Manfaat Pare, Klasifikasi Ilmiah, Kandungan Gizi, Cara Mengolah dan Efek Samping

Manfaat Pare merupakan tumbuhan merambat yang berasal dari kawasan Asia Tropis. Biasa dibudidayakan sebagai sayuran maupun pengobatan. Tanaman buah ini memiliki banyak nama lokal seperti di daerah Jawa di sebut sebagai pareia, pare pahit, pepareh. Di Sumatera dikenal dengan prieu, fori, pepare, kambeh, paria. Di Nusa Tenggara menyebutnya paya, truwuk, paitap, paliak, pariak, pania dan pepule.

Manfaat dan Khasiat pare tidak hanya bisa dimasak untuk sayuran saat makan. Melainkan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh mulai dari pengobatan diabetes, memerangi kolesterol jahat. Atau anti kanker, mencegah obesitas, hingga menghilangkan jerawat.

Klasifikasi Buah Pare

Tanaman pepareh dikenal dengan rasanya yang pahit. Namun, kepahitannya tersebut tidak mengurangi khasiat  pare untuk kesehatan tubuh. Adapun klasifikasi dari buah pare yaitu:

  • Kingdom : Plantae
  • Devisio : Spermatophyta
  • Sub-Devisio : Angiospermae
  • Classis : Dicotyledoneae
  • Ordo : Cucurbitales
  • Familia : Cucurbitaceae
  • Genus : Momordica
  • Spesies : Momordica Charantia L.

Morfologi Buah Pare

Tanaman ini merupakan sayuran buah yang sebenarnya kurang banyak diminati karena memiliki rasa yang pahit. Namun jika dikelola dengan baik, rasa pahit sedikit demi sedikit akan hilang.  Tanaman ini mulai dikenal dan dikonsumsi orang terkait penelitian yang dilakukan menghasilkan informasi yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh. Khasiat pare tidak lepas dari kandungan zat dan varietas yang lebih unggul dalam rasa dan penampakan.

Khasiat pare masuk dalam tanaman terna setahun, tumbuhnya merambat berbentuk spiral, banyak cabanyaknya dan berbau khas yang tidak enak. Batangnya berusuk lima, panjang sekitar 2 – 5 m serta batang tanaman yang masih mudah berambut rapat. Daunnya tunggal, bertangkai panjang mulai dari 1,5 – 5,3 cm berseling, bulat panjang, helai daun berbagi 5 – 7 berwarna hijau tua.

Bunganya bertipe tunggal dan memiliki 2 kelamin dalam satu pohon. Khasiat pare ini memiliki warna hijau saat masih muda dan berubah hingga menjadi warna jingga setelah tua. Bentuk buah bulat memanjang dengan 8 – 10 rusuk, permukaan buah berbintil-bintil tidak beraturan.

Kandungan Kimia Buah Pare

Momordica Charantia L. adalah salah satu tanaman yang memiliki rasa pahit dan memiliki bentuk memanjang seperti mentimun dengan kulit bergerigi. Khasiat pare atau tanaman ini banyak tumbuh di daerah Afrika, Asia, dan Karibia. India adalah negara yang disebut-sebut menjadi cikal bakal tumbuhnya tanaman ini sejak lebih dari 600 tahun yang lalu.

Banyaknya khasiat pare diyakini mampu mengobati berbagai macam penyakit. Adapun kandungan kimia yang terdapat didalamnya antara lain:

  • Kalori
  • Lemak
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Vitamin A, B dan C
  • Air

Khasiat Pare dan Cara Mengolahnya

1. Mengobati Gangguan Pernafasan

Khasiat pare yang peratama ialah mampu mengobati gangguan pernafasan. Sistem pernafasan merupakan proses yang sangat penting dalam kehidupan. Dimana dengan bernafaslah kita bisa mendapatkan oksigen untuk energi dalam tubuh. Selain itu, mampu dapat membuang zat limbah karbondioksida ketika membuang nafas.

Adapun sistem pernafasan terdiri dari hidung, faring, rongga sinus, laring, bronkus, trakea serta paru-paru. Gangguan pernafasan yang bisa diatasi karena khasiat buah pare di antaranya asma, batuk, pilek dan lain-lain. Selain organ yang telah disebutkan tadi, tidak ketinggalan juga diafragma, pembuluh darah, otot interkostal. Ada juga otot di sekitar leher, otot perut dan tulang selangka yang satu sama lain bekerja agar bisa bernafas baik. Karenanya khasiatpare untuk gangguan pernafasan sangat direkomendasikan.

Cara Mengolah Buah Pare:

  1. Khasiat pare memang dikenal karena rasanya yang pahit. Namun Anda bisa mengolahnya dengan mencampur bahan lain supaya rasa pahit tersebut sedikit hilang.
  2. Ambil 100 gr teri tawar kemudian goreng
  3. Siapkan 2 buah pare hijau, 2 bawang merah, 1 bawang putih,
  4. Ambil 2 daun salam, 2 cm lengkuas dimemarkan, cabai merah keriting iris
  5. Sediakan 1/2 sdt garam, 1/2 sdt gula pasir dan garam untuk meremat pare
  6. Belah tengah pare menjadi 2 bagian, buang bijinya dan iris tipis
  7. Masukkan 1 sdt garam lalu remat dan bilas menggunakan air. Lakukan hingga 5 kali.
  8. Rebus buah pare setengah matang lalu sishkan.
  9. Tumis bawang merah, bawang putih, salam serta lengkuas hingga harum.
  10. Masukkan pare dan bumbu lalu aduk rata.
  11. Masukkan cabe dan teri, aduk rata dan matikan kompor
  12. Khasiat buah pare dengan olahan tumis teri siap dinikmati

2. Mengobati Diabetes

Khasiat pare yang didalamnya mengandung Phytonutrient dan Polipeptida-P berfungsi sebagai insulin untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh. Selain itu, zat tersebut akan membentuk Charantin untuk meningkatkan penyerapan glukosa di dalam sel hati, jaringan lemak serta otot. Diabetes memang bukan salah satu penyakit yang bisa disembuhkan namun Anda bisa mengatasinya dengan cara lain.

Manfaat dan khasiat pare bisa mengobati diabetes. Setelah itu anda perlu mengubah pola hidup, pola makan, rajin berolahraga agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Makanlah makanan yang sehat, lakukan tes gula darah setiap hari, Pastikan untuk minum vitamin untuk insulin.

Cara Mengolah Buah Pare:

  1. Ingin menikmati khasiat pare dalam bentuk jus?
  2. Siapkan setengah pare, 2 potong pepaya, 2 potong nanas dan 5 potong belimbing
  3. Cuci semua bahan hingga bersih
  4. Blender semua sampai halus
  5. Khasiat buah pare dalam olahan Jus segar siap dinikmati

3. Melindungi Kehamilan

Berbagai hormon saat hamil bisa membawa perubahan pada tubuh untuk melindungan janin. Hormon ini bisa timbul saat kehamilan dan ada pula yang sebelumnya berada dalam tubuh. Tidak hanya berdampak pada fisik, hormon kehamilan bisa menyebabkan terjadinya emosi. Khasiat pare yang memiliki rasa pahit terdapat kadar folat cukup baik yaitu 72/100 gr.

Kandungan ini sangat baik untuk ibu hamil apalagi saat awal kehamilan, mampu mengurangi timbulnya cacat tabung saraf pada bayi. Namun khasiat pare untuk ibu hamil sebaiknya tidak terlalu banyak dikonsumsi ditakutkan dampak lain terjadi.

Menjaga kehamilan saat masih muda adalah langkah penting untuk menentukan pembentukan serta perkembangan organ janin. Banyak penyesuaian tubuh yang dipicu oleh hormon ini. Untuk Anda yang baru pertama kali hamil jangan khawatir karena kondisi ini sangat wajar dan khasiat pare bisa menjaganya. Untuk melindungi kehamilan, khasiat buah pare bisa mendorong Anda agar janin dan ibu hamil tetap sehat. Silahkan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan yang menangani Anda.

Cara Mengolah Buah Pare:

  1. Masih dalam bentuk jus buah pare, kali ini di mix dengan bahan lain yang tak kalah sehat
  2. Sediakan 1 genggam pare, 1 buah pisang dan 1 buah apel
  3. Potong-potong semua bahan
  4. Blender hingga halus lalu tambahkan es batu
  5. Khasiat pare dalam olahan jus siap diminum

4. Mengurangi Sembelit

Rasa yang dihasilkan oleh buah ini memang pahit. Namun dari sinilah khasiat buah pare dapat merangsang gerak peristaltik dan pencernaan makanan melalui usus hingga dikeluarkan dari tubuh. Apabila terjadi masalah dengan pencernaan istilah yang biasa dikenal adalah sembelit atau konstipasi. Makanan yang diserap dalam usus tidak hanya nutrisi namun sebagian besar air dari bahan makanan yang Anda konsumsi. Khasiat buah pare bisa mengurangi masalah pencernaan Anda.

Pertanyaannya, selain menikmati khasiat pare cara lain apakah yang bisa mengatasi sembelit? Hal yang paling penting adalah mengubah gaya hidup. Beberpaa di antaranya ialah lebih banyak minum air putih, mengonsumsi serat , olahraga rutin, Kurangi konsumsi olahan susu. Jika kondisi ini bisa lebih parah segera hubungi dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Cara Mengolah Buah Pare:

  1. Tak kalah lezatnya dengan olahan lain, kali ini Sambal pare ikan tongkol siap mengisi menu makan anda di rumah
  2. Siapkan bahan-bahan 250 gr ikan tongkol, 250 gr pare, buah lumai secukupnya
  3. Sediakan 6 siung bawang merah, 100 g cabai merah, 5 bawang putih, garam dan gula secukupnya
  4. Bersihkan ikan tongkol dan rebus hingga matang lalu suwir
  5. Potong-potong pare sesuai selera lalu cuci bersih beserta buah lumai
  6. Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih
  7. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum
  8. Masukkan pare dan buah lumai kemudian masak hingga terlihat layu
  9. Campurkan ikan tongkol, oseng hingga matang
  10. Anda sudah bisa menikmati khasiat pare dalam olahan bersama ikan tongkol

5. Mencegah Radikal Bebas

Radikal bebas dapat ditemukan dimanapun, bahkan pada tubuh Anda sendiri. Zat ni sangat berbahanya karena bisa menimbulkan beragam penyakit. Salah satunya adalah kanker yang sangat ditakuti hampir semua orang di dunia ini karena bisa berakibat fatal hingga meninggal dunia. Adapun untuk mencegah radikal bebas, Anda bisa menikmati khasiat pare secara rutin dan teratur.

Selain kandungan folat, khasiat buah pare kaya akan vitamin C sebagai anti-oksidan alami untuk melindungi tubuh dari penyakit. Jika terlalu banyak radikal bebas maka tubuh bisa mengalami stres oksidatif. Bahkan bisa menyebabkan terjadinya kerusakan dalam tubuh seperti protein, asam nukleat dan sebagainya.

Manfaat buah pare seperti yang anda ketahui saat ini bisa dikonsumsi secara teratur dan rutin demi mendapatkan tubuh sehat. Namun jika ada sedikit masalah dengan cara mengonsumsi karena rasanya yang pahit bisa menggunakan olahan lain. Biasanya yang banyak ditemukan adalah dengan menumisnya.

Cara Mengolah Buah Pare:

  1. Pernah mendengar makanan bothok? Kali ini Anda bisa mengolahnya berbahan dasar pare
  2. Ambil 1 buah pare ukuran besar, 1/2 buah kelapa parut
  3. Sediakan 5 sdm teri goreng kering, 1 buah tomat, 2 butir telur
  4. Siapkan daun pisang, lengkuas iris tipis, gula pasir dan penyedap rasa secukupnya
  5. Haluskan bumbu 10 bawang merah, 10 bawang putih, 3 kemiri dan 15 cabai rawit merah
  6. Potong tipis-tipis pare dan remat menggunakan garam lalu cuci bersih dan tiriskan
  7. Kocok telur, masukkan bumbu halus, gula, penyedap rasa dan semua bahan hingga rata
  8. Bungkus kecil-kecil menggunakan pisang lalu kukus hingga matang
  9. Khasiatpare dalam olahan bothok teri siap disantap

6. Mengobati Jerawat

Siapa yang nyaman dengan timbulnya jerawat apalagi di sekitar wajah? Masalah ini umum terjadi pada sebagian orang. Adapun penyebab utamanya adalah sel kulit mati, pori-pori tersumbat, produksi minyak dan bakteri. Adanya jerawat bisa mengurangi rasa percaya diri loh. Gangguan ini muncul saat minyak bercampur dengan sel kulit mati dan menyumbat pori-pori. Dengan menikmati manfaat dan khasiat pare, jerawat pada tubuh Anda bisa diatasi.

Cara Mengolah Buah Pare:

  1. Khasiat pare dengan olahan baru
  2. Siapkan 5 buah okra dipotong miring, pare 1/2 potong, udang secukupnya
  3. Sediakan 5 siung bawang putih iris, 5 bawang merah, 8 buah cabe rawit, 1 sdt terasi dihaluskan
  4. Ambil 3 buah cabai keriting diiris miring, garam dan air secukupnya
  5. Panaskan minyak, tumis bawang putih lalu masukkan bawang merah, cabai rawit dan terasi hingga harum
  6. Masukkan udang, pare, okra dan cabai keriting diaduk rata
  7. Tambahkan garam dan sedikit air.
  8. Khasiat buah pare dalam olahan okra udang siap dinikmati

7. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat pare yang direbus dalam air serta dikonsumsi setiap hari mampu melawan infeksi untuk membantu menjaga kekebalan tubuh. Jika memilik daya tahan tubuh yang baik maka kita akan selalu sehat dan jauh dari serangan beragam macam penyakit.

Sayangnya, tanpa disadari gaya hidup seseorang bisa mempengaruhi sebarapa baik kekebalan tubuh melindungi dari virus, kuman dan lain-lain. Karenanya selain menikmati khasiat pare, kunci utamanya ada pada pola hidup Anda sendiri.

Cara Mengolah Buah Pare:

  1. Siapkan 1 buah pare dipotoing tipis, 3 buah cabai besar, 5 cabai rawit, 2 bawang putih
  2. Ambil 3 bawang merah, 1 butir telur, garam dan penyedap rasa
  3. Remat pare menggunakan garam.
  4. Haluskan cabai rawit, cabai besar, bawang putih dan bawang merah
  5. Tumis bumbu hingga halus dan masukkan pare, aduk rata
  6. Tambahkan air secukupnya, masukkan penyedap rasa. Saat pare sudah layu masukkan satu butir telur lalu aduk rata.
  7. Tunggu air menyusut kemudian angkat
  8. Manfaat pare dalam olahan tumis telur siap dinikmati

8. Menjaga Kesehatan Ginjal

Khasiat pare untuk ginjal. Ginjal adalah salah satu organ vital dalam tubuh sebagai sistem ekskresi pada manusia sehingga sangat penting untuk menjaga kesehatannya. Adapun peran organ ini bisa mengatur keseimbangan asam basa, merangsang sumsum tulang belakang hingga membantu dalam pertahanan kalsium pada tulang.

Bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal? Salah satunya dengan menikmati khasiat buah pare secara teratur.

Khasiat buah pare memang diakui banyak orang menjaga kesehatan tubuh dan menangkal beragam penyakit baik ringan maupun berat. Namun karena rasa yang dihasilkan cukup pahit tidak sedikit dari mereka yang enggan menikmatinya. Padahal Anda bisa mengolahnya dalam sajian lain yang lebih lezat.

Cara Mengolah Buah Pare:

  1. Ambil 3 buah pare lalu dipotong 1 1/2 cm dan buang bijinya
  2. Siapkan 2 buah tahu kuning lalu hancurkan, 1 batang daun bawang diiris, 3 sdm tepung terigu, 3 sdm tepung tapioka
  3. Sediakan bumbu halus 1 siung bawang putih, 5 merica, garam secukupnya dan daun pisang untuk alas kukusan
  4. Campurkan semua bahan kecuali pare lalu aduk rata
  5. Ambil parem isi bagian tengah menggunakan adonan tahu
  6. Alasi kukusan menggunakan daun pisang kemudian kukus pare isi tahu aci selama 15 menit
  7. Khasiat pare isi tahu aci siap dinikmati dan bisa dicampur dengan saus kecap

9. Mencegah Kanker

Apakah anda pernah mendengar bahwa salah satu cara mencegah kanker ialah dengan banyak bergerak? Ya, ini adalah cara efektif karena risiko kanker bisa terjadi pada tubuh yang kurang aktif digerakkan. Namun selain cara ini, anda bisa mendapatkan kasiat buah pare untuk pencegahan kanker karena rasa pahit yang terkadung didalamnya.

Manfaat pare ini jika dikonsumsi secara teratur dan telah berkonsultasi dengan ahli kesehatan maka penyakit kanker bisa dicegah. Jika anda tidak ingin menikmati rasanya yang pahit ada cara efektif untuk menghilangkan rasa pahitnya itu.

Cara Mengolah Buah Pare:

  1. Jika ingin menikmati khasiat buah pare berkuah, Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah
  2. Siapkan bahan-bahan 3 buah pare, 1 ekor ikan cakalang digoreng dan 1 buah kelapa
  3. Sediakan bumbu 8 bawang merah, 5 bawang putih, 1 sdt lada, jahe, lengkuas dan garam secukupnya
  4. Siapkan bumbu untuk isi pare, 5 siung bawang merah, 4 bawang putih, 6 biji kemiri
  5. Sedangkan untuk kuah garam secukupnya, haluskan 1 buah kelapa untuk santan, 2 batang serai, 2 lembar daun salam
  6. Kukus pare lalu dipotong beberapa bagian.
  7. Sangrai kelapa hingga kecoklatan dan tumbuk bersama dengan ikan
  8. Haluskan bumbu, tambahkan garam dan tumis lalu campurkan pada tumbukan ikan dan kelapa
  9. Aduk hingga rata kemudian isi pare yang telah dikukus dan potong-potong
  10. Masak santan bersama bumbu hingga harum tuang pare tunggu hingga matang lalu angkat.
  11. Khasiat pare dalam olahan sayur kambu siap dinikmati

10. Menurunkan Berat Badan

Bagi mereka yang memiliki tubuh gemuk pada umumnya ingin melakukan diet atau menurunkan berat badan agar mendapatkan tubuh ideal. Ada banyak cara yang dilakukan mulai dari mengonsumsi obat-obatan, perawatan hingga operasi sedot lemak. Semua ini demi tubuh rampinh salah satunya ialah menikmati khasiat buah pare.

Tahukan Anda bahwa khasiat pare yang memiliki rasa pahit membantu menurunkan berat badan seseorang. Selain itu cara diet Anda harus dalam pengawasan ahli kesehatan agar tidak terjadi risiko yang tidak diinginkan.

Cara Mengolah Buah Pare:

  1. Siapkan bahan-bahan 2 buah pare, 200 gr udang, 3 bawang merah, 15 cabai rawit
  2. Ambil 10 belimbing wuluh, 2 cabai merah diiris, garam dan minyak secukupnya
  3. Bersihkan pare, remat dengan garam lalu diamkan hingga layu dan cuci bersih
  4. Haluskan cabai rawit, bawang merah dan belimbing wuluh
  5. Tumis bumu dan masukkan irisan cabai merah, pare dan udang lalu aduk rata. Beri garam secukupnya
  6. Tunggu hingga matang, manfaat pare sambal siap dinikmati.


Manfaat dan Khasiat Buah Pare Lainnya

11. Menambah energi

12. Menghilangkan ketombe

13. Menetralisir darah

14. Mengatasi infeksi kulit

15. Anti-aging

16. Menyembuhkan luka

17. Mengatasi kulit kepala kering

18. Mengurangi rambut rontok

19. Mencegah rambut beruban

20. Khasiat buah pare lainnya mampu menghilangkan rambut berminyak

21. Membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan noda pada wajah

22. Mengobati malaria

23. Pengobatan HIV

24. Pencegahan penuaan dini

25. Membantu kecerdasan janin

26. Memperbaiki jaringan sel kulit mati

27. Mencegah serangan jantung

28. Mencegah anemia

29. Membantu fungsi otak

30. Khasiat buah pare mampu mengurangi komplikasi pilek

Efek Samping Buah Pare

Di balik Khasiat dan manfaat pare yang direkomendasikan untuk penyembuhan berbagai penyakit mungkin aman dikonsumsi oleh sebagian orang dengan jangka pendek. Namun pengkonsumsian buah ini untuk sebagian pihak perlu hati hati karena akan menimbulkan efek samping yang cukup serius.

Begitu juga dengan seseorang yang akan menjalani operasi bedah, khawatir khasiat buah pare bisa mengganggu kontrol gula darah setelah operasi. Efek samping lain yang bisa terjadi di antaranya:

  • Diare
  • Kemandulan
  • Impotensi
  • Gangguan liver
  • Perubahan hormon
  • Migrain

Untuk ibu hamil dan menyusui, manfaaat pare jika dikonsumsi terlalu berlebihan tidak aman karena kandungan kimia tertentu. Hal ini karena kandungan yang terdapat dalam daging dan biji pare mengakibatkan pendarahan. Pada penderita diabetes, konsumsi tanaman ini perlu hati-hati karena jika berlebih maka penurunan gula darah bisa semakin rendah.