Manfaat Masker Beras untuk Kecantikan, Jenis dan Cara Membuatnya

Manfaat Masker Beras atau Rice Mask bisa menunjang kecantikan kulit wajah. Seperti diketahui bersama, beras merupakan bahan makanan pokok bagi orang Indonesia, bahkan Asia. Beras bisa diolah lagi menjadi bahan mentah seperti tepung beras. Namun beras juga bisa diolah lagi menjadi makanan siap santap seperti nasi, lontong, dan ketupat. Jenis masker beras itu beragam, bisa terbuat dari beras putih ( IR64, pandan wangi, IR 42, rojolele, beras C4, batang lembang dan mentik wangi susu ), beras merah, beras hitam, dan beras ketan.

Beras adalah bagian dari bulir padi (gabah) yang telah dipisahkan dari sekam. Sekam secara anatomi disebut palea (bagian yang ditutupi) dan lemma (bagian yang menutupi). Tanaman beras, dalam arti padi pada umumnya tumbuh sebagai tanaman tahunan. Tanaman padi ini dapat tumbuh hingga 1 – 1,8 meter. Daunnya panjang dan ramping dengan panjang 50 – 100 cm serta lebar 2 – 2,5 cm. Beras yang dapat dimakan berukuran panjang 5 – 12 mm dan tebal 2 – 3 mm.

Khasiat masker beras dapat membantu Anda untuk memutihkan kulit secara alami dan cepat. Sejak dahulu, manfaat beras sudah dijadikan bahan untuk memutihkan wajah. Orang zaman dahulu membuat massker dari beras untuk digunakan sebagai perawatan kecantikan pada kulit. Di Jepang, beras dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan produk kecantikan masker wajah. Tak heran kita sering melihat orang Jepang memiliki kulit yang putih bersinar. Karena masyarakatnya gemar menggunakan masker beras.

Kandungan Gizi Masker Beras

Bagian terbesar beras didominasi oleh pati (sekitar 80 – 85 %). Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral dan air. Pati beras tersusun dari dua polimer karbohidrat. Amilosa yakni pati dengan struktur yang tidak bercabang, sedangkan amilopektin adalah pati dengan struktur bercabang dan bersifat lengket. Perbandingan komposisi kedua pati ini mempengaruhii warna (transparan atau tidak) dan tekstur nasi (lengket, lunak, keras atau pera). Kandungan karbohidrat yang ada pada beras menjadi energi utama bagi yang mengkonsumsinya. Namun, ternyata beras tak hanya bisa dikonsumsi untuk dimakan tetapi juga bisa dijadikan bahan utama masker wajah sebagai perawatan kecantikan.

Khasiat masker beras mengandung asam linoleat yang menduduki lapisan luar beras. Zat ini sangat ampuh untuk meremajakan kulit. Asam linoleat sendiri mengandung lipid dan ceramic yang membantu merawat kulit kering serta mengembalikan elastisitas kulit. Tak hanya mengandung asal linoleat, beras juga mengandung squalene yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mendorong tingkat kolagen pada kulit. Zat lain yang juga penting adalah vitamin E dan gamma oryzanol yang dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol.

Kandungan vitamin B yang ada pada masker beras sangat cocok untuk menjadikan beras sebagai bahan utama masker wajah. Anda bisa menambahkan bahan-bahan alami lainnya untuk menunjang hasil yang maksimal saat menggunakan masker beras. Madu, beras, susu, beras, tomat, baking soda, gula dan cuka apel. Khasiat yang ada pada masker beras ini mampu memperlambat penuaan dini, merangsang perbaikan sel, meningkatkan aliran darah ke kulit, memutihkan wajah serta menghaluskan kulit. Masker beras ini cocok digunakan pada semua jenis kulit.


Khasiat dan Manfaat Masker Beras

1. Memutihkan Kulit

Jika Anda ingin memiliki kulit yang tampak putih alami, menggunakan khasiat masker beras sebagai perawatan wajah sehari-hari merupakan solusi yang tepat. Kandungan yang ada pada beras mampu membersihkan kulit Anda dan membuatnya tampak lebih putih bersinar. Asalkan Anda rutin menggunakan masker beras dan sabar akan hasil maksimal yang akan datang pada wajah Anda.

2. Memperkecil Pori-Pori Wajah

Wajah tidak akan mulus jika Anda memiliki pori-pori yang besar pada wajah. Pori-pori yang besar membuat wajah mudah berminyak dan mengendap debu serta kotoran-kotoran yang lama-kelamaan akan menjadi jerawat. Wajah juga akan terlihat lebih kusam. Khasiat masker beras sangat cocok Anda gunakan untuk mengecilkan pori-pori pada wajah, sehingga wajah akan halus dan cerah serta bebas dari jerawat.

3. Menghaluskan Kulit Wajah

Percuma kulit tampak putih tapi tidak halus. Anda juga memerlukan kulit wajah Anda tampak lebih halus jika disentuh. Kulit halus tentunya juga bebas dari kerutan dan garis-garis halus pada wajah sebagai tanda penuaan dini. Sel-sel kulit mati bisa diangkat oleh masker beras karena kandungan vitamin yang ada dalam khasiat masker beras. Sudah pasti kulit Anda akan halus jika sel-sel kulit mati diangkat oleh beras.

4. Mengatasi Jerawat

Ternyata kulit yang berjerawat juga bisa disembuhkan oleh penggunaan masker beras. Jerawat lebih mudah muncul pada kulit yang berminyak. Jika Anda memiliki kulit yang berminyak maka Anda tentu sangat mengkhawatirkan kehadiran jerawat pada wajah Anda. Apalagi saat menjelang menstruasi, sedang dilanda stress, dan pola makan yang tidak sehat bisa menimbulkan jerawat pada wajah Anda. Pori-pori yang besar bisa membuat bakteri lebih mudah masuk dan mengendap menjadi jerawat. Jika jerawat dibiarkan, maka akan meninggalkan bekas.

Tapi jika Anda mengempeskan jerawat, justru semakin bahaya karena bisa membuat kulit Anda jadi berlubang. Dalam masalah ini, Anda tidak perlu takut, karena masker beras bisa mengatasi permasalahan jerawat pada kulit Anda. Manfaat dan khasiat masker beras kaya akan kandungan alantonin yang bersifat anti inflamasi sehingga sangat baik untuk mengatasi masalah jerawat dan bekas jerawat.

5. Mengencangkan Kulit

Produksi kolagen dalam tubuh akan menurun seiring dengan bertambahnya usia yang menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya dan menjadi kendur. Beras bisa digunakan sebagai masker untuk mengencangkan kulit. Area pipi yang biasanya tampak mengendor dan kulit keriput di area mata bisa diangkat oleh masker putih telur. Kulit yang kencang dan kenyal merupakan impian banyak orang. Anda tidak ingin terlihat lebih tua kan? Gunakan manfaat dan khasiat masker beras untuk mengencangkan kulit wajah Anda.

6. Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam di wajah sering muncul karena bekas jerawat yang tidak hilang dan sering terkena sinar matahari. Jika wajah Anda sudah muncul flek hitam, perawatan wajah menggunakan khasiat masker beras sangat baik untuk menyamarkan noda hitam yang ada pada wajah Anda. Area wajah yang sering mengalami flek hitam adalah hidung dan pipi. Maka hidung dan pipi akan akan mulus, bersih dan bebas dari noda hitam.

7. Mencegah Penuaan Dini

Ternyata kandungan asam ferulic yang ada pada khasiat masker beras tidak hanya berkhasiat untuk mencerahkan kulit lho. Asam ferulic pada beras juga dipercaya berkhasiat untuk menangkal radikal bebas. Sehingga garis-garis halus atau kerutan di wajah bisa berkurang bahkan hilang. Jika Anda menggunakan masker beras secara rutin, kerutan di wajah Anda akan hilang secara perlahan.

8. Regenerasi Kulit

Peremajaan kulit secara alami terjadi untuk menggantikan sel kulit yang mati. Tapi ada kalanya peremajaan kulit tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga membuat wajah menjadi lebih kusam. Namun, untuk membuat kulit wajah kembali pulih, scrub pada wajah dengan menggunakan manfaat dan khasiat masker beras dapat menjadi solusi yang tepat. Beras membantu regenerasi kulit yang teratur, sehingga membuat wajah akan tampak lebih cerah dan bebas dari jerwat serta noda yang membuat kulit menjadi kusam.

9. Mengurangi Minyak Berlebih Pada Wajah

Jika Anda memiliki pori-pori kulit yang besar, maka wajah akan lebih mudah berminyak. Sehingga bisa menimbulkan masalah lain pada kulit. Yakni masalah kulit berjerawat. Minyak berlebih pada wajah dapat membuat kulit Anda menjadi mudah jerawatan karena endapan minyak dan kotoran yang dibawa angin atau debu. Maka, untuk menormalkan kulit Anda, masker beras menjadi salah satu alternatif yang dapat Anda lakukan. Khasiat masker beras dapat membantu menghilangkan minyak berlebih pada wajah, sehingga wajah akan tampak lebih cerah, bersih dan berbas dari jerawat.

Jenis Masker Beras, Cara Membuat dan Menggunakannya

1. Masker Beras Murni

Debu, polusi dan kotoran pada wajah akan membuat kulit terlihat kusam. Cara alami yang dapat Anda lakukan adalah dengan merawat kulit wajah menggunakan khasiat masker beras. Zat tepung pada beras mampu membuat kulit menjadi lebih cerah dan putih. Sehingga masker beras bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah. Namun, jenis masker beras yang bisa Anda buat salah satunya adalah masker beras alami yang tanpa dicampur bahan-bahan lainnya. Berikut cara penggunaannya :

  • Rendam beras dalam wadah yang berisi air
  • Rendam selama kurang lebih 15 menit
  • Angkat beras dari wadah tersebut lalu haluskan
  • Sesudah halus, tambahkan sedikit air lalu aduk masker hingga membentuk pasta
  • Oles secara merata pada wajah Anda hingga ke leher
  • Tunggu sampai masker menjadi kering sekitar 15 menit
  • Bilas dengan bersih menggunakan air hangat
  • Lakukan secara rutin sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

2. Masker Beras dan Madu

Manfaat dan khasiat masker beras dan madu merupakan campuran yang tepat untuk membuat sel-sel kulit mati Anda terangkat. Bahkan campuran masker beras dan madu ini dapat membantu meregenerasi kulit Anda yang sudah rusak. Kulit yang rusak akibat dari flek dan noda hitam akan diganti dengan sel-sel kulit yang baru jika Anda rutin menggunakan masker beras dan madu ini secara rutin. Pemakaian rutin bisa membuat hasil yang maksimal sehingga membuat kulit menjadi halus dan bebas dari noda membandel. Berikut cara penggunaannya :

  • Buat masker beras berupa tepung beras. Cara membuat tepung beras sangat mudah cukup dengan mengambil beras secukupnya lalu haluskan menggunakan blender dan beri sedikit air. Endapkan beras dalam wadah selama 1 jam kemudian buang air yang ada pada wadah tersebut. Ambil bagian yang mengendap di bawahnya berupa tepung beras.
  • Setelah tepung beras sudah sedia, tambahkan 3 sendok makan madu murni
  • Campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga merata
  • Sebelum mengoleskan ke wajah, baiknya Anda membersihkan dahulu wajah Anda menggunakan air dingin
  • Oleskan masker pada wajah hingga ke leher
  • Diamkan 15 menit sampai masker mengering
  • Bilas dengan air hangat sampai bersih
  • Lakukan 2 kali selama seminggu untuk hasil yang maksimal

3. Masker Beras dan Susu

Paduan khasiat masker beras dan susu merupakan paduan yang cocok untuk membuat kulit wajah Anda bebas dari noda hingga menghasilkan kulit yang cerah bersinar. Masker beras dan susu juga bisa membuat kulit Anda menjadi lebih putih secara alami. Karena kulit yang terpapar sinar matahari terus menerus diatas jam 10 akan terlihat lebih kusam dan gelap. Maka gunakan masker beras dan susu untuk perawatan kulit wajah Anda sehari-hari. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan 100 gram susu bubuk murni tanpa gula tambahan
  • Siapkan 100 gram beras
  • Campur kedua bahan tersebut lalu haluskan menggunakan blender, tambahkan air secukupnya
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bilas wajah Anda dengan air bersih
  • Anda dapat menggunakan masker ini untuk seluruh tubuh, tidak hanya untuk wajah
  • Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

4. Masker Beras dan Tomat

Campuran beras dan tomat dapat dijadikan masker untuk perawatan wajah Anda sehari-hari. Manfaat dan khasiat masker beras dan tomat dapat mengatasi permasalahan jerawat pada kulit wajah Anda. Serta memberikan efek segar pada kulit. Sehingga kulit Anda akan tampak bersih dan cerah bila rutin menggunakan masker ini dalam keseharian Anda. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan 1 buah tomat segar dan haluskan menggunakan blender
  • Buat tepung beras dengan cara mengendapkan air cucian beras, ambil bagian bawah yang mengendap
  • Campurkan tepung beras dengan tomat kemudian aduk hingga rata
  • Oleskan masker tersebut pada wajah Anda
  • Diamkan selama 15 mennit sampai masker mengering
  • Bilas wajah dengan air dingin
  • Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

5. Masker Beras dan Putih Telur

Campuran beras dan putih telur merupakan campuran yang sangat cocok untuk dijadikan masker dalam perawatan kulit wajah sehari-hari. Putih telur dipercaya dapat mengembalikan kekencangan kulit wajah. Khasiat masker beras yang dipadukan dengan putih telur juga dapat membuat kulit wajah Anda menjadi lebih lembab dan kenyal. Sehingga  paduan masker ini sangat cocok untuk Anda gunakan. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan 1 buah telur, pisahkan kuning telur dan putih telurnya. Gunakan hanya bagian putih telurnya saja
  • Haluskan 100 gram beras
  • Campurkan putih telur dan beras
  • Aduk secara merata kedua bahan tersebut
  • Oleskan masker beras dan putih telur pada wajah Anda hingga ke leher
  • Diamkan masker di wajah Anda selama 15 menit hingga mengering
  • Bilas wajah dengan air bersih
  • Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal


6. Masker Beras dan Gula

Paduan beras dan gula merupakan paduan yang cocok untuk membuat scrub yang bisa Anda gunakan sehari-hari. Gula dianggap sebagai scrub alami yang ampuh melawan jerawat. Selain membersihkan wajah, manfaat masker beras ini juga dapat membantu untuk melembabkan kulit dan mengelupaskan sel-sel kulit mati pada wajah. Berikut cara menggunaannya :

  • Siapkan 100 gram beras dan haluskan menggunakan blender
  • Siapkan 1 sendok makan gula pasir
  • campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga merata
  • Setelah tercampur, oleskan pada wajah Anda hingga ke leher
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

Penggunaan khasiat dan manfaat masker beras sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah Anda sehari-hari sangat tepat dilakukan secara rutin. Beras dan campuran bahan lainnya bisa membuat Anda mencapai kulit yang bersih, halus, cerah dan bebas dari jerawat maupun noda hitam. Jika Anda sabar dan mau menggunakan secara rutin, maka hasil yang sempurna bisa Anda dapatkan di kemudian hari. Daripada Anda pergi ke klinik kecantikan dan membiarkan wajah terkena bahan kimia. Selain biaya yang lebih mahal, bahan kimia tersebut juga bisa membahayakan kulit Anda.