Manfaat Masker Madu untuk Kecantikan, Jenis dan Cara Membuatnya

Manfaat Masker Madu atau Honey Mask sudah ada sejak ribuan tahun lamanya yang digunakan untuk kebutuhan hidup manusia sehari-hari. Khasiat masker madu sudah dipakai untuk kosmetik sejak ribuan tahun lalu lamanya, di era peradaban-peradaban kuno dan besar dunia. Makanan kesukaan Winnie The Pooh ini dikenal memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Madu berasal dari cairan bunga-bunga yang mengandung nektar yang seringkali diburu oleh serangga-serangga, seperti lebah dan kupu-kupu.

Rasa manis pada madu merupakan manis alami yang dihasilkan dari monosakarida fruktosa dan glukosa. Madu mengandung humektan, yakni zat yang bisa menjaga kelembapan kulit. Madu juga mengandung karbohidrat dan kaya akan vitamin yang bisa menjaga kesehatan. Mikroorganisme juga jarang yang bisa hidup pada madu karena cairan ini tidak mengandung banyak air. Rasa manis alami pada madu, membuat madu bisa dikonsumsi langsung oleh manusia. Bagi orang yang menderita diabetes, madu sangat cocok digunakan sebagai pengganti gula. Di samping khasiatnya untuk tubuh, ternyata madu juga sangat berkhasiat untuk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

Madu bisa dijadikan masker pada wajah untuk perawatan kecantikan secara alami. Khasiat masker madu tentunya dapat sebagai pelindung pada wajah dari segala kerusakan yang diakibatkan faktor eksternal maupun internal tubuh Anda. Penggunaan masker madu pada wajah sangat dianjurkan untuk Anda yang ingin merawat kulit wajah Anda agar terlihat halus, bersih, cerah dan bebas dari jerawat.

Pemakaian yang rutin akan menghasilkan hasil yang maksimal. Yang terpenting Anda sabar melakukan perawatan menggunakan masker madu. Karena perawatan secara alami tidak secepat perawatan yang menggunakan bahan kimia. Namun, perawatan yang alami lebih baik daripada perawatan yang menggunakan bahan kimia. Perawatan menggunakan masker madu tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk kulit Anda.

Fakta Sosial dan Sejarah Masker Madu

Orang-orang di zaman peradaban kuno telah lama menggunakan madu sebagai bahan untuk perawatan kulit wajah. Pada zaman itu belum ada racikan-racikan kimia untuk perawatan kulit, sehingga bahan-bahan alami dijadikan bahan untuk perawatan hingga pengobatan. Ratu-ratu di peradaban Mesir kuno, Cina, hingga Eropa telah menggunakan madu sebagai bahan untuk merawat kulit wajah.

1. Sejarah Penggunaan Madu di Mesir

Anda tahu Cleopatra? Ratu Mesir yang terkenal sangat cantik parasnya. Cleopatra juga ternyata menggunakan madu untuk merawat kulit wajahnya. Masker madu ia gunakan untuk membuat wajahnya cerah, halus dan bersinar. Tak hanya pada wajah, Cleopatra juga menggunakan madu sebagai sabun mandinya. Sehingga kulitnya tetap lembut dan halus ketika disentuh. Metode perawatan kulit ala Cleopatra ini dipakai oleh perempuan terkenal di seluruh dunia.

Tak hanya Cleopatra, Nefertiti istri Firaun Mesir Akhenaten juga secara rutin menggunakan madu untuk perawatan sehari-hari. Ia menggunakan madu untuk merawat kulit wajahnya. Tak hanya untuk wajah, Ia juga menggunakan madu sebagai sabun mandinya. Mirip seperti apa yang dilakukan oleh Cleopatra.

2. Sejarah Penggunaan Madu di Perancis

Di Eropa, Madame Du Barry, istri Raja Louis XV dari Perancis juga menggunakan madu untuk merawat kesehatan kulitnya. Ia menggunakan masker madu pada wajah agar wajahnya selalu halus, lembut dan bersinar. Ratu Anne dari kerajaan Inggris juga menggunakan masker madu untuk menjaga kulit wajahnya tetap halus. Tak hanya untuk wajah, Ratu Anne juga memakai madu untuk merawat rambut. Ia memakai madu untuk menjaga rambutnya tetap tebal dan berkilau.

3. Sejarah Penggunaan Madu di Cina

Pada zaman peradaban kuno di Cina, tepatnya era Dinasti Ming, para perempuan di kekaisaran juga memanfaatkan madu untuk menjaga kulit wajahnya tetap lembut, halus dan bersinar. Mereka menggunakan madu sebagai masker untuk wajah. Tak hanya untuk wajah, madu juga digunakan perempuan di era Dinasti Ming untuk menjaga kesehatan rambut. Mereka ingin rambut tetap tebal dan berkilau. Bahkan, mereka juga menggunakan madu sebagai sabun mandi. Namun, perempuan di Dinasti Ming juga mencampurkan biji jeruk pada madu agar kulit mereka terbebas dari noda dan tetap segar.

Jenis Madu untuk Membuat Masker Madu

Meskipun semua madu yang ada tampak sama, tetapi tidak semua madu bisa dijadikan masker untuk menjaga kulit wajah. Madu asli atau madu murni jauh lebih baik dan kaya akan khasiat. Karena pada madu murni, kandungan zat di dalamnya masih terjaga baik. Madu murni belum tercampur oleh bahan-bahan lain seperti pemanis, gula, dan bahan-bahan kimia lainnya.

Jika Anda ingin menggunakan madu untuk masker wajah, Anda harus menggunakan madu yang berkualitas tinggi, agar tidak menimbulkan efek samping pada wajah. Berikut adalah jenis madu yang bisa Anda jadikan masker yang digunakan secara rutin:

1. Madu Hutan

Jenis madu hutan ini didapatkan di sarang lebah yang berada di tengah hutan. Madu jenis ini sangat berkhasiat tinggi karena masih alami dan belum tercampur bahan-bahan lain. Pada zaman dulu, sudah banyak orang menggunakan madu ini. Jauh sebelum orang mengenal budidaya madu. Madu jenis ini sangat cocok Anda gunakan untuk masker wajah.

2. Madu Putih Sumbawa

Untuk jenis madu ini berasal dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Madu Sumbawa berwarna putih dan banyak mengandung bee pollen dan royal jelly. Bee pollen merupakan serbuk sari bunga yang menjadi sumber makanan lebah. Dalam bee pollen sangat mengandung banyak nutrisi. Sedangkan, royal jelly merupakan susu lebah. Royal jelly banyak mengandung lemak, protein, dan vitamin lain, sehingga berperan dalam menghambat penuaan dini.

3. Madu Hitam

Kemudian madu hitam berbeda dari madu yang lainnya. Selain warnanya yang hitam, rasa pada madu ini cenderung pahit. Tapi secara khasiat tetap sama dengan madu yang lain. Banyak mengandung protein dan vitamin yang berkhasiat untuk kesehatan kulit.


Khasiat dan Manfaat Masker Madu

1. Masker Madu Membantu Melembabkan Kulit

Madu ternyata dapat membantu Anda untuk melembapkan kulit. Madu yang bersifat humektan membantu kelembapan kulit terkunci saat Anda mengoleskan madu pada wajah Anda. Masker madu ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Apalagi bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, maka madu sangat cocok Anda gunakan sebagai masker. Karena khasiatnya yang ampuh untuk melembapkan kulit.

2. Solusi Mengatasi Masalah Penuaan Dini

Madu dapat membantu Anda untuk menghilangkan garis-garis halus pada wajah atau kerutan pada wajah. Garis-garis halus merupakan tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah Anda. Kandungan protein dalam madu, mampu menghambat penuaan dini pada kulit wajah Anda. Ditambah lagi madu bersifat antioksidan yang ampuh untuk menjaga kulit dari penuaan dini.

3. Solusi Kulit Berjerawat

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat, jangan khawatir. Madu sangat berkhasiat untuk membantu Anda membasmi jerawat yang ada pada kulit wajah. Madu merupakan antiseptik alami. Saat Anda mengoleskan madu pada jerawat, madu menyerap kotoran yang terdapat dalam pori-pori kulit. Madu berperan sebagai pembersih wajah dari kotoran yang terdapat dalam pori-pori wajah. Maadu ampuh melawan bakteri yang ada pada kulit wajah Anda.

4. Solusi Menyamarkan Bekas Luka Jerawat

Madu sudah terkenal sebagai obat yang dapat melindungi luka agar terhindar dari infeksi. Jika Anda mengoleskan madu pada kulit wajah Anda, maka kulit wajah akan beregenerasi sehingga membentuk lapisan kulit yang baru. Maka bekas jerawat pun akan hilang atau memudar jika Anda memakai masker madu ini secara rutin.

5. Madu Membantu Menghaluskan Kulit

Madu sangat membantu Anda untuk mewujudkan keinginan memiliki kulit yang halus dan lembut. Kulit yang halus berarti tidak berjerawat dan tidak berkomedo. Dengan rutin memakai masker madu, membantu kulit Anda mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga kulit Anda menjadi bersih dan halus.

6. Menjaga Kekenyalan Kulit

Jika Anda rutin menggunakan masker madu, maka Anda akan memiliki kulit wajah yang kenyal. Kulit yang kenyal berarti kulit Anda terlihat kencang dan tidak kendur. Karena kandungan protein yang ada pada Madu, membantu mengencangkan kulit dan menghilangkan garis-garis halus sebagai tanda penuaan dini pada kulit wajah Anda.

7. Membantu Regenerasi Kulit

Kandungan magnesium, potasium dan kalsium dalam madu sangat berperan untuk membantu regenerasi kulit. Jika kulit sudah diregenerasi, maka secara otomatis sel-sel kulit mati diangkat. Kulit wajah Anda pun akan tampak lebih bersih, halus, lembut, bebas dari jerawat, kenyal dan terlihat kencang.

8. Solusi Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Anda tentu tidak suka dan tidak percaya diri ketika Anda memiliki bibir kering dan pecah-pecah. Terutama bila Anda harus tampil di depan umum atau berbicara di depan umum. Selain tidak bagus jika difoto, bibir kering dan pecah-pecah juga tidak enak jika dilihat oleh lawan bicara Anda. Dengan menggunakan madu, Anda bisa membuat bibir lebih lembap. Sehingga bibir tidak mudah pecah-pecah.

9. Solusi Mengatasi Rambut Berketombe

Ketombe merupakan musuh utama pada masalah rambut, selain kutu. Jika Anda ketahuan berketombe, apalagi ketombe Anda sampai jatuh dan terlihat di baju. Sudah otomatis, Anda akan kehilangan rasa percaya diri dan malu untuk tampil di depan umum. Madu memiliki antibakteri dan antiseptik sehingga jika digunakan di kulit kepala akan menjaga kulit kepala tetap bersih dan bebas dari bakteri. Rambut pun akan bersih dan bebas dari ketombe.

10. Solusi Mengatasi Rambut Rontok

Anda biasanya akan benci jika menyisir rambut tapi banyak rambut Anda yang berjatuhan ke lantai. Hal itu merupakan tanda bahwa Anda memiliki masalah rambut rontok. Kandungan antioksidan pada madu sangat cocok untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah rambut dari kerontokan. Jika masalah kerontokan dibiarkan, lama-lama akan menyebabkan terjadinya kebotakan. Jadi, segera gunakan madu untuk membantu Anda bebas dari masalah kerontokan rambut.

11. Solusi Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut bercabang juga menjadi permasalahan utama pada rambut. Walaupun biasanya masalah ini dialami oleh orang-orang yang memiliki rambut panjang. Rambut bercabang tentu dapat merusak keindahan rambut Anda. Masalah ini juga perlu dihadapi dengan benar. Madu dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah rambut bercabang. Kandungan beragam vitamin yang ada pada madu, mampu menutrisi rambut agar lebih kuat, tidak mudah patah dan tidak bercabang.

12. Masker Madu Membantu Menyuburkan Rambut

Madu mengandung antioksidan yang dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut jika madu digunakan di kulit kepala. Madu juga mengandung emolien yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan folikel rambut. Kandungan inilah yang dapat menyebabkan rambut lebih cepat panjang dan lebat.

Jenis Masker Madu, Cara Membuat dan Cara Menggunakan

1. Masker Madu dan Putih Telur

Masker madu yang dicampur dengan putih telur bisa menjadi solusi bagi Anda yang mengalami masalah kulit kering. Khasiat madu yang dicampur putih telur kaya protein membuat kulit menjadi lebih lembap. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan satu sendok makan madu dan satu putih telur
  • Campurkan kedua bahan tersebut hingga rata
  • Oleskan pada kulit wajah Anda, diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan secara rutin dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

2. Masker Madu dan Garam

Masker madu yang dicampurkan dengan garam memang sangat ampuh untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Khasiat pada kedua bahan tersebut ampuh untuk menghilangkan jerawat pada kulit Anda. Berikut cara penggunaannya:

  • Larutkan satu sendok teh garam dengan tiga gelas air hangat
  • Campurkan garam dan air hingga rata
  • Masukan tiga sendok teh madu pada larutan air garam
  • Oleskan secara merata
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Lakukan secara rutin dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

3. Masker Madu dan Kayu Manis

Selain campuran madu dan garam, masalah kulit berjerawat juga bisa diatasi oleh masker madu dan kayu manis. Khasiat pada kedua bahan tersebut ampuh mengangkat jerawat pada kulit Anda. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan satu sendok makan madu, satu sendok teh bubuk kayu manis
  • Campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga rata
  • Oleskan pada kulit secara merata dan diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Lakukan secara rutin satu kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

4. Masker Madu dan Beras

Kombinasi antara madu dan beras ternyata ampuh untuk membuat kulit tampak lebih putih. Namun, memang caranya sedikit agak rumit karena beras harus dijadikan tepung beras terlebih dahulu. Berikut cara penggunaannya :

  • Rendam beras selama satu hari, lalu ditumbuk sampai halus dan dijemur hingga kering
  • Siapkan tepung beras yang sudah jadi, ambil dua sendok tepung beras dan dua sendok madu
  • Campur kedua bahan tersebut hingga rata
  • Oleskan pada bagian wajah dan leher, hindari area bibir dan mata
  • Agar tidak terlalu lengket bisa tambahkan minyak zaitun
  • Diamkan selama 10 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Lakukan secara rutin dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal


5. Masker Madu dan Perasan Air Jeruk Lemon

Kombinasi madu dan perasan air jeruk lemon, ternyata berkhasiat untuk mengatasi masalah noda hitam yang terdapat pada wajah. Dengan menggunakan masker tersebut, dapat menyamarkan noda hitam yang terdapat pada area wajah. Berikut cara penggunaannya:

  • Peras jeruk lemon dan ambil air perasannya
  • Siapkan dua sendok makan madu dan dua sendok makan air perasan jeruk lemon
  • Campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga rata
  • Oleskan pada wajah dan hindari area mata dan bibir
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan menggunakan air hangat
  • Lakukan secara rutin dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

Jika Anda sudah mengenal bagaimana fakta sejarah madu digunakan untuk menjaga kesehatan kulit, masihkah Anda ragu untuk menggunakan masker madu demi menjaga kulit wajah Anda? Perempuan terkenal di zaman peradaban kuno telah lama menggunakan masker madu dalam perawatan wajah, rambut dan tubuh. Khasiat yang ada pada madu ini sudah terbukti sejak lama untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Ternyata banyak sekali kegunaan madu yang tidak diketahui. Madu tidak hanya bermanfaat jika diminum, tetapi juga bermanfaat jika dijadikan masker. Khasiat pada madu mampu menjaga dan merawat kesehatan kulit wajah, rambut dan bibir. Jika Anda memakai secara rutin dan sabar, maka hasil yang maksimal akan hadir di depan Anda. Lebih baik perawatan menggunakan bahan-bahan alami karena terbebas dari efek samping yang berbahaya. Meski terlihat sederhana, namun hasilnya jauh lebih memuaskan jika Anda secara rutin rajin menggunakan masker madu. Karena madu kaya akan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kesehatan kulit dan rambut.