Manfaat Daun Sambung Nyawa, Klasifikasi Ilmiah, Kandungan Gizi, Cara Mengolah dan Efek Samping

Manfaat Daun Sambung Nyawa (Gynura procumbens), Sambung Nyowo, Daun Dewa atau Akar Sebiak merupakan salah satu jenis tanaman asli Indonesia yang banyak digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit sejak zaman dahulu mulai dari penyakit ringan hingga penyakit serius seperti kanker dan ginjal.

Daun ini tumbuh subur di wilayah beriklim tropis, lahan terbuka seperti ladang, pekarangan hingga hutan. Di tempat-tempat itulah biasanya menjadi tempat perkembangbiakan yang sangat baik. Berdasarkan sejarah penemuannya, daun sambung nyawa ditemukan di Afrika kemudian menyebar ke berbagai wilayah seperti Sri Lanka, Malaysia, Korea Selatan, Singapura dan Indonesia.

Ekstrak tanaman diolah menjadi sebuah ramuah herbal ampuh untuk pengobatan tradisional. Daun sambung nyawa berbentuk perdu tegak saat masih muda dan bisa merambat setelah mencapai usia cukup tua. Jika diremas, aroma yang keluar sangat khas. Daun tanaman ini memiliki susunan dan fragmen yang sesuai dengan anatomi keluarga bunga matahari.

Manfaat lain tanaman daun sambung nyawa di antaranya mengobati pembengkakan payudara, mengobati radan dan infeksi kerongkongan, melancarkan sirkulasi darah, melancarkan haid, mengobati batu ginjal, mengobati radang mata, sakit gigi, rematik sendi, pendarahan kandungan, diabetes mellitus hingga hipertensi.

Klasifikasi Daun Sambung Nyawa

  • Kingdom : Plantae
  • Super Divisi: Spermatophyta
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Sub Kelas: Asteridae
  • Ordo: Asterales
  • Famili: Asteraceae
  • Genus: Gynura
  • Spesies: Gynura procumbens
  • Nama Ilmiah : Gynura procumbens
  • Asal Tanaman : Afrika
  • Daun Sambung Nyawa: elips, berwarna hijau mengkilap

Morfologi Tumbuhan Gynura procumbens

Daun sambung nyawa memiliki bentuk bulat telur, bulat telur memanjang, bulat memanjang, berukuran panjang 3,5 – 12,5 cm, lebar 1 – 5,5 cm, ujung tumpul, meruncing pendek, pangkal membulat. Tepi daun rata, bergelombang atau agak bergigi. Tangkai daun 0,5 – 1,5 cm. Permukaan daun kedua sisi gundul atau berambut halus. Perbungaan daun sambung nyawa tersusun bunga majemuk cawan, 2 – 7 cawan yang tersusun dalam susunan malai hingga malai rata. Setiap cawan mendukung 20 – 35 bunga, ukuran panjang antara 1,5 – 2 cm, lebar 5 – 6 mm. Tangkai karangan dan tangkai bunga berambut pendek atau gundul.

Brachtea involucralis berbentuk garis berujung runcing atau tumpul, panjang 0,3 - 1 cm. Lebar 0,6 - 1,7 cm, gundul, ujung berwama coklat kemerahan atau hijau. Mahkota merupakan tipe tabung, panjang 1 - 1,5 cm, jingga kuningan atau jingga. Benang sari berbentuk jarum, kuning, kepala sari berlekatan menjadi satu. Buah berbentuk garis, panjang 4 - 5 mm, coklat.

Kandungan Kimia Daun Sambung Nyawa

Daun Sambung nyawa mengandung senyawa flavonoid, sterol tak jenuh, triterpen, polifenol dan minyak atsiri. Dalam penelitian lain, daun sambung nyawa memiliki kandungan senyawa-senyawa berikut:

  • Flavonoid
  • Tanin
  • Saponin
  • Steroid
  • Triterpenoid
  • Klorogenat
  • Kafeat
  • Vanilat
  • Para kumarat
  • P-hidroksi benzoat


Manfaat Daun Sambung Nyawa dan Cara Mengolahnya

1. Mengobati Darah Tinggi

Hipertensi atau darah tinggi terkadang tidak disadari oleh kebanyakan orang. Sulit memang untuk mengetahui gejala seperti ini jika tidak mengukur tekanan darah. Pola hidup bisa mempengaruhi kesehatan tekanan darah yang ada pada tubuh Anda.

Untuk mengetahui seseorang yang terkena darah tinggi, perhatikan ukuran tekanan darah, untuk darah normal yaitu kurang dari 20/80. Jika tekanan darah anda antara 140 - 159, termasuk pada hipertensi tahap 1 sedangkan tekanan 160 atau lebih teermasuk hipertensi tahap 2. Saat terjadi gejala darah tinggi, anda bisa konsumis daun sambung nyawa sebagai pengobatan alami.

Cara Mengolah Daun Sambung Nyawa:

  1. Siapkan 7 lembar daun sambung nyawa kemudian cuci bersih
  2. Anda bisa langsung mengonsumsi daun ini sebagai lalapan
  3. Atau tumis sebentar untuk dimakan bersama nasi

2. Mengobati Diabetes

Diabetes atau banyak orang bilang kelebihan kadar gula dalam tubuh bisa menyerang siapa saja yang tidak mengatur pola hidup dengan baik. Glukosa atau kadar gula darah sangat penting untuk kesehatan tubuh karena merupakan sumber energi utama otak yang membentuk otot dan jaringan tubuh.

Beberapa gejala diabetes yang sering terjadi seperti sering merasa haus, rasa lapar yang meningkat, turunnya berat badan tanpa alasan, sering buang air kecil hingga kelelahan. Apabila gejala-gejala ini sudah menyerang tubuh sebaiknya segera cegah dengan daun sambung nyawa yang bisa mengatasi masalah ini.

Cara Mengolah Daun Sambung Nyawa:

  1. Siapkan beberapa helai daun
  2. Cuci dengan air mengalir
  3. Konsumsi secara langsung sebagai lalapan secara teratur
  4. Lakukan cara ini setiap makan 2 kali sehari

3. Mengobati Penyakit Tumor

Tentu anda sudah tidak asing dengan nama penyakit yang satu ini. Tumor merupakan pertumbuhan sel-sel tubuh yang tidak normal. Sel ini menyusun jaringan tubuh manusia yang masing-masing mengandung gel untuk menentukan pertumbuhan, perkembangan serta perbaikan dalam tubuh. Sebenarnya tumor tidak selamanya berbahaya. Kita biasa mendengar istilah tumor ganas dan tumor jinak.

Tumor jinak hanya tumbuh pada bagian tubuh dan tidak menyebar ke bagian lain, sedangkan tumor ganas biasa disebut dengan kanker yang bisa menyebar ke jaringan tubuh lain. Ada banyak penyebab tumor ini terjadi, salah satunya karena infeksi virus dan bakteri. Ketika gejala ini timbul, sambung nyawa bisa menjadi alternatif pengobatan alami.

Cara Mengolah Daun Sambung Nyawa:

  1. Anda bisa mengolahnya menjadi salad
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 1 buah wortel, 1 tomat besar, 1 bawang bombay, daun sambung nyawa secukupnya, mentimun
  3. Siapkan bumbu 1/2 sendok teh lada halus, 1 bawang putih, 1 sdm minyak zaitun, gula pasir dan garam secukupnya serta perasan jeruk lemon sesuai selera
  4. Bersihkan semua sayuran dan iris tipis
  5. Campurkan minyak zaitun, bawang putih yang dihaluskan, lada halus, gula, gara dan perasan jeruk lemon
  6. Tata sayuran pada mangkuk dan campurkan olahan minyak zaitun tadi
  7. Salad siap disajikan

4. Mengobati Liver

Istilah liver selalu digunakan ketika bagian organ hati mengalami gangguan sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Organ ini terletak pada bagian perut kanan atas tepat di bawah tulang rusuk dan memiliki beberapa fungsi tubuh seperti metabolisme lemak, protein, karbohidrat, obat-obatan dan racun, dan membantu pembekuan darah.

Ada banyak penyebab mengapa penyakit liver bisa terjadi. Di antaranya pengonsumsian alkohol selama bertahun-tahun, hepatitis, gangguan aliran empedu, dan sebagainya. Jika terus dibiarkan maka akan berdampak serius pada tubuh Anda. Untuk menghindari penyakit ini Anda bisa konsumsi sambung nyawa secara rutin agar tubuh selalu sehat.

Cara Mengolah Daun Sambung Nyawa:

  1. Pernah mendengar makanan trancam? Olahan yang rendah kalori satu ini bisa dicampurkan dengan daun sambung nyawa
  2. Siapkan bumbu halus 3 cabe merah besar, 3 cabe rawit, 2 cm kencur, 1 sdt terasi bakar bubuk, 1 sdt gula merah, 1/2 sdt garam
  3. Siapkan bahan-bahan 3 batang kacang panjang, 1/4 kol merah, 2 genggam daun kelor, 2 genggam toge, 10 lembar daun sambung nyawa, 2 buah mentimun, 2 sdm bawang goreng, 3 sdm kelapa parut
  4. Haluskan semua bumbu kemudian potong-potong sayuran, campurkan semua bahan dan siap untuk dihidangkan

5. Mengobati Ambeien

Ambeien atau wasir terjadi karena pembuluh darah di sekitar anus meradang dan membengkak. Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang mengalami penyakit ini dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk penyebabnya sendiri tidak diketahui pasti namun ada kemungkinan berhubungan dengan meningkatnya tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus.

Namun faktor makanan yang masuk dalam tubuh jika tidak diimbangi dengan kadar vitamin yang baik dan seimbang sehinga mengakibatkan sulit buang air besar bisa mengundang penyakit ini. Saat ambeien terjadi, cobalah konsumsi daun sambung nyawa untuk mengatasinya.

Cara Mengolah Daun Sambung Nyawa:

  1. Untuk Anda yang ingin mencicipinya dalam bentuk bakwan, bisa juga nih
  2. Siapkan bahan-bahan 2 potong tahu putih, 1 butir telur, daun seledri, daun bawang, daun sambung nyawa
  3. Sediakan bumbu halus 2 bawang putih, ketumbar, garam dan penyedap rasa secukupnya
  4. Pada bumbu halus, masukkan tahu dan uleg hingga hancur
  5. Iris tipis daun seledri, bawang dan daun sambung nyawa
  6. Masukkan ke dalam adonan campur dan tambahkan telur
  7. Goreng adonan menggunakan api kecil
  8. Tunggu hingga matang kecoklatan
  9. Siap dihidangkan

6. Mengobati Kolesterol Tinggi

Tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui batas inilah yang dinamakan dengan kolesterol tinggi bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Istilah kolesterol tinggi selalu dikaitkan dengan makanan yang memiliki kadar lemak jenuh tinggi. Jika Anda selalu mengonsumsi makanan yang memiliki lemak jenuh diambang batas atau makan daging dalam jumlah porsi besar jangan heran saat tingkat kolesterol meningkat. Untuk mengobati hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi daun sambung nyawa.

Cara Mengolah Daun Sambung Nyawa:

  1. Pernah coba Laksa Penang? makanan yang disebut-sebut sebagai khas Malaysia ini bisa dicampur menggunakan daun nyambung nyawa
  2. Siapkan bahan-bahan 5 ekor ikan kebung, 1 bungkus mie laksa, 1 bawang bombay, 2 keping asam kandis, terasi, garam secukupnya, 2 batang serai di memarkan, daun kesum secukupnya
  3. Ambil 1 genggam daun sambung nyawa, mentimun di serut, telur rebus, nanas, daun mint
  4. Haluskan bumbu 15 cabe merah, 4 siung bawang merah, air secukupnya
  5. Rebus ikan menggunakan asam kandis kemudian pisahkan daging ikan dengan tulangnya
  6. Rendam mie menggunakan air panas dan tiriskan
  7. Blender tulang ikan beserta kepala ikan hingga halus, saring dan masukkan ke air rebusan
  8. Daging yang tanpa tulang di cincang dan masukkan ke panci rebusan
  9. Masukkan bahan yang dihaluskan, serai, bawang bombay, sambung nyawa, daun kesum, garam, terasi dan masak hingga matang
  10. Siap untuk dihidangkan

7. Mengobati Eksim

Eksim merupakan kondisi peradangan kulit yang membuat gatal, merah, terasa kering hingga terjadi pecah-pecah. Istilah ini sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Jenis-jenis eksim pun sangat beragam seperti dermatitis atopik, dermatitis kontak iritan, dermatitis kontak alergi, eksim dyshidriotic, neurodermatitis, eksim nummular, dan eksim statsi. Penyebab terjadinya gejala seperti ini belum diketahui pasti. Namun untuk solusi pengobatan Anda bisa gunakan daun sambung nyawa secara rutin.

Cara Mengolah Daun Sambung Nyawa:

  1. Bisa juga dibuat menjadi tumis pedas
  2. Sediakan 3 buah daun sambung nyawa, 4 biji cabe merah, 1 bawang merah, 1 bawang putih, 1/2 tomat ukuran kecil, garam secukupnya
  3. Iris sambung nyawa, haluskan semua bumbu
  4. Masak bumbu dengan sedikit minyak kemudian masukkan daunnya
  5. Beri sedikit air kemudian tambahkan garam sesuai selera

8. Mengobati Tetanus

Anda pernah mengalami suntik TT atau Tetanus Toksoid? Biasanya terjadi pada mereka yang akan menikah sebagai pemenuhan aturan wajib dari pemerintah. Meskipun dulu saat masih kecil pernah mengalami suntik TT tapi bagi perempuan yang akan menikah perlu mendapatkan vaksinasi TT. Hal ini berkaitan dengan istilah yang akan dibahas yaitu kondisi terdapat kerusakan pada sistem saraf yang disebabkan karena bakteri.

Tetanus ini biasanya terjadi pada meraka yang belum mendapatkan vaksinasi seperti bayi atau usia muda. Gejala yang biasanya terjadi pada otot dekat luka. Sebelum periksa dokter, Anda bisa mencoba konsumsi daun sambung nyowo untuk mengatasi jika sudah terjangkit tetanus.

Cara Mengolah Daun Sambung Nyawa:

  1. Kali ini Anda bisa mengolahnya menjadi sebuah jus segar
  2. Siapkan bahan-bahan 1 buah naga merah, 1 buah kiwi, 2 sdm buah sirsak, 1 buah tomat, 8 buah anggur, 1 buah apel hijau, 1/2 wortel yang besar
  3. Sedangkan beberapa lembar pak coy, selada air, 3 lembar daun sambung nyawa dan beberapa potong nanas
  4. Blender buah naga dan kiwi, tambahkan sirsak yang sudah dibuang bijinya
  5. Tambahkan tomat dan anggur yang telah dipotong kecil.
  6. Campurkan apel hijau dan wortel kemudian tambhan pak coy, selada air dan daun sambung nyawa.
  7. Blender semua hingga halus dan siap disajikan

9. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ vital dalam tubuh untuk ekskresi pada manusia. Anda perlu mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal agar sistem kerja organ ini bekerja dengan baik. Jangan pernah anggap remeh kesehatan ginjal, karena hika sudah terganggu bisa berakibat fatal hingga meregang nyawa Anda. Dengan mengonsumsi daun sambung nyawa secara rutin dan teratur maka ginjal Anda akan terlindungi.

Selain mengonsumsi tanaman ini, Anda bisa mengatur pola hidup sehat mulai dari mengatur pola makan, aktif bergerak, menjaga berat badan, menghindari konsumsi alkohol, mengontrol tekanan darah, perbanyak minum air mineral, menghindari stres, rajin berolahraga dan menghindari konsumsi obat penghilang nyeri.

Cara Mengolah Daun Sambung Nyawa:

  1. Ambil 7 buah daun sambung nyawa, cuci bersih
  2. Tambahkan buah goji sekitar 15 gram
  3. Resbu menggunakan tiga gelas air hingga menjadi satu gelas
  4. Diamkan hingga dingin kemudian saring
  5. Minum sehari sekali dengan teratur

10. Mengobati Penyakit Kulit

Apapun nama penyakitnya jika sudah berhubungan dengan kulit tentu sangat mengganggu apalagi jenisnya yang menular sanga berbagaya untuk orang lain. Kondisi menular ini bisa terjadi melalui udara, kontak langsung dengan kulit hingga benda yang telah digunakan oleh penderita. Adapun beberapa penyakit kulit yang menular di antaranya cacar air, herpes, kudis, kurap, kutil, dan impetigo.

Ada banyak obat kimia yang memberikan solusi saat terjadi gangguan pada kulit baik gatal-gatal, digigit serangga, dan sebagainya. Cobalah menggunakan bahan alami seperti sambung nyawa untuk mengobati penyakit pada kulit.

Cara Mengolah Daun Sambung Nyawa:

  1. Ambil 7 helai sambung nyawa
  2. Cuci bersih menggunakan air mengalir
  3. Makan untuk lalapan
  4. Jika anak-anak tidak suka lalapan, bisa dengan mengukus atau menumisnya terlebih dahulu
  5. Konsumsilah setiap hari sekali


Manfaat dan Khasiat Daun Sambung Nyawa Lainnya:

11. Mengobati maag

12. Penyembuhan bisul

13. Mencegah tumbuhnya kista

14. Mencegah kanker

15. Menyembuhkan tumor

16. Antikoagulan

17. Mengobati pembengkakan payudara

18. Mengobati rasang dan infeksi kerongkongan

19. Melancarkan haid

20. Mengobati ganglion

21. Mengobati kencing manis

Efek Samping Daun Sambung Nyawa

Pengolahan sambung nyawa sangat beragam. Selain dibuat ramuan herbal, saat ini sudah banyak ditemukan dalam bentuk kapsul di berbagai apotek.

Daun tanaman ini memang memiliki banyak manfaat untuk mengatasi beragam penyakit , namun ternyata ada efek samping yang dimiliki jika dikonsumsi berlebih.

Efek samping daun sambung nyawa bisa menyebabkan gangguan tidur dan alergi jika dalam mengonsumsi tidak terkontrol atau diluar dosis yang dianjurkan. Saat gejala ini terjadi sebaiknya segera kurangi kadar konsumsi atau konsultasi dengan ahli kesehatan.