Manfaat Buah Sirsak, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Manfaat Buah Sirsak (Annona muricata) merupakan sebuah tanaman yang tumbuh berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Saat ini tanaman sirsak telah menyebar ke Indonesia dengan nama yang beragam seperti nangka buris, nangka landa, nangka walanda, srikaya jawa dan lain-lain. Rasanya yang sedikit asam, dagingnya kenyal dan memiliki biji cukup besar memang digemari banyak orang. Kandungan didalamnya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit khususnya masalah kulit.

Buah sirsak biasanya berwarna hijau, bentuknya menyerupai jantung serta duri-duri kecil yang tidak terlalu tajam menjadi ciri khas nangka walanda. Kombinasi rasa antara nanas dan strawberry menjadi keunikan tersendiri. Selain dikonsumsi langsung, manfaat buah sirsak bisa dibuat sebagai jus atau smoothies. Tidak hanya buahnya yang bisa dinikmati, daun tanaman ini sering digunakan obat karena mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi didalamnya mulai dari buah, daun hingga pohon memiliki manfaat untuk kesehatan.

Nama Lain Buah Sirsak

Mengetahui beragam nama lain dari buah sirsak sangatlah penting jika ingin mencari lebih jauh mengenai manfaat buah sirsak. Apalagi bagi para ahli kesehatan yang akan mengolah menjadi sebuah obat, sudah menjadi kewajiban untuk memperluas ilmu mengenai profil dari buah segar satu ini. Adapun sinonim atau nama lain sesuai daerahnya adalah:

  • Jawa : Nangka walanda
  • Sunda : Sirsak
  • Madura : Nangka buris, nangkelan
  • Bali : Srikaya jawa
  • Aceh: Boh lona
  • Nias : Durio ulondro
  • Minangkabau : Durian betawi
  • Lampung : Jambu landa
  • Palembang : Nangko belando

Tanaman ini bisa tumbuh di sembarang tempat, namun paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri di ambil dari bahasa Belanda yaitu Zuurzak yang artinya kantung yang asam. Buah yang memiliki rasa asam ini berukuran cukup besar antara 20 – 30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Daging buahnya berwarna putih serta biji berwarna hitam. Kandungan didalamnya pun sangat beragam seperti vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2 yang cukup banyak. Meskipun biji dari buahnya mengandung racun, namun bisa dimanfaatkan sebagai insektisida alami.

Klasifikasi Buah Sirsak

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Magnoliales
  • Famili : Annonaceae
  • Genus : Anonna
  • Spesies : Annona muricata
  • Nama Ilmiah : Annona muricata
  • Habitat Asli : Amerika Selatan dan Amerika Tengah
  • Daun Tanaman Sirsak : berwarna hijau mudah dan tua dengan panjang 6 – 18 cm, lebar 3 – 7 cm, bentuk bulat telur.
  • Bunga Tanaman Sirsak : bunga tunggal dan berbagai macam putik dengan mahkota berjumlah 6 sepalum terdiri dari 2 lingkaran
  • Buah Sirsak : berwarna hijau kekuningan jika matang dan hijau muda ketika masih muda, berbentuk oval dan lonjong

Morfologi Tumbuhan Annona muricata

Tanaman sirsak terkenal dengan buahnya yang memilikiu rasa manis kemasaman. Di Indonesia, tanaman yang satu ini tumbuh dengan optimal di daerah dengan ketinggian kurang dari 1000 mdpl. Perkembangbiakan tanaman walanda yang paling baik yaitu melalui okulasi yang akan menghasilkan buah pada usia 4 tahunan setelah ditanam.

Daun sirsak berbentuk bulat berwarna hijau muda dan tua dengan panjang 6 – 18 cm, lebar 3 – 7 cm, ujungnya lancip dan ada yang tumpul. Bagian atas mengkilap hijau serta gundul kusam di bagian bawah daun. Daun tanaman sirsak ini memiliki bau menyengat dengan tangkai 3 – 10 mm. Bunganya tunggal dan memiliki berbagai macam putik sehingga disebut berpistil majemuk. Mahkota bunga berjumlah 6 sepalum terdiri 2 lingkaran, berbentuk segitiga, tebal dan kaku berwarna kuning keputihan.

Buah sirsak berwarna hijau kekuningan jika mulai matang, sedangkan jika masih muda berwarna hijau muda. Bentuknya oval serta ada yang lonjong dengan struktur kulit berduri kehitaman dan tidak terlalu tajam. Biji sirsak berwarna coklat atau hitam bulat lonjong dengan panjang sekitar 16,8 mm dan lebar 9,6 mm. Jumlahnya sangat bervariasi mencapai 20 – 70 butir.

Kandungan Kimia dan Gizi Buah Sirsak

Manfaat buah sirsak sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama saat ia memasuki pencernaan tubuh dan gizi serta nutrisi didalamnya akan di uraikan dan di serap kemudian disebarkan ke tubuh melalui peredaran darah. Khasiatnya yang mampu membunuh parasit, membersihkan saluran pencernaan hingga menghilangkan stres tidak lepas dari kandungan kimia dan gizi didalamnya yaitu:

  • Acetogenin
  • Minyak esensial
  • Reticuline
  • Loreximine
  • Coclaurine
  • Annomurine
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Higenamine
  • Karbohidrat
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Serat
  • Lemak
  • Fosfor
  • Sodium
  • Seng (Zinc)
  • Gula

Manfaat Buah Sirsak dan Cara Mengolahnya

1. Membunuh Parasit

Kandungan antiparasit serta antibakteri didalam manfaat buah sirsak mampu melindungi tubuh dari infeksi parasit karena didalam buah nangka walanda mendandung vitamin C. Tanaman yang telah lama populer menjadi pengobatan tradisional di daerah Amerika Latin dan Amerika Selatan ternyata mengandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Sirsak bisa mengobati mencret, ini adalah gangguan sistem pencernaan yang diakibatkan oleh bakteri maupun salah makan seperti pedas-pedas. Kondisi yang juga disebut diare ini jika dibiarkan bisa mengancam nyawa karena tubuh bisa dehidrasi dan muntah-muntah atau kejang otot perut. Sudah bukan rahasia lagi bahwa manfaat Buah Sirsak memang sanggup jadi obat diare alami.

Cara Mengolah Buah Sirsak:

Cara mengonsumsi buah sirsak tidak harus langsung dimakan daging buahnya. Anda bisa mengolahnya menjadi minuman segar yang menarik untuk keluarga seperti berikut ini.

  1. Siapkan ¼ buah sirsak besar dan matang, ½ buah blewah, 8 agar-agar inaco, 6 sdm natadecoco siap saji, es batu secukupnya dan sirup fres frambous
  2. Hancurkan es batu, serut blewah kemudian potong agar dan kupas sirsak serta hilangkan bijinya.
  3. Siapkan 2 mangkok, tuangkan es batu, nata de coco dan bahan lain
  4. Beri sirup sebanyak 5 sdm
  5. Minuman siap disajikan

2. Membantu Menyembuhkan Nyeri

Kandungan senyawa antiperadangan tidak hanya mampu meredakan nyeri di bagian perut, melainkan mampu meredakan nyeri sendi seperti arthritis. Manfaat buah sirsak untuk menyembuhkan nyeri bisa dengan cara menggosokkan buahnya pada bagian tubuh yang nyeri. Selain itu, mampu meningkatkan fleksibilitas.

Cara Mengolah Buah Sirsak:

Selain hanya minuman seperti es buah sirsak di atas, Anda bisa mengolah menjadi minuman segar lain berupa es lilin sirsak buah naga dengan campuran bahan sehat lain. Cara mengolahnya adalah:

  1. Siapkan bahan-bahan berupa 1,5 kg sirsak, ½ buah naga, 2 kaleng SKM putih, 1 liter susu, 2 liter air putih, 1 kg gula pasir, 2 sdt garam halus, 3 sdm maizena dan plastik lilin.
  2. Bersihkan sirsak kemudian buang bijinya lalu masukkan buah naga, blender hingga halus.
  3. Masak air putih, susu, SKM, gula, garam hingga mendidih.
  4. Masukkan sirsak dan buah naga yang sudah diblender dan masak hingga mendidih.
  5. Cairkan tepung meizena kemudian masukkan kedalam sirsak yang sudah dimasak bersama susu. Aduk hingga rata dan mendidih
  6. Matikan kompor, tunggu hingga dingin kemudian masukkan adonan ke dalam plastik es satu per satu.
  7. Jika semua selesai, masukkan ke dalam lemari pendingin hingga mengeras.

3. Membersihkan Saluran Pencernaan

Selain manfaat buah sirsak yang luar biasa, daunnya pun bisa digunakan untuk pengobatan yang berhubungan dengan gangguan saluran pencernaan. Daun ini bisa dikonsumsi dengan cara menyeduhnya seperti minum teh. Vitamin yang terkandung di dalam buah nangka walana bisa menguatkan kekebalan tubuh karenanya tidak heran jika buah asli Amerika ini digunakan bertahun-tahun untuk mengobati disentri dan kudis.

Cara Mengolah Buah Sirsak:

Camilan yang satu ini menjadi variasi lain dalam mengonsumsi buah sirsak sehari-hari. Jika Anda bosan menikmatinya dalam bentuk minuman, bisa coba mengolah menjadi dodol sirsak berikut ini:

  1. Siapkan bahan-bahan berupa 200 gr gula pasir, 350 gr daging sirsak yang telah dihaluskan, 30 gr tepung ketan, 100 ml santan, dan ½ sdt pasta pandan.
  2. Siapkan wajan, masukkan gula pasir dan daging buah sirsak kemudian masak dengan api sedang, aduk hingga meletup.
  3. Campurkan tepung ketan, santan dan pasta pandan.
  4. Tuang larutan tepung ke wajan, aduk hingga dodol mengental dan matang.
  5. Angkat dan tuang ke nampan plastik yang telah diolesi minyak, diamkan hingga dingin.
  6. Potong-potong atau bentuk bulat sesuai selera, kemas dalam plastik sesuai selera.

4. Meredakan Saluran Pernapasan

Manfaat buah sirsak mampu mengobati Anda yang sedang berjuang melawan batuk, flu atau gangguan pernapasan lain. Buah ini memiliki sifat ekspektoran untuk menghilangkan dahak dan lendir. Kandungan asam askrobat didalamnya bisa melawan radikal bebas dan infeksi. Dengan perlahan-lahan mengurangi infeksi bakteri dan virus, penyembuhan flu atau batuk bisa dipercepat.

Cara Mengolah Buah Sirsak:

Jika buah yang satu ini hanya tergeletak di rumah tanpa dikonsumsi karena bosan atau tidak suka dengan rasanya yang manis keasaman, coba deh resep yang satu ini untuk mengolah buah sirsak menjadi sebuah puding yang lezat. Dengan tampilan yang berbeda kemungkinan besar orang-orang di rumah Anda bisa mencicipinya hingga habis.

  1. Siapkan bahan-bahan berupa 500 ml jus buah sirsat, 300 ml air, 1 bungkus agar rasa vanila, 1 bungkus kental manis putih, 5 – 8 sdm gula pasir.
  2. Masukkan semua bahan kedalam panci, aduk rata.
  3. Nyalakan api kemudian masak adonan hingga mendidih dan rata. Masukkan gula sesuai selera. Jika sudah mendidih, matikan api.
  4. Beri sedikit air pada cetakan puding agar puding mudah dilepas.
  5. Tuang adonan puding pada cetakan dan diamkan hingga dingin, masukkan ke lemari pendingin. Puding siap disantap.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan yang dimiliki Annona muricata ini beberapa di antaranya adalah vitamin C, B1, dan B2. Dimana vitamin C dibutuhkan oleh setiap tubuh demi menjaga sistem kekebalan tubuh karena vitamin tersebut yang akan menstimulasi pembentukan sel darah putih. Manfaat buah sirsak karena vitamin didalamnya dapat mencegah penyakit kronis.

Cara Mengolah Buah Sirsak:

Mau dibikin apa lagi nih buah sirsak yang memiliki rasa manis keasaman? Selain olahan-olahan di atas, kali ini Anda bisa membuatnya menjadi donat sirsak.

  1. Siapkan bahan-bahan berupa 250 gr tepung terigu, ½ sdt baking powder, 1 sdm fermipan, 100 ml jus sirsak, 1 butir kuning telur, 4 sdm gula pasir, 2 sdm susu bubuk, 1 sdm mentega cair.
  2. Campurkan bahan-bahan tepung, baking powder dan fermipan, kemudian sisihkan.
  3. Campurkan bahan-bahan jus sirsak, kuning telur, gula pasir, susu bubuk dan mentega cair kemudian mixer hingga berbusa.
  4. Uleni semua adonan hingga pulen dan lentur, tutup dengan kain basah selama 20 menit dan biarkan hingga mengembang.
  5. Kempiskan adonan dan bentuk bulatan kecil, biarkan selama 30 menit. Goreng dengan menggunakan api kecil hingga matang.
  6. Taburi dengan keju atau meises sesuai selera setelah donat dingin.

6. Menghilangkan Stres

Setiap orang pasti pernah mengalami stres baik tingkatnya ringan maupun berat. Gangguan mental ini akan berdampak serius pada kondisi psikis, berpengaruh terhadap berat badan hingga penyakit kronis. Jika bukan Anda sendiri yang mengatasinya, mau siapa lagi? Manfaat buah sirsak mampu menghilangkan stres. Antiperadangan yang terkandung didalamnya membuat seseorang menjadi tenang. Anda perlu terbebas dari stres, karena hormon stres bisa merusak sistem metabolisme tubuh.

Cara Mengolah Buah Sirsak:

Ada yang pernah mencicipi selai sirsak? Mungkin banyak dijual di pertokoan atau pusat belanja lain, namun tidak ada salahnya Anda mengolahnya sendiri di rumah.

  1. Siapkan bahan-bahan berupa 5 gr esent sirsak, 3 sdm tepung meizena, 6 sdm gula pasir, 1 gelas air.
  2. Didihkan 1 gelas air dan esent sirsak kemudian tambahkan gula dan aduk hingga rata
  3. Masukkan tepung meizena yang sudah dilarutkan dengan 4 sdm air.
  4. Aduk-aduk hingga mengenal, dinginkan dan masukkan pada wadah setelah dingin.

7. Menyehatkan Kulit

Manfaat buah sirsak lainnya mampu memberi penyegar terhadap kulit. Saat Anda menghandurkan biji dan buahnya, dapat diaplikasikan pada kulit dan akan memberikan manfaat terhadap kesehatan kulit. Buah yang satu ini mampu mengurangi garis-garis kerutan dan mengurangi penuaan kulit. Antioksidan didalamnya mampu meremajakan kulit serta melindungi kulit dari infeksi bakteri.

Cara Mengolah Buah Sirsak:

Selain diaplikasikan langsung pada kulit, olahan sirsak lainnya bisa dibuat menjadi sorbet sirsak yang sangat mudah dalam mengolahnya.

  1. Siapkan bahan-bahan berupa 1 buah sirsak beratnya +- 500 gr, ½ kaleng kental manis, gula secukupnya.
  2. Buang biji sirsak kemudian blender menggunakan 75 ml air, tambahkan gula sesuai selera.
  3. Tambahkan kental manis, aduk rata.
  4. Tuang ke dalam wadah tertutup dan simpan di lemari pendingin hingga mengeras.

8. Mencegah Penyakit Kanker

Salah satu senyawa yang terkandung dalam buah asli Amerika ini adalah annonaceous acetogenins yang dapat dikaitkan dengan pencegahan kanker serta pengurangan ukuran tumor. Karenanya, manfaat buah sirsak sangat mendukung penyembuhan atau pencegahan penyakit kanker. Acetogenins diduga dapat memotong perkembangan sel tidak normal dari aliran darah.

Cara Mengolah Buah Sirsak:

Harga buah sirsak di pasaran tidak terlalu mahal kok. Jika Anda mementingkan kesehatan, tidak ada salahnya mengonsumsi buah sirsak dengan olahan lain seperti kue sirsak berikut ini.

  1. Siapkan bahan-bahan berupa 200 gr tepung terigu, 200 gr gula, 250 gr margarin, 6 butir telur, 500 cc sirsak matang yang telah diblender, ½ sdm soda kue.
  2. Kocok telur hingga mengembang
  3. Tambah tepung dan gula, kocok hingga tercampur rata
  4. Masukkan margarin dan soda kue, kocok hingga tercampur rata
  5. Tambahkan sirsak kemudian aduk rata
  6. Masukkan dalam cetakan, panggang dengan oven pada suhu 200 derajat Celcius selama 40 menit
  7. Kue sirsak siap dinikmati.

9. Mengobati Diabetes

Kadar gula seseorang normalnya antara 70 – 120 mg. Anda disarankan untuk selalu cek kesehatan khususnya kadar gula jika sewaktu-waktu melebihi angka normat. Disini manfaat buah sirsak mampu membasmi diabetes. Nutrisi didalamnya mampu menstabilkan kadar gula darah agar selalu dalam batas normal. Selain itu, dapat digunakan untuk mengobati diabetes secara alami

Cara Mengolah Buah Sirsak:

  1. Ambil 2 – 5 helai daun buah sirsak
  2. Bersihkan dengan air mengalir hingga bakteri dan kuman hilang
  3. Rebus daun sirsak tersebut dalam air hangat sebanyak tiga gelas, biarkan rebusan tersebut kering
  4. Minum air rebusan tersebut secara rutin setiap pagi dan malam untuk penderita diabetes

10. Mencegah Katarak

Tidak sedikit orang-orang menderita kelainan pada mata entah bawaan sejak kecil maupun sudah dewasa. Salah satu penyakit serius pada mata adalah katarak. Pengobatan pun sangat beragam mulai dari medis hingga alternatif. Manfaat buah sirsak lain untuk kesehatan mata adalah mencegah katarak. Dengan rutin meminum olahan buah sirsak sehari 2x bisa mengurangi terjadinya risiko pandangan kabur dan mengurangi terjadinya gangguan lain pada mata seperti gatal-gatal atau mata merah.

Cara Mengolah Buah Sirsak:

Ada banyak olahan sirsak menjadi minuman beragam yang segar dan rasanya berbeda-beda. Anda bisa mencoba rerep lain es cincau hitam dengan sirsak berikut ini

  1. Siapkan bahan-bahan berupa 1 buah sirsak, 1 batang cincau hitam, 5 sdm sirup frambozen, es batu secukupnya.
  2. Potong-potong cintau hitam sesuai selera kemudian sisihkan
  3. Kupas buah sirsak, ambil buah sirsak, buang bijinya dan sisihkan
  4. Simpang potongan cincau dan buah sirsak kemudian tambahkan sirup frambozen, tambahkan air matang dan es batu secukupnya.
  5. Es cincau sirsak siap disajikan

Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak yang Lainnya :

11. Mengurangi terjatinya serangan jantung

12. Membantu produksi hemoglobin

13. Meningkatkan konsentrasi di dalam tubuh

14. Pemasok energi dalam tubuh

15. Memberikan asupan gizi untuk ibu hamil

16. Mengobati penyakit kolesterol

17. Mengobati diare

18. Mengatasi ambeien

19. Mengatasi sakit pada kandung kemih

20. Mengatasi penyakit liver

21. Mengobati bisul

22. Mengatasi eksim dan reumatik

23. Mengobati sakit pinggang

Efek Samping Buah Sirsak

Manfaat yang baik untuk kesehatan mulai dari mengobati infeksi bakteri, parasit, batung, peradangan dan lain-lain, berikut efek samping yang akan terjadi jika dikonsumsi berlebih di antaranya:

  1. Menyebabkan penyakit parkinson
  2. Mengakibatkan tekanan darah renah
  3. Keracunan
  4. Menyebabkan mual
  5. Membunuh bakteri yang berguna
  6. Keguguran
  7. Sembelit
  8. Neurotoksitas
  9. Gangguan sistem kardiovaskuler
  10. Kelemahan rahim

Di balik manfaat buah sirsak yang segudang hingga banyak minuman yang menawarkan rasa sirsak sebagai daya tarik, ternyata buah ini memiliki efek samping yang tidak terguda jika dikonsumsi tidak sesuai aturan atau berlebihan.