Manfaat Organisasi, Pengertian, Jenis, Unsur, Ciri-Ciri

Manfaat Organisasi salah satu bagian dari aspek kehidupan yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Jika manusia hidup bersosialisasi sudah pasti ia akan hidup dalam kesatuan organisasi. Orang-orang yang memiliki kesatuan dalam berorganisasi biasanya memiliki satu tujuan yang sama. Pada dasarnya orang mau berorganisasi karena merasa punya kepentingan dan memiliki tujuan yang sama dengan orang lainnya atau dengan organisasi.

Pengertian organisasi ialah sekumpulan orang-orang yang berkelompok, bekerja sama, memiliki tujuan bersama, serta mau untuk bergerak bersama. Suatu sekumpulan bisa dikatakan organisasi jika memiliki struktur dan beranggotakan seminimal-minimalnya 5 orang. Di dalam organisasi tentunya akan ada pembagian tugas yang berdasarkan fungsi dan jabatan masing-masing individu di dalamnya. Ketika Anda bergabung dengan suatu organisasi tentunya Anda akan mendapatkan manfaat dalam kehidupan sosial dan lingkungan Anda. Sebab, organisasi memiliki banyak khasiat untuk kehidupan Anda.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Berikut ada beberapa pengertian organisasi menurut para ahli, diantaranya :

1. Pengertian Organisasi Menurut James D. Money

Organisasi merupakan bentuk dari perkumpulan manusia yang membangun serikat dan memiliki tujuan yang sama hingga orang yang ada di dalamnya bergerak bersama atas tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi.

2. Pengertian Organisasi Menurut Chester Bernard

Organisasi ialah bentuk sistem kerja sama yang di dalamnya saling beraktivitas bersama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dari dua orang.

3. Pengertian Organisasi Menurut Stoner

Organisasi ialah suatu bentuk dari hubungan antar orang-orang yang ada di dalamnya di bawah arahan dari pimpinan organisasi yang ditujukan untuk mencapai tujuan organisasi secara bersama.

4. Pengertian Organisasi Menurut Stephen Robbins

Menurut Robbins, organisasi ialah suatu bentuk kesatuan sosial yang bekerja atas dasar tujuan bersama atau untuk mencapai suatu tujuan kelompok. Kesatuan ini dilakukan secara sadar yang dikordinasikan antar orang-orang yang ada di dalam organisasi.

5. Pengertian Organisasi Menurut Paul Preston dan Thomas Zimmerer

Menurut Preston dan Zimmerer, organisasi merupakan kumpulan orang yang tergabung dalam kelompok yang saling bekerja sama demi mencapai tujuan bersama.

Ciri-Ciri Organisasi

Suatu kumpulan orang-orang dapat dikatakan sebuah organisasi bila memiliki ciri-ciri seperti yang di bawah ini, diantaranya :

1. Memiliki Peraturan

Suatu kumpulan dapat dikatakan organisasi apabila memiliki aturan yang di dalamnya mengatur mengenai berjalannya organisasi dan kelangsungan organisasi. Peraturan tersebut meliputi ketetapan, kebijakan, prosedur, tujuan, strategi, dan sebagainya.

2. Memiliki Sistem Hierarki

Organisasi biasanya memiliki suatu hirarki yang di dalamnya berisi susunan jabatan dan kekuasaan. Tiap-tiap jabatan memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing.

3. Organisasi Tidak Memiliki Waktu Kadaluarsa

Pada umumnya organisasi tidak memiliki batas waktu berdiri, selama anggota masih ada dan kegiatan organisasi masih dilakukan maka organisasi tersebut masih dikatakan hidup. Namun, meskipun organisasi mengalami kehilangan anggota, tapi organisasi tetap masih dikatakan ada dan akan ada orang yang membangun ulang organisasi tersebut.

4. Memiliki Prinsip

Tiap organisasi memiliki prinsip-prinsip yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya. Tiap organisasi pada dasarnya memiliki prinsip yang berbeda-beda. Prinsip organisasi tersebut dijadikan panduan bagi orang-orang di dalam organisasi untuk bekerja.

5. Bersifat Spesialisasi

Organisasi biasanya bergerak pada bidang-bidang tertentu sesuai dengan tujuan dan prinsip yang digunakan. Karena hanya menjalankan bidang tertentu maka organisasi bersifat spesialisasi.

6. Melakukan Pengelolaan Data

Pada organisasi biasanya mempunyai data-data tertentu yang dikumpulkan untuk menunjang tujuan yang akan dicapai. Organisasi tak hanya melakukan pengumpulan data, tetapi juga melakukan pengelolaan data agar data tersebut bisa digunakan demi mencapai tujuan bersama dan bergerak berdasarkan prinsip-prinsip yang dimiliki oleh organisasi.

7. Memiliki Identitas yang Jelas

Suatu organisasi agar semakin membesar harus memiliki identitas yang jelas agar orang-orang mengetahui seperti apa organisasi itu, untuk apa organisasi itu berdiri, serta bagaimana melakukan pekerjaan yang ada di dalam organisasi. Tak hanya itu, terkadang orang juga ingin mengetahui profit seperti apa yang akan mereka dapatkan bila bergabung dengan organisasi.

8. Memiliki Keanggotaan Formal

Orang-orang yang ada di dalam organisasi memiliki keanggotaan yang jelas sesuai dengan status, jabatan dan pekerjaan yang dilakukan dalam organisasi. Keanggotaan ini berlangsung selama Anda terlibat di dalam organisasi.

9. Memiliki Siklus Keuangan yang Jelas

Organisasi bisa hidup jika memiliki dana atau kas yang jelas. Sirklus keuangan dalam organisasi berputar jelas untuk menghidupi organisasi. Tak hanya menghidupi organisasi, keuangan dalam organisasi juga digunakan untuk memberikan kontribusi keuangan pada anggotanya yang melakukan pekerjaan demi mencapai tujuan bersama.

10. Memiliki Batas yang Jelas

Organisasi biasanya memiliki batas-batas jelas yang meliputi apa saja yang boleh dilakukan anggota di dalam organisasi dan apa saja yang tidak boleh dilakukan anggota dalam organisasi. Hal ini tentunya untuk membuat organisasi berjalan sempurna.

Unsur Dasar Yang Harus Ada Dalam Organisasi

1. Anggota

Anggota adalah bagian terdasar dalam organisasi. Apabila tidak ada anggota maka organisasi tidak hidup dan tidak akan berjalan.

2. Visi dan Misi

Setiap organisasi memiliki visi dan misi yang jelas. Visi merupakan target yang akan dicapai dalam waktu tertentu, sedangkan misi merupakan cara yang dilakukan untuk mencapai target tersebut.

3. Tujuan

Tiap-tiap organisasi memiliki tujuan yang jelas yang menjadi cita-cita terbesar dalam organisasi. Tujuan ini akan menjadi pedoman, panduan serta semangat anggotanya dalam berorganisasi.

4. Wewenang

Setiap orang dalam organisasi memiliki wewenang tersendiri.  Namun organisasi juga memiliki wewenang untuk para anggotanya.

5. Hubungan

Tiap-tiap orang yang ada di dalam organisasi terhubung satu sama lain dan tidak bekerja secara individual. Melainkan bekerja secara tim yang saling terhubung satu sama lain.

6. Kegiatan

Kehadiran organisasi bukan semata-mata untuk menambah anggota saja. Tapi juga melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk para anggota maupun calon anggota. Kegiatan tersebut dibuat mengacu pada visi dan misi serta tujuan yang hendak dicapai organisasi.

7. Partisipasi

Tiap orang yang ada di organisasi memberikan partisipasi terhadap kegiatan yang dilakukan organisasi. Organisasi juga memberikan partisipasi kepada aspek kehidupan sosial yang dijalankan organisasi di lingkungannya berada.

8. Tanggung Jawab

Tiap orang dalam organisasi dibekali tanggung jawab yang besar dan rata. Karena kerja secara tim serta mempunyai tujuan yang hendak dicapai, maka setiap individu bertanggung jawab terhadap tujuan tersebut. Namun, organisasi juga memiliki tanggung jawab kepada anggota organisasi yang bekerja untuk mencapai tujuan organisasi.

Jenis-Jenis Organisasi

1. Organisasi Formal

Khasiat organisasi formal merupakan organisasi yang diatur secara resmi dan biasanya memiliki badan hukum sendiri. Organisasi jenis ini banyak dijumpai di sekitar Anda. Hampir di semua jalan kita bisa menjumpai organisasi ini. Baik yang terlihat (memiliki kantor atau gedung) maupun yang tidak terlihat. Contoh dari organisasi ini ialah instansi pemerintah, perusahaan milik negara, perusahaan swasta, sekolah, lembaga pelayanan kesehatan, organisasi massa yang sudah memiliki badan hukum, partai politik dan sebagainya.

2. Organisasi Informal

Manfaat organisasi informal ialah organisasi yang dibangun atas dasar hubungan personal. Organisasi ini memiliki peraturan namun tidak berbadan hukum sepeti organisasi formal. Biasanya organisasi ini dibentuk atas dasar sekumpulan orang yang memiliki kesamaan hobi, minat bakat dan sebagainya. Contoh dari organisasi ini adalah komunitas motor, komunitas mobil, dan sebagainya. Namun, ada juga organisasi yang dibangun atas dasar kesamaan minat namun memiliki badan hukum. Seperti perkumpulan olahraga.

3. Organisasi Pendidikan

Khasiat organisasi pendidikan merupakan organisasi yang berbasis pada bidang pendidikan. Manfaat organisasi ini juga bisa masuk ke dalam sektor organisasi formal dan informal. Organisasi pendidikan yang formal meliputi sekolah negeri, sekolah swasta, lembaga bimbingan belajar, dan dinas pendidikan. Organisasi pendidikan yang masuk dalam sektor informal meliputi komunitas belajar, gerakan mengajar, organisasi massa yang bergerak di bidang pendidikan.

4. Organisasi Kesehatan

Manfaat organisasi kesehatan ialah organisasi yang berbasis pada bidang kesehatan. Organisasi jenis ini sama seperti organisasi pendidikan yang bisa masuk dalam sektor organisasi formal maupun organisasi informal. Contoh dari organisasi kesehatan yang formal ialah dinas kesehatan, rumah sakit, puskesmas, posyandu, klinik kesehatan, organisasi ikatan dokter, organisasi ikatan farmasi, dan sebagainya. Sedangkan organisasi kesehatan yang bersifat informal ialah gerakan peduli kesehatan, komunitas yang mengidap penyakit tertentu, dan sebagainya.

5. Organisasi Pertanian

Khasiat organisasi pertanian adalah organisasi yang bergerak di bidang pertanian. Organisasi ini bisa masuk dalam sektor organisasi formal maupun informal. Contoh dari organisasi pertanian yang formal ialah dinas pertanian, perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, dan sebagainya. Sedangkan contoh dari organisasi pertanian yang informal ialah organisasi tani, kelompok tani, paguyuban petani, paguyuban mahasiswa pertanian, dan sebagainya.

6. Organisasi Politik

Manfaat rganisasi politik adalah organisasi yang bergerak di bidang politik. Organisasi ini ada yang dalam ranah pemerintahan seperti partai, serikat buatan pemerintahan. Organisasi politik ada yang masuk dalam ranah formal dan juga informal. Contoh dari organisasi ini adalah partai politik, organisasi massa politik, serikat pekerja, dan sebagainya.

7. Organisasi Sosial atau Non Profit

Khasiat organisasi soaial atau organisasi non profit merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial. Organisasi ini tidak mencari keutungan sama sekali. Segala upaya yang dilakukan bertujuan demi aspek sosial. Contoh dari organisasi jenis ini adalah komunitas peduli kemanusiaan, komunitas peduli hewan dan sebagainya.

8. Organisasi Profit

Manfaat organisasi profit adalah organisasi yang dibentuk untuk mencari keuntungan. Baik keuntungan materil atau imateril. Contoh dari organisasi ini adalah organisasi sosial yang mengambil keuntungan demi organisasi..

9. Organisasi Bisnis

Khasiat rganisasi bisnis adalah organisasi yang dibentuk demi tujuan menghaasilkan profit yang diakumulasi dalam bentuk usaha. Organisasi jenis ini biasanya berupa perusahaan yang membentuk badan usaha tertentu seperti CV, PT, Koperasi, Bank dan sebagainya.

10. Commonwealth Organization

Commonwealth Organization ialah organisasi yang mengedepankan aspek pelayanan pada khalayak umum. Sehingga kehadiran organisasi ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan. Contohnya adalah rumah sakit, asuransi, klinik dan sebagainya.

Khasiat Dan Manfaat Organisasi

1. Melatih Soft Skill

Jika Anda bergabung dengan organisasi maka sangat bermanfaat bagi kehidupan Anda. Organisasi berkhasiat pada diri Anda untuk membawa menjadi pribadi yang lebih baik. Soft skill yang Anda punya bisa dilatih di organisasi. Sehingga soft skill Anda dapat meningkat dan Anda akan menyadari sejauh mana kemampuan Anda.

2. Menambah Pengetahuan

Mencari ilmu pengetahuan tidak melulu melalui sekolah atau kuliah. Namun pengetahuan yang luas sebenarnya ada dalam kehidupan di luar pendidikan. Anda dapat menambah pengetahuan jika bergabung dengan organisasi. Organisasi ini dapat menjadi sarana bagi Anda untuk mendapatkan hal-hal baru yang belum Anda jumpai sebelumnya.

3. Menambah Pengalaman

Hal-hal yang paling berharga dalam dunia ini adalah pengalaman. Gelar tidak akan membawa Anda pada keberhasilan. Namun, pengalaman yang sangat banyak dalam hidup Anda bisa membawa diri Anda pada keberhasilan. Salah satu hal untuk menambah pengalaman ialah dengan mengikuti organisasi. Anda bisa mendapatkan hal-hal baru yang bisa membuat pelajaran hidup Anda menjadi lebih baik.

4. Menambah Relasi

Modal sukses tak hanya pengalaman, relasi juga menjadi hal yang penting bagi kesuksesan Anda. Relasi yang terdiri dari golongan atau status sosial yang beragam mampu membawa Anda pada kesuksesan. Salah satu cara untuk mendapatkan relasi ialah melalui organisasi. Jika Anda bergabung dengan organisasi, relasi baru bisa didapatkan. Tidak hanya relasi yang ada di organisasi itu, tetapi relasi dengan stakeholder organisasi yang juga bisa Anda dapatkan.

5. Melatih Bekerja Sama

Jika bergabung dengan organisasi, maka Anda tidak akan bekerja sendirian. Anda akan terlibat di dalam tim organisasi dan saling bekerja sama. Melatih bekerja sama sangat bermanfaat bagi diri Anda karena bisa menambah rasa simpati dan empati sesama manusia.

6. Melatih Kepemimpinan

Bergabung dengan organisasi bisa melatih Anda menjadi seorang pemimpin. Kerja-kerja organisasi dilakukan dengan cara bekerja sama sehingga akan ada orang yang menjadi leader di dalam tim tersebut. Anda akan belajar menjadi pemimpin yang baik bagi rekan kerja, mampu mengerti kondisi rekan kerja, mau mendengarkan keluh kesah rekan kerja, menghormati rekan kerja dan sebagainya.

7. Melatih Public Speaking

Dalam berorganisasi, selain melatih kepemimpinan, juga bisa melatih kemampuan public speaking. Anda akan sering berbicara, debat dan saling berargumen dengan tim Anda. Sehingga Anda akan semakin handal saat berbicara di depan umum. Anda akan terbiasa berpikir taktis untuk hal-hal yang harus Anda sampaikan di depan umum. Kemampuan berbicara Anda juga tidak akan lagi malu-malu ataupun ragu saat berbicara.

8. Belajar Mengatasi Masalah

Saat menjalankan atau bergabung dengan organisasi, masalah seringkali hadir dan membuat kacau situasi organisasi. Tapi hal ini bisa diatasi secara bersama-sama. Anda akan terbiasa berpikir untuk menyelesaikan masalah bersama tim Anda. Seberat apapun masalah hidup yang akan dihadapi, tapi jika Anda bergabung dalam organisasi, Anda selalu punya cara untuk menyelesaikan permasalahan yang hadir dalam hidup Anda.

9. Melatih Diri Bersosialisasi

Saat anda bergabung dengan organisasi, anda bertemu dengan orang banyak di dalam organisasi tersebut. Hal ini bermanfaat untuk melatih diri bersosialisasi. Karena pada dasarnya manusia tidak dapat hidup tanpa orang lain.

10. Mendapatkan Profit

Saat Anda bergabung dengan organisasi tentunya akan ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satu keuntungan yang di dapat adalah berupa gaji, tunjangan dan sebagainya. Jika Anda bergabung dengan organisasi profit dan organisasi bisnis maka Anda bisa mendapatkan gaji sebagai bentuk balas budi organisasi terhadap apa yang Anda lakukan demi mencapai tujuan organisasi.