Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Manfaat Bersepeda sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Sepeda diciptakan tahun 1817 dengan tujuannya adalah untuk memudahkan manusia dalam aspek mobilisasi. Kebutuhan manusia untuk berpindah dengan cepat menjadikan sepeda sebagai alat transportasi utama di era keemasannya. Pada awalnya konsep sepeda sebagai alat transportasi dari ini adalah berbentuk unik dikarenakan roda depan sepeda lebih besar dibandingkan roda yang terdapat di belakang. Tidak sekedar itu saja, Pedal pengayuh sepeda gara dapat bergerak juga terdapat di depan bahkan di awal kemunculannya sepeda tidak menggunakan rantai.

Kemudian sepeda memasuki babak baru pada tahun 1885, Seseorang bernama J.K Starley yang berasal dari negara Inggris. Pada saat itu mengembangkan sepeda dengan rantai dan memiliki gerigi sebagai penghubungan agar roda dapat bergerak. Semenjak penemuan dari Starley, sepeda pada zaman tersebut mulai populer di kalangan masyarakat. Selain mudah di kendarai, penggunaan sepeda sendiri hemat lantaran tanpa menggunakan bahan bakar dan lebih ramah lingkungan. Setelah itu banyak bermuncul berbagai jenis model sepeda di kalangan masyarakat untuk menunjang mobiltas dan bahkan sebagai menanda status sosial seseorang.

Sejarah Perkembangan Sepeda di Indonesia

Modernisasi alat transportasi yaitu Sepeda, turun menjadi wabah bagi masyarakat Indonesia. Indonesia yang merupakan negara jajahan bangsa Eropa mendapatkan dampak positif karena bangsa Eropa seperti Inggris dan Belanda juga membawa transportasi sepeda ke negeri jajahan untuk mempermudah tugas – tugas mereka di negeri jajahan. Bahkan di Indonesia sendiri di bangun beberapa pabrik yang khusus mencetak alat transportasi sepeda dengan tujuan di perjualbelikan ke khalayak luas. Salah contoh merek sepeda pada masa itu adalah Phoniex. Dengan adanya transformasi budaya lewat penjajahan membuat sepeda menjadi primadona untuk masyarakat bangsawan pribumi dan lambat laun menggantikan transportasi tradisional yang lebih tua seperti kereta kuda dan gerobak.

Dalam perkembangan waktu sepeda tidak hanya dipakai sebagai alat transportasi, namun juga muncul inovasi dan penelitian baru untuk menjadikan sepeda sebagai saran meningkatkan kesehatan bagi manusia dengan aturan main yang ditentukan oleh ahli kesehatan dikarenakan sepeda sangat lah bermanfaat dari segi olahraga.

Khasiat dan Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

1. Balap Sepeda Sebagai Ajang motivasi diri

Tren sepeda semakin memikat orang – orang pencinta olahraga yang mengeluarkan daya tahan tumbuh dan ardernaline tinggi. Berawal maraknya ekspor sepeda dari Eropa khususnya negera Inggris dan Belanda pada saat era penjajahan di Indonesia. Memecut penduduk asli pribumi ingin menikmati sensasi bersepeda. Dari kalangan masyarakat pribumi dan non pribumi pada saat itu pula berinisiatif mengadakan semua kejuaraan balap sepeda.

Balap sepeda yang diciptakan bukan sekedar untuk kompetisi namun untuk memotivasi masyarakat untuk menjadi seorang pemenang. Balap sepeda yang dihasilkan sangat terpengaruh untuk pembentukan karaktek yang memilik daya saing tinggi. Sebuah ajang balap sepeda tersebut sungguh efektif dalam aspek diri masyarakat sebagai insan yang siap setiap saat. Awal balapan sepeda di Indonesia berada di kota Bandung dan Semarang sebagai kota pusat tren balapan sepeda. Masyarakat banyak termotivasi saat itu makin gencar untuk memangkan balapan sepeda.

2. Bersepeda Menumbuhkan Semangat Berorganisasi

Bakat-bakat dari perkembangan balap sepeda di Indonesia kian bermunculan. Demi untuk menjaga nilai bakat dibentuklah sebuah organisasi yang mewadahi minat dan bakat serta menjadi sarana dan memfasilitasi untuk menyalurkan bakat. Pertama kali organisasi yang mencakup para penikmat sepeda hadir di tahun 1956 di Semarang dengan nama Ikatan Sport Sepeda Indonesia di singkat ISSI. Dalam kiprahnya ISSI bertujuan untuk pembinaan terhadap para pembalap sepeda acara nasional dan mendorong pembangunan fasilitas untuk para orang yang hobi bersepeda.

ISSI pun sukses menginspirasi masyarakat di berbagai daerah untuk berorganisasi dengan bukti banyak tercipta organisasi seperti SSS – Ikatan Sport Sepeda Semarang, PBSD – Persatuan Balap Sepeda Djakarta, ISSJ – Ikatan Sport Sepeda Jogjakarta, IPSS – Ikatan Pembalap Kota Solo, PSBS – Perkumpulan Sepeda Balap Surabaya, PBMS – Perkumpulan Balap Sepeda Medan dan Sekitarnya, Super Jet – Perkumpulan Balap Sepeda dari Bandung, PSBM – Perkumpulan Sepeda BalJp Manado.

3. Khasiat Bersepeda Mencegah Perut Buncit dan Lingkar Pinggang yang Besar

Cukup mengandalkan olahraga bersepeda kita bisa mengurangi berat badan hingga 5,5kg dalam waktu singkat 2 bulan jika dilakukan secara rutin dan didukung pola makan yang baik karena bersepeda sangat optimal dalam urusan membakar lemak bahkan setara dengan olahraga lari dan jalan cepat. Sembuh keniscayaan untuk mengecilkan lingkar pinggang untuk kalian karena bersepeda mampu membakar lemak jenuh pada tubuh sedangkan untuk perut buni akan dapat di cegah karena keluasan gerak oto perut pada saat mengayuh sepeda.

4. Bersepeda Memacu Kebugaran jasmani

Khasiat bersepeda membuat manusia dapat melepaskan stress dan secara tidak langsung membuat kita merasa lebih baik dalam menjalani hidup apalagi jika didukung dengan suasana jalan yang asri tentu akan membuat suasana hati lebih tenang. Ketenangan dalam bersepeda adalah satu momen bermanfaat untuk jasmani yang sehat. Kebebasan dan ketenangan sangat mudah di rasakan.

5. Bersepeda Meningkatkan Kesehatan Vital dan Kesuburan

Khasiat bersepeda mampu memberikan energi ekstra untuk beraktivitas di ranjang. Ini terjadi karena saat bersepeda, tubuh akan berolah dan melancarkan seluruh peredaran darah. Otot-otot kaki akan menggerakkan seluruh otot tubuh, termasuk tangan, tubuh, hingga otot genital. Aliran darah yang meningkat di bagian genital akan mampu memberikan kehidupan seks yang membahagiakan bagi pasangan.

Sebuah penelitian menyatakan, mereka yang telah berusia 50 tahun ke atas dan masih bersepeda, mampu memperkecil 30 persen risiko impontensi. Dengan bersepeda selama tiga jam seminggu, Anda bisa mendapatkan gairah yang bisa disalurkan kepada seks dan menambah kesuburan..

6. Bersepeda Memaksimalkan Fungsi Otot

Dengan bersepeda hampir seluruh bagian otot akan tertarik dan bekerja, terutama pada otot-otot bagian bawah dengan gerakan berirama akan membuat otot, tulang dan sendi menjadi lebih lebih sehat. Terlebih Jika jalan yang dilalui dinamis meliak-liuk, bergelombang, naik turun akan melatih otot-otot berkoordinasi dengan lebih baik

7. Meningkatan Daya Tangkap Pada Otak

Manfaat dan khasiat bersepeda juga membuat pikiran kembali segar karena perjalanan kita akan menemukan hal baru, merasakan kenyamanan baru bahkan bisa menemukan hal-hal unik yang dapat menjadi inspirasi terutama di pagi hari. Sungguh membuat stres dan rasa jenuh hilang seketika karena setiap selesai melakukan aktivitas bersepeda biasanya kita akan merasakan euforia (perasaan senang) yang disebabkan oleh hubungan antara perasaan merasa lebih sehat dan latihan yang telah dilakukan sehingga timbul rasa bahagia. Mungkin hal ini juga yang menjadi alasan mengapa bersepeda banyak digemari para orang tua, selain untuk kesehatan juga sebagai obat stress.

8. Dapat Mengendalikan Beban dalam Bekerja

Sekitar 89 persen menyatakan bahwa khasiat bersepeda meningkatkan perasaan hati baik untuk pasangan, teman, rekan kerja dan pasangan. orang yang melakukan latihan bersepeda sebelum memulai bekerja dapat meningkatkan manajemen waktu serta efektifitas kerja. Hal ini juga dapat meningkatkan motivasi serta kemampuan dalam mengolah stress. Bahkan, 39 persen para pesepeda merasakan olahraga ini memberikan energi ekstra pada malam hari saat bercinta dengan pasangan.

9. Solusi Mengurangi Polusi

Khasiat bersepeda lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan kendaraan karena sepeda tidak menghasilkan polusi sama sekali. Bebas polusi udara adalah manfaat paling tinggi dari penggunaan transportasi. Selain itu juga manfaat bersepeda mengurangi tipisnya lapisan ozon. Untuk di area permukiman sepeda juga ramah karena tidak menghasilkan kebisingan.

10. Mempercepat Waktu Tidur

Olahraga dengan rutin dapat membuat bergerakan otot pada tubuh menjadi lebih stabil dan tidak kaku. Aktivitas sepeda yang rutin pula banyak membakar lemak kolesterol dan mengeluarkan keringan tidak sering jika bersepeda menyebabkan kelelahan. Namun, khasiat bersepeda untuk mempercepat waktu tidur dan menolak insomnia karena tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cepat.

11. Mengontrol Tekanan Darah

Khasiat bersepeda adalah salah satu kegiatan terbaik bagi mereka yang sakit dengan tekanan darah tinggi. Untuk yang satu ini perlu bersepeda dengan kecepatan sedang. Selama 30 menit bersepeda setiap hari sudah sangat ideal untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal.

12. Menghambat Penyakit Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit gaya hidup terkemuka yang mempengaruhi orang dewasa dan muda saat ini. Kurangnya olahraga dianggap menjadi salah sastu pemicu meningkatnya risiko diabetes. Nah, bersepeda selama 30 menit setiap hari dapat membantu mengendalikan diabete

13. Menjauhkan Penyakit Jantung

Khasiat bersepeda secara teratur minimal 30 menit setiap hari membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit lain terkait jantung. Kegiatan bersepada merupakan salah satu kegiatan yang mampu menyehatkan organ jantung seperti yang dilakukan British Medical Association bahwa dengan jalan seacara rutin dapat mengurangi terserang jantung koroner sekitar 50%. Beberapa studi lain juga dapat digunakan untuk membuat orang-orang yang tertarik untuk melihat keriput, kerutan dan garis-garis halus pada kulit.

14. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit kronis yang rentan terjadi pada tubuh seseorang. Perkembangan kanker bisa menjalar sangat cepat ke seluruh tubuh. Kanker berkembang dalam waktu yang sangat panjang. Jika Anda ingin menghindari penyakit kanker, lakukanlah kegiatan bersepeda secara rutin. Olahraga sepeda dapat membuat tubuh Anda menjadi sehat. Karena tubuh yang sehat, sel-sel yang awalnya akan menjadi kanker justru dapat dicegah pertumbuhannya. Gaya hidup sehat salah satunya bisa Anda lakukan dengan cara bersepeda.

15. Mencegah Obesitas

Jika Anda gemar bersepeda, maka tubuh Anda akan selalu bergerak dan mengeluarkan keringat. Hal ini dapat membantu tubuh membakar lemak jahat yang ada pada tubuh Anda. Jika lemak jahat terbakar, maka Anda tentunya akan memiliki badan yang proposional dan mencegah diri dari penyakit obesitas.

16. Mengontrol Suplai Oksigen dalam Tubuh

Jika melakukan olahraga bersepeda, pernapasan Anda akan terengah-engah. Hal ini dikarenakan aliran oksigen banyak terkuras karena energi yang Anda gunakan. Tapi, justru karena itulah tubuh mampu mengontrol suplai oksigen. Jadi Anda tidak perlu takut dan khawatir oksigen Anda akan berkurang.

17. Mengatur Pernapasan

Jika Anda melakukan kegiatan bersepeda dengan menempuh waktu lama dan jarak berpuluh-puluh kilometer, pasti napas akan menjadi terengah-engah. Tapi justru hal tersebut menyehatkan untuk pernapasan Anda. Napas akan jauh lebih teratur dari biasanya. Sebaiknya Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum bersepeda. Dan ketika sudah selesai bersepeda Anda melakukan pendinginan. Pemanasan dan pendinginan sangat berfungsi untuk mengatur ritme tubuh dalam berolahraga.

18. Diet Sehat

Jika Anda sudah mengatur pola makan untuk memiliki pola makan yang sehat, Anda juga perlu mengatur olahraga yang Anda gunakan. Hal itu diperlukan untuk membuat diet semakin sempurna. Sehingga badan yang proposional dan ideal bisa Anda miliki. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga bersepeda. Olahraga ini tergolong mudah dan ringan, serta menyenangkan. Sehingga badan Anda tidak akan terasa begitu tersiksa. Namun, banyak kalori yang sebenarnya terbakar. Sebaiknya Anda lakukan olahraga bersepeda setiap hari di saat sore hari.

Cukup 2 jam berkeliling kota menggunakan sepeda. Jangan lupa membawa air minum mineral supaya tidak dehidrasi. Akan lebih baik lagi jika Anda imbangi dengan olahraga lari di pagi hari. Badan akan semakin dekat menuju proposional dan ideal jika Anda tekun menjaga pola makan serta ritme olahraga Anda. Karena kunci diet sesungguhnya bukan ada pada pola makan, tetapi berolahraga.

19. Menghemat Kantong Lebih Ekonomis

Tak hanya berguna untuk kesehatan, khasiat bersepeda juga bermanfaat untuk memotong biaya transportasi karena akan jauh lebih murah menggunakan sepeda atau bahkan gratis dibandingkan kendara bermotor lain. Dari bersepeda membuat hidup lebih hemat karena menekan biaya pengeluaran serta dapat menabung demi masa depan anda.

20. Membuat Pasangan Lebih Sayang

Gerakan bike to work yang beberapa tahun lalu gencar di Indonesia memang punya banyak manfaat. Khasiat bersepeda sudah pasti bisa mengurangi konsumsi bahan bakar minyak, tapi juga membuat tubuh lebih produktif saat bekerja maupun bercinta dengan pasangan.

21. Meningkatkan Kreatifitas Berpikir

Khasiat sepeda juga membuat pikiran kembali segar karena perjalanan kita akan menemukan hal baru, merasakan kenyamanan baru bahkan bisa menemukan hal-hal unik yang dapat menjadi inspirasi terutama di pagi dan siang hari ditambah dengan udara yang akan membuat stres dan rasa jenuh hilang seketika.

Sebuah studi menemukan bahwa dengan melakukan latihan aerobik seperti bersepeda selama 25 menit dapat meningkatkan kreativitas berpikir. Saat bersepeda membuat seseorang lebih awas terhadap sekitar, laju kecepatan sepeda yang tak terlalu kencang bisa membuat seseorang untuk melihat-lihat keadaan sekitar. Hal ini bisa memunculkan ide-ide kreatif saat bersepeda.

22. Mengendalikan Perasaan yang Gampang Berubah

Pemakai sepeda memiliki mood yang lebih baik dibandingkan mereka yang memakai kendaraan pribadi maupun berdesak-desakan di angkutan umum. Manfaat dan khasiat bersepeda membentuk karakter individu yang lebih tenang, perasaan yang konsisten karena sepeda mengajarkan akan kesabaran dari segi psikis.

23. Membuat Tubuh Wanita Lebih Langsing

Stationary bike termasuk alat kebugaran yang jarang dipilih kaum perempuan. Kalaupun memilihnya, perempuan cenderung menggunakannya dengan intensitas dan kecepatan terendah. Setelah 5-10 menit, umumnya mereka sudah bosan dan beralih ke peralatan lain. Anda bisa melakukan teknik Sprint dengan kayuhan cepat (sprint) secara interval dalam posisi duduk manapun. Saat melakukan posisi kedua dimana tubuh setengah berdiri, gunakan otot inti tubuh Anda untuk menahan tubuh di atas sadel untuk menghindari ketegangan pada lutut.

Banyak perempuan yang juga enggan naik sepeda karena takut betisnya jadi berotot seperti betis pria. Atau, takut merasa pegal pada bagian bokongnya. Sebenarnya hal ini tak perlu Anda khawatirkan karena itu efek dari olahraga yang wajar.