Manfaat Masker Spirulina untuk Kecantikan, Jenis dan Cara Menggunakannya

Manfaat Masker Spirulina untuk memutihkan kulit wajah, mengencangkan dan membuat awet muda. Adakah diantara kalian yang tidak tahu spirulina? Spirulina adalah salah satu bentuk dari kehidupan tertua yang ada di bumi. Ganggang hijau kebiruan spirulina telah lama hadir, jauh sebelum manusia hadir. Microalgae ini berwarna hijau kebiruan yang tentunya sangat berkontribusi dalam produksi oksigen pada atmosfir bumi sejak jutaan tahun yang lalu. Spirulina diyakini sebagai salah satu makanan dengan nutrisi yang terkaya di bumi.

Kegunaan spirulina merupakan salah satu bentuk makanan tambahan yang mirip Chlorella dan Alphanizomenon flosaquae atau biasa disebut Alga Biru Hijau. Jenis spirulina terbagi dalam dua jenis spesies diantaranya ada Arthospira platensis dan Arthrospira maxima. Kedua spesies ini sama-sama diklasifikasikan dalam genus spirulina. Spirulina terdapat di berbagai belahan dunia yang sering digunakan sebagai makanan tambahan atau makanan pelengkap dalam bentuk tablet, serbuk, cairana maupun kepingan. Manfaat spirulina juga digunakan sebagai salah satu superfood yang selalu dibawa para astronot ketika mereka hendak memulai ekspedisi luar angkasa. Selain itu, khasiat masker spirulina juga menjadi salah satu skincare yang recommended.

Kandungan Gizi Masker Spirulina

Manfaat masker spirulina mengandung zat-zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, ternyata spirulina tidak hanya digunakan sebagai makanan pelengkap. Manfaat spirulina juga bisa digunakan sebagai kosmetik dalam bentuk masker untuk merawat kulit Anda. Khasiat spirulina mampu membersihkan wajah, menghaluskan kulit hingga membuat kulit Anda menjadi sehat. Spirulina mengandung 55 – 70 % protein. Protein yang ada pada spirulina lebih banyak daripada daging sapi, ayam maupun kedelai.

Khasiat masker spirulina juga kaya akan gamma – linolenic acid (GLA) yang bermanfaat untuk kesehatan sel-sel yang ada di tubuh Anda. Tak hanya itu, spirulina juga kaya akan 8 asam amino esensial dan 10 asam amino non-esensial. Zat-zat lainnya yang ada pada spirulina juga masih banyak sekali. Spirulina mengandung asam lenoleic, asam arachidonic, beta karoten, zat besi, kalsium, fosfor, klorofil, protein pigmen kompleks, asam nucleic RNA dan DNA. Kandungan yang ada pada spirulina tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan kulit Anda.

Fakta Sosial dan Sejarah Spirulina

Spirulina telah lama hadir pada kehidupan di bumi, jauh sebelum manusia hadir. Spirulina semakin terkenal karena khasiatnya yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya untuk manusia, spirulina juga bermanfaat untuk dikonsumsi oleh hewan. Spirulina mulai terkenal luas semenjak profesor dari Perancis yakni Crammond menemukan rahasia kekuatan fisik suku Ganimu yang tinggal di tepi danau Cad Afrika pada tahun 1963. Penduduk setempat memakan makanan berwarna hijau tersebut yang ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan untuk beraktifitas. Sehingga tubuh mereka menjadi bugar dan bisa melakukan pekerjaan seberat apapun. Kesehatan mereka juga terjaga dengan baik. Mereka jarang mengalami sakit seperti pada orang zaman sekarang. Karena mereka mengkonsumsi spirulina sebagai makanan mereka sehari-hari.

Profesor Crammond meneliti rahasia kekuatan fisik pada suku Ganimu. Ternyata profesor menemukan rahasia besar pada kekuatan fisik mereka adalah ganggang spirulina (ganggang hijau). Profesor melakukan serangkaian penelitian untuk membuktikan lebih jauh mengenai khasiat spirulina sebagai sumber kebugaran tubuh suku Ganimu. Ternyata spirulina adalah tanaman tertua yang sudah ada di muka bumi sejak 350 juta tahun yang lalu. Spirulina merupakan makanan dengan nutrisi yang paling lengkap yang tentunya sangat mampu menjaga kesehatan tubuh dan membuat tubuh menjadi bugar.

Sejak saat itu, spirulina dikonsumsi tidak hanya oleh suku Ganimu. Semakin banyak orang yang mengonsumsi spirulina sebagai makanan pokok mereka. Tak hanya itu, khasiat pada spirulina semakin menyebar. Hingga saat era industri, spirulina mulai diproduksi oleh industri-industri farmasi sebagai suplemen untuk tubuh. Namun, penelitian mengenai spirulina semakin banyak. Hingga kandungan spirulina tidak hanya berkhasiat untuk tubuh, tetapi juga berkhasiat untuk kulit. Maka, spirulina juga diproduksi sebagai bahan utama untuk pembuatan masker spirulina yang berkhasiat sebagai perawatan kecantikan sehari-hari pada wajah Anda.


Khasiat dan Manfaat Masker Spirulina

1. Melembabkan Kulit

Manfaat masker spirulina sangat ampuh untuk membantu kulit Anda menjadi lebih lembab. Jika Anda memiliki kulit wajah yang kering, sebaiknya gunakan masker spirulina sebagai bahan alami untuk membuat kulit Anda menjadi lebih lembab. Kulit yang kering membuat tanda-tanda penuaan pada kulit lebih terlihat. Sehingga jika kulit Anda menjadi lebih lembab, wajah akan terlihat lebih muda dan terlihat lebih segar.

2. Mencerahkan Kulit

Kulit yang cerah merupakan impian semua orang. Karena jika kulit cerah, maka akan terlihat menyegarkan. Jika anda menginginkan kulit yang cerah, Anda bisa gunakan khasiat masker spirulina sebagai perawatan kulit wajah Anda sehari-hari. Spirulina memiliki kandungan vitamin A, vitamin B12, vitamin E serta zat besi, fosfor dan kalsium yang sanghat bagus untuk kesehatan kulit. Spirulina juga mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Sehingga kulit Anda tidak akan menjadi kering atau kusam meskipun terkena paparan sinar matahari.

3. Solusi Menghilangkan Noda Hitam

Noda hitam menjadi salah satu permasalahan dalam kulit wajah. Noda hitam muncul pada wajah biasanya karena bekas jerawat yang tidak hilang. Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat rentan mengalami noda hitam pada wajah. Untuk memusnahkan noda hitam, Anda bisa menggunakan spirulina sebagai bahan masker untuk merawat kulit wajah Anda. Khasiat masker spirulina sangat ampuh untuk menghilangkan noda hitam pada wajah. Perawatan menggunakan masker spirulina dapat dilakukan secara rutin bila Anda ingin menghilangkan noda hitam pada wajah Anda. Dan jika terus dilakukan, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat juga bisa membuat kulit menjadi sehat. Minyak berlebih pada wajah hilang, sehingga Anda tidak lagi akan mengalami jerawat maupun noda hitam pada wajah.

4. Mengencangkan Kulit Wajah

Kulit yang kendur sebelum waktunya biasanya disebabkan oleh aktivitas yang banuyak dan tidak diiringi oleh perawatan kulit wajah. Kulit yang kendur merupakan tanda penuaan dini pada kulit. Tapi jangan khawatir, kulit yang kendur masih bisa Anda benahi untuk kembali kencang seperti semula. Anda bisa menggunakan masker spirulina sebagai perawatan kulit wajah Anda sehari-hari. Hasil yang maksimal bisa didapatkan jika khasiat masker spirulina selalu rutin digunakan pada kulit wajah Anda.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

Jika kulit Anda tampak kusam dan hitam bisa jadi itu dikarenakan oleh sel-sel kulit mati yang belum diangkat dari wajah Anda. Keberadaan sel-sel kulit mati bisa membuat wajah menjadi lebih kusam dan hitam. Sebaiknya sel-sel kulit mati segera diangkat demi melangsungkan proses regenerasi kulit yang dapat membuat kulit wajah menjadi sehat. Menggunakan khasiat masker spirulina sebagai perawatan wajah dapat membantu Anda untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Sehingga wajah akan tampak lebih cerah, halus dan bersinar. Jika Anda rutin menggunakan masker spirulina sebagai perawatan pada kulit wajah Anda, maka hasil yang maksimal bisa segera Anda dapatkan. Kulit wajah menjadi halus, ceerah dan tampak bersinar.

6. Menghaluskan Kulit

Tekstur kulit yang kasar bisa membuat Anda semakin tidak percaya diri. Selain itu, tekstur kulit yang kasar juga tidak menyehatkan bagi kulit Anda. Biasanya kulit yang kasar ini terjadi karena tubuh kekurangan cairan yang bisa melembabkan kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih kering. Untuk memperbaiki kulit yang kering, Anda bisa rutin menggunakan khasiat masker spsirulina sebagai masker harian untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Perawatan kecantikan dengan menggunakan masker spirulina sangat ampuh untuk membuat kulit menjadi lebih lembab dan tidak kering lagi. Maka, biasakan menggunakan masker spirulina secara rutin supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Solusi Mengatasi Penuaan Dini

Penuaan dini menjadi salah satu musuh besar bagi kulit wajah. Anda tentunya tidak ingin memiliki gejala penuaan dini pada kulit bukan? Garis-garis halus pada kulit nampak sebelum waktunya membuat Anda kehilangan kepercayaan diri jika bersosialisasi dengan dunia luar. Anda dapat menangkis penuaan dini pada kulit wajah jika Anda menggunakan manfaat masker spirulina secara rutin sebagai perawatan kecantikan Anda. Spirulina mengandung tirosin yang bisa menghambat penuaan sel-sel kulit. Sehingga garis-garis halus yang ada pada wajah bisa disamarkan jika Anda menggunakan masker spirulina secara maksimal.

8. Mencegah Radikal Bebas Pada Kulit

Radikal bebas merupakan musuh terbesar bagi kulit wajah Anda. Segala penyebab masalah pada kulit disebabkan oleh radikal bebas. Karena radikal bebas sering Anda jumpai dalam keseharian Anda. Radikal bebas ada pada polusi, sinar matahari dan debu. Karena setiap hari Anda pasti melakukan aktifitas di luar rumah yang tentunya dapat bersinggungan dengan radikal bebas. Untuk mencegah kerusakan pada kulit akibat radikal bebas, Anda bisa menggunakan khasiat masker spirulina sebagai alternatif perawatan kecantikan untuk sehari-hari. Spirulina dapat mencegah radikal bebas yang menempel pada kulit, sehingga kulit Anda tidak akan mengalami kerusakan seperti, berjerawat, kusam, kasar serta mendapatkan gejala penuaan dini pada kulit wajah.

9. Pertumbuhan Sel Kulit Dapat Ditingkatkan

Jika sel-sel kulit mati bisa diangkat oleh spirulina. Spirulina juga mampu merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru untuk regenerasi kulit. Semakin cepat sel baru tumbuh, maka semakin baik dan bagus untuk kesehatan kulit. Anda dapat menggunakan khasiat masker spirulina sebagai masker wajah harian dan dilakukan dengan rutin untuk merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Sehingga membuat kulit Anda menjadi lebih cerah, halus dan bersinar.

10. Sebagai Detox Bagi Kulit

Spirulina juga ternyata ampuh sebagai detox pada kulit. Manfaat dan khasiat masker spirulina dapat mengeliminasi racun-racun dalam kulit sehingga dapat meningkatkan metabolisme kulit. Jika anda rutin menggunakan masker spirulina, anda tidak hanya dapat mewujudkan kulit yang cantik dan halus. Tetapi anda juga bisa mewujudkan kulit yang sehat.

11. Membersihkan Kulit dari Kemerahan

Kulit yang kemerahan biasanya disebabkan oleh sinar matahari yang membakar kulit wajah Anda. Selain itu, penyebab lainnya juga bisa dari penggunaan produk perawatan wajah ataupun make up yang tidak cocok untuk kulit Anda. Sehingga membuat kulit anda alergi serta bereaksi dengan memberikan warna kemerahan pada kulit Anda. Jika Anda menggunakan masker spirulina sebagai perawatan wajah harian Anda. Khasiat masker spirulina mengandung senyawa yang bisa melindungi kulit wajah Anda dari terjadinya inflamasi atau kemerahan. Rutin menggunakan masker spirulina dapat membuat kulit wajah Anda menjadi lebih sehat.

12. Menghilangkan Efek Mata Panda

Jika Anda kurang istirahat atau terlalu banyak aktifitas, hal itu bisa menyebabkan mata anda terlihat berkantung dan berwarna hitam.Tentunya hal ini dapat membuat Anda tidak percaya diri jika bertemu dengan orang baru. Solusinya tentu dengan rutin menggunakan masker spirurlina. Khasiat masker spirulina berfungsi untuk mendeksifikasi kulit hingga bisa menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Lakukan dengan rutin apabila Anda benar-benar ingin menghilangkan mata panda yang ada pada wajah Anda.

Jenis Masker Spirulina dan Cara Menggunakannya

1. Masker Spirulina Tablet

Masker spirulina pada umumnya dikemas dalam bentuk tablet pipih yang padat sehingga bisa dicairkan hingga menjadi pasta spirulina. yang bisa digunakan dengan cara dioleskan ke wajah. Untuk harganya, masker spirulina tablet harganya variatif yakni sekitar Rp 2.000 – Rp 5.000 per butirnya. Namun ada juga yang menjual dengan harga dibawah Rp 1.000 rupiah per butir. Jadi, Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk masker spirulina sebagai perawatan kulit wajah Anda. Jangan tergiur dengan harganya yang murah, tetapi cek terlebih dahulu produknya apakah itu asli atau palsu. Karena produk palsu spirulina telah banyak beredar di pasaran. Sebagai pengguna, Anda harus cermat dan teliti dalam memilih produk ya. Berikut cara menggunakan masker spirulina :

  • Masukan 3 – 5 tablet masker spirulina ke dalam wadah (sesuaikan dengan wajah Anda, karena Anda yang mengetahui seberapa banyak penggunaan tablet spirulina)
  • Haluskan tablet spirulina sampai benar-benar halus dengan cara dihancurkan menggunakan sendok
  • Tambahkan 1-2 sendok air hangat
  • Aduk spirulina yang sudah dicampur dengan air dan usahakan masker spirulina tidak terlalu encer
  • Aduk hingga rata dan kental
  • Oleskan secara merata pada wajah
  • Diamkan 15 menit
  • Bilas wajah dengan air hangat yang kemudian dilanjutkan dengan bilas menggunakan air dingin
  • Lalu keringkan wajah anda


2. Masker Spirulina Capsule

Masker spirulina juga tersedia yang berbentuk kapsul. Harganya per kapsul bisa mencapai Rp 3.000 – Rp 7.000 per kapsulnya. Namun jika ingin lebih hemat Anda bisa beli masker spirulina kapsul yang kemasan botol. Harga spirulina yang kemasan botol bergantung pada jumlah tablet yang ada pada botol. Satu botol bisa mencapai Rp 300.000 untuk isi 100 kapsul. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk spirulina karena produk spirulina sudah beredar banyak di pasaran. Hingga spirulina yang palsu juga ikut beredar di pasaran. Anda harus teiti dan cermat agar bisa membedakan mana produk spirulina yang asli dan mana yang palsu. Berikut cara penggunaan masker spirulina :

  • Siapkan jepit rambut, bondu atau karet untuk Anda gunakan agar saat maskeran rambut tidak mengganggu wajah
  • Cucilah wajah Anda terlebih dahulu agar wajah bebas dari kotoran, make up maupun minyal
  • Gunakan air hangat untuk mencuci wajah karena agar bisa membuka pori-pori wajah
  • Siapkan masker spirulina 1-2 butir kemasan kapsul dan siapkan wadah untuk membuat masker
  • Buka kapsul dan tuangkan serbuk masker ke wadah
  • Tambahkan sedikit air hangat ke dalam wadah yang berisi serbuk spirulina
  • Aduk hingga mengental
  • Oleskan secara merata menggunakan kuas dan hindari bagian mata serta bibir
  • Diamkan hingga 15 menit sampai masker di wajah mengering
  • Bilas dengan menggunakan air hangat terlebih dahulu lalu bilas menggunakan air dingin
  • Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal

Manfaat dan khasiat masker spirulina ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit Anda. Jika anda ingin lebih maksimal lagi merasakan khasiat dari masker spirulina, Anda bisa menambahkan bahan lainnya seperti madu, susu, gula, putih telur sebagai campuran masker spirulina. Kulit Anda akan semakin terlihat sehat dan cerah jika rutin merawat wajah menggunakan spirulina.