Manfaat  Masker Putih Telur untuk Kecantikan, Jenis dan Cara Membuatnya

Manfaat Masker Putih Telur banyak digunakan wanita untuk mengencangkan kulit wajah mereka. Memang kandungan protein yang melimpah dalam telur bisa menjadi faktor peremajaan kulit yang signifikan. Apalagi masker ini ketika dipakai akan memberikan sensasi lengket yang kencang, tentunya efektif buat hilangkan kerutan. Bisa dibilang, masker telur ini tidak sekadar kosmetik belaka, tapi juga obat dan nutrisi kulit.

Manfaat telur menjadi sumber makanan pokok sehari-hari manusia, mulai dari usia balita hingga lansia mereka memakannya. Berbagai jenis telur juga bisa diolah menjadi masakan yang sangat enak. Olahan telur yang paling digemari ialah telur dadar, telur ceplok, telur balado dan telur semur. Tak hanya diolah seperti itu, telur juga sering menjadi bahan campuran pada masakan lain seperti pada nasi goreng, mie goreng, capcay, ayam goreng, dan sebagainya.

Meskipun enak untuk dimakan, kadang orang-orang suka kesal dengan melonjaknya harga telur yang lebih mahal daripada ayam. Tapi tahukah Anda bahwa telur ternyata bisa digunakan selain untuk dimakan? Ya, telur sangat berkhasiat untuk kecantikan karena bisa dibuat masker telur. Khasiat masker putih telur ini untuk menghaluskan kulit, melembabkan kulit, menghilangkan komedo dan menghilangkan jerawat.

Fakta Sosial dan Sejarah Masker Telur

Khasiat masker putih telur ternyata sudah tidak diragukan lagi sejak zaman peradaban kuno. Resep zaman dulu ini masih bertahan sampai saat ini karena khasiatnya yang benar-benar bisa membuat wajah halus, lembut, lembab dan segar. Tahukah Anda bahwa masker putih telur sudah digunakan sejak peradaban monarki di berbagai belahan dunia, digunakan oleh para ratu dan permaisuri kerajaan?

Zaman peradaban kuno belum memiliki teknologi canggih untuk membuat masker-masker instan seperti yang ada di zaman sekarang. Tapi, ratu dan permaisuri pada zaman itu menggunakan bahan-bahan alami untuk kosmetik dan perawatan kecantikan serta perawatan tubuh mereka. Salah satu yang mereka gunakan adalah putih telur untuk menjaga kecantikan dan kehalusan kulit wajah.

Di era peradaban kuno di Mesir, Cina dan Semenanjung Arab telah lebih dulu menggunakan khasiat masker putih telur untuk menjaga kecantikan para ratu dan permaisurinya. Pada zaman itu, perempuan lebih dituntut untuk cantik demi menyenangkan hati raja. Namun, lama-kelamaan penggunaan masker ini berkembang. Tadinya hanya digunakan oleh perempuan dari kalangan kelas atas seperti ratu atau permaisuri, lama-kelamaan masker telur ini digunakan oleh perempuan dari kalangan bawah atau budak-budak perempuan. Mereka juga dituntut tampil cantik untuk menyenangkan tuan-tuan budaknya, terutama para lelaki bangsawan dan kalangan raja.

Kandungan Masker Putih Telur

Khasiat masker putih telur banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, putih telur juga memberikan manfaat untuk kesehatan kulit Anda. Kandungan zat dalam putih telur ini mampu menghaluskan kulit wajah, melembabkan, menghilangkan jerawat dan komedo serta membuat kulit tampak lebih cerah.

Manfaat masker putih telur banyak mengandung protein dan albumin yang memiliki komponen untuk menyehatkan kulit dan membuat kulit bebas dari keriput. Kandungan protein di dalam putih telur ternyata lebih banyak daripada kuning telurnya. Oleh sebab itu, putih telur lebih berkhasiat dijadikan masker.

Kandungan kolagen dan riboflavin juga terdapat dalam putih telur. Di mana kedua zat ini berkhasiat untuk menyamarkan garis halus dan kerutan. Kandungan ini cocok bagi Anda yang ingin mengatasi masalah penuaan dini pada wajah. Putih telur juga mengandung asam amino dan enzim lisosom yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit.

Tak hanya itu, putih telur juga mengandung zat magnesium yang berkhasiat untuk mengurangi kadar minyak dan memperlambat proses penuaan kulit. Zat-zat alami dalam putih telur sangat berkhasiat untuk merawat kulit Anda. Maka jangan ragu lagi mengambil manfaat masker putih telur. Berikut adalah rangkuman zat-zat penting yang ada dalam masker alami ini:

• Protein • Albumin • Collagen • Riboflavin • Vitamin A • Asam Amino • Enzim Lisosom

Khasiat dan Manfaat Masker Kopi

1. Mencerahkan, Memutihkan dan Menyegarkan Kulit Wajah

Khasiat masker putih telur memang terkenal dengan khasiatnya untuk mencerahkan, memutihkan dan menyegarkan kulit wajah. Wajah Anda akan tampak berkilau dan lebih cerah setelah menggunakan masker putih telur. Protein dalam kuning telur mampu meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah. Wajah putih alami tanpa pemutih dan tanpa make up bisa Anda dapatkan jika rutin menggunakan masker putih telur.

2. Menghaluskan Kulit Wajah

Percuma kulit tampak putih tapi tidak halus. Anda juga memerlukan kulit wajah Anda tampak lebih halus jika disentuh. Kulit halus tentunya juga bebas dari kerutan dan garis-garis halus pada wajah sebagai tanda penuaan dini. Sel-sel kulit mati bisa diangkat oleh khasiat masker putih telur karena kandungan kolagen dan riboflavin yang ada dalam putih telur. Sudah pasti kulit Anda akan halus jika sel-sel kulit mati diangkat oleh putih telur.

3. Solusi Kulit Berjerawat

Ternyata kulit yang berjerawat juga bisa disembuhkan oleh penggunaan masker putih telur. Jerawat lebih mudah muncul pada kulit yang berminyak. Jika Anda memiliki kulit yang berminyak maka Anda tentu sangat mengkhawatirkan kehadiran jerawat pada wajah Anda. Apalagi saat menjelang menstruasi, sedang dilanda stress, dan pola makan yang tidak sehat bisa menimbulkan jerawat pada wajah Anda. Pori-pori yang besar bisa membuat bakteri lebih mudah masuk dan mengendap menjadi jerawat. Jika jerawat dibiarkan, maka akan meninggalkan bekas. Tapi jika Anda mengempeskan jerawat, justru semakin bahaya karena bisa membuat kulit Anda jadi berlubang.

Dalam masalah ini, Anda tidak perlu takut, karena khasiat masker putih telur bisa mengatasi permasalahan jerawat pada kulit Anda. Putih telur kaya akan kandungan enzim lisosom dan asam amino yang bisa membuat pori-pori menjadi mengecil. Sehingga mengurangi endapan minyak yang dihasilkan dan membersihkan bakteri serta kotoran pada kulit.

4. Solusi Menghilangkan Komedo

Kulit yang berminyak tidak hanya rentan dengan masalah jerawat. Tapi juga rentan terhadap masalah komedo. Komedo muncul biasanya di bagian hidung dan bagian dagu atau bawah bibir. Gangguan ini bisa muncul karena pori-pori yang membesar di area hidung atau dagu sehingga membuat kotoran mudah masuk dan menimbun. Komedo akan membentuk noda-noda hitam di hidung. Jika tidak segera dibersihkan, maka akan menumpuk, mengeras di hidung serta membuat hidung bergelombang dan permukaan kulitnya menjadi kasar. Apabila Anda menggunakan khasiat masker putih telur, maka pori-pori pada hidung atau dagu akan mengecil sehingga kotoran tidak mudah masuk dan mengendap.

5. Solusi Kulit Berminyak

Meskipun memiliki kulit yang tidak kering merupakan impian Anda. Tapi memiliki kulit dengan minyak berlebih juga tidak bagus lho. Wajah akan tampak lebih kusam serta akan menimbulkan masalah jerawat dan komedo. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, perlu perawatan yang lebih ekstra agar minyak pada wajah bisa berkurang. Kadar magnesium dalam putih telur mampu mengurangi minyak berlebih dan memperlambat penuaan pada kulit. Jika kulit Anda bebas dari minyak berlebih, kulit Anda juga akan bebas dari jerawat serta komedo.

6. Menghilangkan Kantung Mata Panda

Jika digunakan rutin, khasiat masker putih telur bisa membuat kantung hitam di area bawah mata memudar. Kantung mata tentunya hadir karena Anda kurang tidur dan kurang beristirahat, sehingga mata terus beraktifitas dan kelelahan. Biar bagaimana pun, kantong mata panda sangat menganggu kepercayaan diri karena bikin lingkaran mata gelap seperti orang sakit saja.

7. Mengencangkan Kulit

Selain menghaluskan, khasiat masker putih telur juga bisa untuk mengencangkan kulit lho. Area pipi yang biasanya tampak mengendor dan kulit keriput di area mata bisa diangkat oleh masker putih telur. Kulit yang kencang dan kenyal merupakan impian banyak orang. Anda tidak ingin terlihat lebih tua kan? Gunakan masker ini untuk mengencangkan kulit wajah Anda.

8. Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Putih telur ternyata ampuh untuk meredakan inflamasi atau peradangan akibat kulit yang terbakar sinar matahari. Pengobatan ini telah banyak dilakukan oleh orang-orang. Manfaat masker putih telur mampu meredakan kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari.

9. Eksfoliasi

Putih telur ternyata dapat digunakan untuk eksfoliasi pada semua jenis kulit. Eksfoliasi adalah pengupasan kulit, tepatnya sel-sel kulit mati yang sengaja diangkat dengan bantuan zat alami ataupun kimia. Kandungan zat-zat alami pada khasiat masker putih telur mampu melakukan eksfoliasi tanpa bantuan alat dan zat kimia. Jadi Anda tidak perlu repot-repot pergi ke tempat facial.

10. Membersihkan Kulit Secara Mendalam

Kandungan lisozyme pada manfaat masker putih telur membantu membersihkan kulit secara mendalam. Enzim ini membantu menguraikan debu membandel dan deposit minyak pada kulit wajah. Jika dilakukan rutin, maka kulit wajah Anda akan cerah bersinar karena kulit yang sudah tampak lebih bersih.

11. Melembutkan Rambut Kusut dan Kering

Rambut yang kusut biasanya disebabkan oleh kondisi rambut yang kering. Dengan menggunakan khasiat masker putih telur, ternyata dapat membuat rambut lebih lembab dan menutrisi rambut. Sehingga rambut tidak lagi mudah kusut dan tidak kering. Membuat telur secara topikal dapat memberikan asam lemak dan memberikan kelembaapan yang dibutuhkan untuk rambut.

12. Mengurangi Minyak Pada Kulit Kepala

Jika putih telur bisa mengurangi minyak berlebih pada wajah, maka khasiat masker putih telur juga bisa mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala lho. Kelebihan produksi minyak pada kulit kepala ini diatasi oleh putih telur dengan cara mengencangkan pori-pori pada folikel rambut.

13. Kondisioner Untuk Rambut

Putih telur ternyata dapat digunakan untuk menata rambut secara alami. Manfaat masker putih telur dapat dijadikan kondisioner untuk melembabkan rambut, melembutkan rambut yang kasar dan kusut. Karena dalam putih telur kaya akan pelembab dan banyak mengandung asam amino, sulfur dan protein yang kandungannya bagus untuk rambut.

14. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

Putih telur digunakan untuk menguatkan helai rambut dan menjaganya agar tetap berkilau. Protein yang kaya di dalam khasiat masker putih telur ini bisa menstimulasi pertumbuhan rambut, membuat rambut lebih kuat sehingga tidak mudah rontok dan tetap berkilau. Enzim, vitamin, mineral dan protein yang ada di dalam manfaat masker putih telur berperan penting dalam menstimulasi pertumbuhan rambut.

15. Menutrisi Rambut

Protein adalah nutrisi yang sangat bagus untuk rambut. Protein menjadi basis yang membuat helai rambut yang disebut keratin. Kandungan protein dalam manfaat masker putih telur tentunya dapat memberikan nutrisi untuk rambut dan membuatnya menjadi lebih kuat.

Jenis Masker Putih Telur, Cara Membuat dan Cara Menggunakan

1. Masker Putih Telur dan Madu

Perpaduan antara putih telur dan madu merupakan kombinasi yang sangat cocok untuk menggunakan masker putih telur. Putih telur memiliki tekstur kental dan mudah kering. Madu juga memiliki tekstur yang kental. Kandungan yang ada di dalam madu membantu untuk melembabkan dan mengencangkan kulit. Madu juga cocok untuk menghilangkan bekas jerawat  hingga bekas luka. Masker ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat di wajah. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan putih telur dan madu asli
  • Campurkan putih telur dan madu hingga merata
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan sebanyak satu sampai dua kali dalam seminggu untuk hasil maksimal

2. Masker Putih Telur, Wortel dan Susu

Perpaduan antara putih telur, wortel dan susu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencegah penuaan dini. Kerutan atau garis halus pada wajah bisa menghilang dengan menggunakan masker ini. Khasiat masker putih telur ini sangat cocok untuk digunakan di semua jenis kulit. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan putih telur, sedikit irisan wortel tipis dan susu
  • Campurkan ketiga bahan tersebut
  • Oleskan merata pada wajah dan diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

3. Masker Putih Telur dan Yogurt

Manfaat masker putih telur dan yogurt tawar merupakan kombinasi yang cocok bagi Anda yang ingin mengatasi masalah kulit berjerawat dan iritasi. Kandungan antibakteri yang ada pada yogurt memberikan manfaat untuk membunuh bakteri yang ada pada kulit. Sehingga jika dikombinasi dengan putih telur, maka dapat mengeliminasi bakteri secara sempurna. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan satu sendok makan yoghurt dan putih telur
  • Campurkan kedua bahan tersebut seperti adonan pasta
  • Oleskan secara merata pada wajah dan leher
  • Diamkan selama 15 menit sampai mengering
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan sebanyak satu kali dalam seminggu untuk hasil maksimal

4. Masker Putih Telur dan Mentimun

Perpaduan khasiat masker putih telur dan mentimun juga ampuh untuk kulit berjerawat. Mentimun merupakan jenis sayur atau buah yang banyak mengandung air yang dapat melembabkan kulit wajah. Masker ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan sensitif. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan satu putih telur dan timun yang diiris 3 cm
  • Campurkan putih telur dan mentimun menggunakan blender
  • Oleskan secara merata pada wajah dan leher dan tunggu hingga 15 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu untuk hasil maksimal

5. Masker Putih Telur dan Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan mineral, vitamin E, vitamin B, vitamin A dan vitamin C serta antioksidan. Kombinasi antara manfaat masker putih telur dan alpukat merupakan kombinasi yang tepat untuk menghaluskan dan melembabkan kulit wajah. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan satu putih telur
  • Tambahkan ¼ alpukat matang yang sudah dilumatkan
  • Campurkan kedua bahan tersebut seperti pasta
  • Oleskan kebagian wajah dan leher secara merata
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal

6. Masker Putih Telur dan Baking Soda

Terlepas dari bahaya dan efek sampingnya, baking soda ternyata sangat bermanfaat untuk kulit. Baking soda bisa dijadikan campuran masker putih telur untuk kulit yang sensitif dan berjerawat. Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan satu putih telur yang dikombinasikan dengan baking soda sebanyak 2 sendok makan
  • Campurkan kedua bahan tersebut secara merata
  • Oleskan pada wajah dan leher secara merata
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

Kesehatan pada kulit merupakan idaman semua orang. Demi mendapatkan kulit yang sehat, terkadang biaya besar harus dikeluarkan. Tapi cukup dengan menggunakan khasiat masker putih telur yang dipadukan dengan bahan lainnya, bisa membuat kulit menjadi sehat. Yang terpenting pemakaian dilakukan secara rutin dan sabar. Hasil yang memuaskan akan ada di depan mata Anda.