Manfaat Markisa, Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Kimia, Cara Mengolah dan Efek Samping

Manfaat Markisa (Passiflora quadrangularis L.) merupakan jenis buah yang kaya akan vitamin B berasal dari Amerika Selatan yang kini telah menyebar ke nusantara Indonesia. Buah yang memiliki rasa asam telah banyak dibudidayakan di Indonesia bahkan telah banyak di kemas dalam bentuk sirup atau minuman kemasan. Tidak hanya rasanya yang segar, buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Di Indonesia, jenis Passiflora quadrangularis L. yang populer terdiri dari markisa manis, asam dan giant. Daging buah digunakan untuk merileksasi saraf saat sakit kepala, meredakan diare dan neurastenia. Bagi Anda yang tidak nafsu makan, konsumsilah buah ini untuk mengatasinya. Sebuah penelitian dari University of Florida menyatakan bahwa ekstrak buah markisa mampu membunuh sel kanker. Serat yang ada didalam buah ini sangat tinggi yang bermanfaat untuk mengatai berbagai macam penyakit.

Selain penyakit dalam maupun luar, manfaat markisa bisa digunakan untuk perawatan kulit. Meskipun sampai saat ini masih jarang karena baru segelumit orang yang tahu, tapi kegunaan buah ini mendukung dalam perawatan seperti dalam bentuk masker yang mudah diaplikasikan. Tidak sedikit baik pria maupun wanita yang rela mengeluarkan biya banyak untuk mendapatkan kulit sehat. Tapi sebenarnya ada cara yang lebih ekonomis dengan memanfaatkan bahan alami seperti Passiflora quadrangularis L. ini.

Nama Lain Markisa

Markisa merupakan tumbuhan yang berasal dari luar negeri dengan daerah tropis dan subtropis yang kini sudah menyebar hingga ke Indonesia. Manfaatnya untuk kesehatan tubuh tidak dipungkiri lagi, salah satunya untuk mengatasi masalah pencernaan. Ada beberapa nama lain atau sinonim buah markisa dari setiap wilayah, di antaranya:

  • Portugis : maracuja
  • Spanyol : maracuya
  • Inggris : passion fruit
  • Amerika Selatan dan Afrika Selatan : granadilla
  • Israel : pasiflora
  • Hawai : lilikoi
  • Vietnam : lac tien, chanch day atau chanh leo

Klasifikasi Markisa

  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas: Dilleniidae
  • Ordo: Violales
  • Famili: Passifloraceae
  • Genus: Passiflora
  • Spesies: Passiflora edulis Sims
  • Batang : bulat dengan sulur pembelit, licin, hijau
  • Daun : tunggal, berseling, tangkai silindris panjang 10 – 15 cm, hijau
  • Bunga : tunggal, di ketiak daun merupakan bunga sempurna

Morfologi Tumbuhan  Passiflora edulis Sims

Buah yang memiliki rasa cukup asam ini sangat populer baik untuk minuman segar hingga pengobatan berbagai penyakit. Passiflora quadrangularis L. merupakan buah yang kaya akan vitamin B, memiliki bunga tunggal, bulat seperti mangkok, memiliki kelamin dua atau disebut hermafrodit dan menempel di ketiak daun, tangkainya bergerigi memiliki panjang sekitar 3 – 4 cm berwarna hijau. Mahkota buah ini berbentuk lonjong, permukaannya beralur dan berwarna ungu.

Benang sari bertangkai, bentung tabung memiliki panjang sekitar 6 cm dan berwarna ungu. Kepala sari berbentuk silindris panjang sekitar 6 cm berwarna putih, putiknya berwarna kuning cukup pendek dengan kelopak bunga berbentuk lonjong dan berwarna hijau. Semua jenis markisa termasuk dalam tanaman buah penyerbuk silang yang bisa dilakukan dengan lebah madu. Penyerbukan masih dapat berlangsung dengan baik dan untuk mendapatkan hasil buah yang maksimal biasanya penyerbukan dilakukan oleh manusia.

Buah markisa berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 20 cm, berdiameter kurang lebih 15 cm dan berat total 3 – 5 kg berwarna hijau keputih-putihan. Buah yang ranum pada umumnya berwarna kekuningan dan mempunyai aroma khas. Bijinya berbentuk bulan pipih dengan panjang 0,3 cm.

Kandungan Kimia dan Gizi Markisa

Selain buahnya yang memiliki rasa cukup asam segar dan segudang manfaatnya untuk kesehatan, ekstrak buah markisa banyak mengandung fitokimia untuk membunuh sel kanker. Manfaat yang dihasilkan tiada lain karena kandungan gizi dan nutrisi didalamnya yaitu:

  • Vitamin C
  • Karoten
  • Niasin
  • Asam sitrat
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Protein
  • Serat
  • Vitamin A
  • Zeta
  • Beta
  • Alpha karoten
  • B-cryptocanthin
  • Lucopen

Banyaknya kandungan nutrisi dan gizi mampu memberikan manfaat kesehatan baik untuk anak kecil maupun orang tua hingga ibu hamil. Mengonsumsi buah markisa secara rutin dan teratur bisa merasakan hasil yang maksimal untuk kebutuhan vitamin dan nutrisi sehari-hari. Bagi Anda yang memiliki masalah mulai dari pencernaan, mata, pernafasan, hingga penyakit berat seperti kanker bisa diatasi dengan buah ini.

Manfaat Markisa dan Cara Mengolahnya

1. Menyehatkan Fungsi Mata

Kesehatan mata selalu dikaitkan dengan vitamin A baik pencegahan degenerasi makula, katarak atau kebutaan. Selain itu vitamin A membantu mengatasi permasalahan kulit. Manfaat dan khasiat markisa yang di dalamnya mengandung vitamin A bisa membantu mengatasi berbagai masalah tersebut yang kaitannya dengan kebutuhan vitamin A.

Cara Mengolah Markisa:

  1. Biasanya markisa dikonsumsi dalam bentuk jus. Kali ini Anda bisa mengolahnya menjadi rujak
  2. Siapkan 1 buah markisa kuning yang sudah matang, 5 cabe, 1 butir gula merah ukuran kecil, 2 sdm dan ¼ terasi
  3. Cuci buah markisa, potong di bagian tengah kemudian tuangkan markisa ke dalam mangkuk kecil
  4. Uleg cabe, garam, terasi dan gula hingga halus
  5. Campurkan hasil ulegan ke mangkuk markisa kemudian aduk hingga rata.
  6. Siap disantap

2. Meningkakan Sirkulasi Darah

Semua orang menginginkan kondisi tubuh yang sehat. Jika peredaran darah dalam tubuh tidak lancar atau lemah maka penyakit rentan menyerang. Besi dan tembaga merupakan komponen penting dalam produksi sel darah merah sehingga memperbesar pembuluh darah. Manfaat markisa mampu merangksang aktivitas metabolisme dalam semua sistem organ dan meningkatkan produktivitas.

Cara Mengolah Markisa:

  1. Bisa dikombinasikan juga dengan bahan lain menjadi es jeruk kelapa markisa
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 1,5 kg jeruk peras manis, 5 buah markisa, 1 butir kepala muda dikeruk dagingnya, 4 sdm gula pasir atau sirup dan 100 ml air matang
  3. Peras jeruk, masukkan gula pasir dan aduk hingga larut.
  4. Tambahkan kelapa muda dan es batu, simpan dalam kulkas
  5. Siap disantap dalam keadaan dingin

3. Sumber Zat Besi

Zat besi dalam tubuh manusia erat ketersediaannya dengan jumlah darah yang dibutuhkan. Zat ini memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi dalam sel. Manfaat markisa sendiri menjadi salah satu sumber zat besi karena kandungan didalamnya.

Cara Mengolah Markisa:

  1. Di musim kemarau tentu merasakan cuaca panas. Untuk menyegarkan rasa panas bisa mengonsumsi buah markisa dengan mengolahnya menjadi Tropical Summer Juice
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 1 buah apel fuji, ¼ buah nanas matang, 1 buah markisa, 2 tangkai daun mint, 500 ml air matang, gula secukupnya
  3. Kupas dan potong-potong semua bahan
  4. Blender semua bahan, tambahkan air dan es batu sesuai selera
  5. Siap disajikan

4. Sumber Protein

Ada banyak orang yang lebih memilih dalam mengonsumsi buah markisa dalam bentuk jus. Namun alangkah baiknya langsung dimakan tanpa diolah untuk memberikan manfaat gizi tambahan. Secangkir buah ini mengandung lebih dari 5 gram protein. Kandungan buah yang tanpa biji akan mengurangi serat di bawah 1 gram.

Cara Mengolah Markisa:

  1. Buah markisa memang lebih nikmat disajikan dalam keadaan dingin seperti olahan yang satu ini iced green tea markisa
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 4 bungkus green tea, 1 liter air panas, 1 buah markisa yang telah dihaluskan bijinya, biji selasih, jelly siap pakai, nata de coco, es batu, daun mint sebagai pelengkap
  3. Celup teh green tea dalam 1 liter air selama 2 – 3 menit, sisihkan dan dinginkan
  4. Siapkan gelas, masukkan buah markisa tambahkan biji selasih, nata de coco dan jelly secukupnya
  5. Tuang teh green tea yang sudah dingin, beri daun mint. Tuangkan es batu kemudian masukkan ke lemari pendingin. Siap disajikan

5. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Penyakit sulit tidur dinamakan dengan insomnia. Tidak sedikit dari Anda yang mengalami penyakit ini. Gejala kelainan dalam tidur biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Penyakit ini disebabkan karena adanya permasalahan psikologis. Manfaat markisa sangat efektif untuk menenangkan saraf sehingga bisa membantu tidur lebih nyenyak. Segelas jus markisa sebelum tidur bisa membuat para penderita insomnia tidur lebih pulas.

Cara Mengolah Markisa:

  1. Olahan yang satu ini sangat mudah dibuat yaitu es lilin markisa
  2. Siapkan buah markisa, gula pasir, plastik es dan corong minyak
  3. Ambil daging buah markisa, campurkan dan aduk bersama air gula yang telah dilarutkan sebelumnya
  4. Tuang ke dalam plastik es menggunakan corong untuk lebih mudah
  5. Masukkan ke dalam freezer tunggu hingga mengeras
  6. Siap disantap

6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat markisa sangat diperlukan untuk Anda yang sedang melakukan program diet. Bagi orang yang memiliki badan gemuk buah ini cocok untuk tambahan menu dalam menurunkan berat badan. Jus buah ini mampu menurunkan berat badan karena rendah kalori, natrium serta lemak. Passiflora kaya akan karbohidrat serta gula alami sehingga mampu menurunkan kolesterol.

Cara Mengolah Markisa:

  1. Kali ini mencoba olahan markisa menjadi es markisa blewah leci
  2. Siapkan bahan-bahan 1 kg buah blewah, 1 bungkus nata de coco, 750 ml air matang, 2 sachet nutri sari rasa jeruk, 150 ml sirup markisa, 2 sdm selasih rendam dengan air, es batu, leci kalengan secukupnya
  3. Kupas blewah, buang bijinya kemudian potong kecil atau serut halus
  4. Campurkan dengan nutrisari bubuk aduk rata
  5. Tambahkan air, sirup, nata de coco aduk hingga rata.
  6. Tambahkan selasih, simpan di lemari pendingin hingga hendak disajikan.

7. Mencegah Infeksi

Kandungan vitamin C pada markisa memiliki antioksidan untuk membantu tubuh mencegah serta melawan penyakit. Adapun salah satu penyakit itu adalah infeksi yang merupakan suatu keadaan saat tubuh terserang bibit penyakit seperti kuman sehingga menimbulkan demam atau panas tubuh. Dengan mengonsumsi markisa akan mempercepat penyembuhan luka dengan melakukan perbaikan jaringan tubuh.

Cara Mengolah Markisa:

  1. Jika ingin menikmati buah markisa dalam bentuk lain seperti puding ini akan mengganti camilan sehari-hari
  2. Siapkan bahan-bahan pertama berupa ½ bungkus agar-agar plain, 350 ml air matang, 100 ml sirup markisa, 2 sdm gula pasir, 2 – 3 sdm biji selasih yang telah direndam air hangat
  3. Siapkan bahan kedua berupa ½ bungkus agar-agar plain, 350 ml susu UHT plain, 100 ml sirup markisa, 2 sdm gula pasir
  4. Campurkan semua bahan pertama kecuali selasih, masak hingga mendidih
  5. Angkat kemudian masukkan selasih, aduk rata. Tuang ke loyang biarkan sampai ½ loyang
  6. Campurkan bahan kedua, masak hingga mendidih, tuang di atas bahan pertama yang ada di loyang
  7. Dinginkan dan sajikan

8. Mengurangi Serangan Asma

Asma merupakan jenis penyakit pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan serta penyempitan saluran napas sehingga menimbulkan sesak. Dalam hal ini manfaat markisa sangat dibutuhkan untuk meredakan serangan asma karena mengandung vitamin C yang membantu dalam menutup histamin yang menyebabkan gejala asma.

Cara Mengolah Markisa:

  1. Olahan yang satu ini memberikan rasa segar di siang hari, asinan/rujak markisa
  2. Siapkan bahan-bahan 2 buah markisa ukuran besar, 1 sdt garam, cabai merah 2 – 3 buah sesuai selera, gula putih secukupnya
  3. Potong buah markisa, ambil isinya ke dalam wadah
  4. Masukkan garam dan cabai merah aduk hingga tercampur. Siap disantap

9. Sumber Serat untuk Tubuh

Serat sangat berperan penting dalam tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang biasanya mengundang penyakit kardiovaskular. Manfaat markisa dari kandungan serat yang tinggi sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan sehingga usus menjadi bersih dan terhindar dari sembelit. Selain itu, buah yang memiliki rasa segar ini bisa dijadikan sebagai obat pencahar ringan.

Cara Mengolah Markisa:

  1. Jika bosan dengan mengonsumsi markisa dalam bentuk minuman, olahan yang satu ini memberikan tampilan dan warna baru dalam bentuk bolu kukus
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 2 butir telur ayam, 85 gr gula pasir, 100 gr tepung terigu, ½ sdt vanili bubuk, buah markisa dalam bentuk sirup 30 ml, 45 ml air, 50 ml minyak sayur, pewarna makanan kuning
  3. Kocok telur, gula pasir hingga mengental
  4. Tambahkan tepung terigu dan vanili bubuk aduk rata dengan spatula
  5. Tuangkan sirup markisa, air dan minyak kemudian aduk balik hingga rata dan tidak ada endapan dibawah adonan
  6. Tambahkan beberapa tetes pewarna, aduk hingga rata
  7. Siapkan cetakan kue lumpang, oleskan minyak tipis. Tuang adonan sebanyak ¾ tinggi cetakan
  8. Kukus selama 10 menit dengan api kecil. Jika sudah, angkat dan keluarkan untuk didinginkan.
  9. Hiasi sesuai selera dan siap untuk dinikmati

10. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Kandungan yang dimiliki buah ini salah satunya adala antioksidan yang tinggi untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Manfaat markisa yang kaya akan vitamin C, beta karoten dan polifenol baik untuk melindungi tubuh agar terhindar dari penyakit jantung, kanker dan peradangan kronis.

Cara Mengolah Markisa:

  1. Olahan yang satu ini sangat mudah dengan mencampurkan bahan lain yaitu avocado with markisa juice
  2. Siapkan bahan-bahan berupa 2 buah alpukat, sirup markisa 50 ml, 2 gelas air mineral, es batu secukupnya
  3. Potong kotak kecil buah alpukat, beri air dan sirup markisa atau jus markisa sesuai selera
  4. Tambahkan es batu lalu sajikan

Khasiat dan Manfaat Markisa yang Lainnya :

11. Mengontrol tekanan darah

12. Antioksidan

13. Mengoptimalkan Sistem Imunitas

14. Pencegahan kanker

15. Mengatasi batuk

16. Anti alergi

17. Menenangkan anak hiperaktif

18. Melancarkan ASI

19. Menjaga kecantikan wajah

20. Memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan

21. Penurun panas

22. Mencegah hipertensi

23. Menstabilkan berat badan

24. Menjaga kesehatan mental dan otak

25. Mencegah cacat pada bayi

Efek Samping Markisa

Ada banyak khasiat markisa yang bisa dinikmati untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk kesehatan pencernaan Anda. Namun di balik banyaknya khasiat tersebut ternyata ada efek samping yang mengganggu dan salah satu faktornya karena tidak biasa mengonsumsi buah ini yang akhirnya malah mengganggu pencernaan.

Jika gejala-gejala lain terjadi sebenarnya ini merupakan alergi dan lama kelamaan akan menghilang yang penting cara mengonsumsinya harus sesuai aturan dan Anda bisa berkonsultasi terkebih dahulu dengan ahli kesehatan. Selain itu, properti sedative markisa bisa menyebabkan intervensi dengan obat. Jika sudah diatasi dengan obat karena masalah ini, Anda bisa konsultasi dengan dokter mengenai dosis apabila ingin mengonsumsi buah markisa.