenal sesuatu dengan menghafal.

5. Mendatangkan Penghasilan

Mendatang penghasilan lewat teknologi komputer saat ini sangat mengiurkan. Tingkat pengguna komputer terutama laptop sangat lah menjamur karen segala pekerja di operasikan dengan satu alat saja dan dapat digunakan dimana saja. Apalagi harga beli laptop baru sangat murah dan ekonomis sekitar 3 juta sudah dapat anda miliki. Bagi yang ingin fokus dalam bisnis, khasiat komputer maupun laptop makan meningkatkan keuntungan dan mendapatkan penghasilan tambahan karena bisnis berjalan lebih sistemik melalui lajur offline maupun online.

6. Meningkatkan Kontrol Keamanan

Khasiat komputer dapat dihubungkan sebagai alat kontrol menjaga situasi agar tetap aman terkendali dari segala ancaman yang merugikan. Kegunaannya untuk kontrol keamanan melalui komputer digunakan di public area atau bank dengan tujuannya untuk monitoring keadaan. Sebelum itu komputer harus terhubung dengan kamera pengintai atau CCTV. Segala kejadian di area yang termasang dapat terekam rapih dalam bentuk dokumentasi video.

7. Mendeteksi Penyakit

Kecanggihan dan khasiat komputer juga menyasar di bidang kesehatan untuk mendeteksi penyakit agar dokter dapat memberikan diagnosis bentuk penyakit seperti apa yang diidap oleh pasien. Dengan adanya teknologi juga mempermudah dokter dalam memberikan pelayanan untuk memonitoring detak jantung, memeriksa organ dalam pasien yang bermasalah dengan sinar X.

Bahkan dengan adanya teknologi komputer pun dapat melihat organ – organ dalam tubuh ketika sedang berjalan operasi bedah endoskopi atau pemeriksaan kandungan melalui USG untuk ibu hamil. Kombinasi teknologi komputer dan ahli kesehatan dapat memberikan pelayanan terbaik dan dapat lebih sigap menyelamatkan nyawa seseorang.

8. Mempermudah Tugas Kuliah

Dibandingkan dengan mesin ketik jaman dahulu kehidupan mahasiswa dalam membuat tugas sangat terbantukan karena tidak banyak menghabiskan kertas dan mengirit ongkos pengeluaran. Apalagi saat mahasiswa memasuki studi semester akhir yaitu tugas skripsi. Saat skrips, khasiat komputer akan menjadi media menyusun laporan penelitian, transkrip wawancara dan pengolahan data statistik lewat berbagai aplikasi yang diinstal dalam perangkat laptop atau komputer.

9. Mendukung Jadi Sarana Bagi Gamer Profesional

Media sarana permainan games online seperti Dota, CS GO, Point Blank, FIFA adalah komputer yang berkualitas tinggi dari segi visual grafik, kapasitas RAM dan hemat energi serta mampu merekam secara live streaming ketika sedang bermain game itu salah satu syarat untuk menjadi seorang gamer profesional.

Terlebih lagi gamer profesional yang mana mereka sering dijadikan aktor promosi bermacam komputer dan laptop gaming seperti ASUS ROG, ACER PREDATOR dll. Bahkan era saat ini mengoperasikan game lewat laptop maupun masuk kategori ekonomi kreatif dan gamer profesional diakui sebagai profesi pekerjaan.

10. Untuk Koneksi ke Dunia Maya

Khasiat komputer berguna agar dapat membuka cakrawala dunia maya. Dunia maya menjadi pusat informasi sekunder dan membuka koneksi komunikasi lewat perangkat media sosial. Hubungan internet dan komputer sangat berperan penting sebabnya dapat membantu segala bidang pekerjaan dan mempersikat alur kordinasi. Dalam sejarah internet pun berawal adanya komputer terlebih dahulu baru lah lahirnya internet sebagai jaringan pengubungan antar umat manusia. Kegunaan internet dan media kompuer tentu akan menjawab ketidaktahuan informasi manusia dalam waktu yang cepat. Apalagi konsumsi informasi menjadi penting untuk kehidupan sekarang.

11. Mempermudah Sistem Jual-Beli

Tingkat konsumtif masyarakat semakin tinggi, budaya berbelanja yang dahulu harus ke tempat langsung kini di minimalisir dengan sistem belanja online lewat berbagai situs web site. Media untuk ikut serta dalam perjualanbelian tersebut tidak lewat kaompuer maupun laptop sebagai alat operasional. Dari segi perusahaan jual beli online, khasiat komputer digunakan untuk administrator menginput data pembeli atau pemesan barang. Jika untuk pembeli komputer tentu akan membantu bila digunakan untuk mesan dan melihat detail produk belanjaan.


12. Memudahkan untuk Berpergian Jarak Jauh

Rekreasi saat ini menjadi alternatif untuk mencari hiburan bersama teman, keluarga atau pun pacar sedang tren. Banyaknya tawaran – tawaran harga yang murah untuk berlibur dari setiap destinasi wisata. Namun sebelum menetapkan destinasi wisata baiknya kita melihat kondisi lokasi wisata terlebih dahulu dengan cara mengulik lewat internet dan adanya baiknya juga mencari tahu jarak tempuh melalui apalikasi Google Map dengan media komputer / laptop agar persiapan lebih matang lagi dan rekreasi lebih nyaman tanpa ada yang tinggal.

13. Tempat Menyimpan Data Penting

Khasiat komputer dengan ruang penyimpanan data yang besar bisa menampung hingga Tera Giga data akan sangat berguna untuk data anda tetep terjaga secara utuh bahkan dari segi keamaan komputer sendiri juga dapat dipasang kode khusus sesuai dengan apa yang anda mau dan anda sendiri yang mengatahui untuk terhindar dari pencurian data.