Manfaat Push Up untuk Kebugaran Tubuh, Jenis-Jenis Gerakan Push Up

Manfaat Push Up adalah salah satu bentuk latihan kebugaran tubuh yang bisa dilakukan sehari-hari untuk menguatkan dan membesarkan otot dada serta tangan. Gerakan push up bisa dilakukan oleh pria dan wanita tanpa panduan instruktur sekali pun. Olahraga ini merupakan olahraga yang praktis karena tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Khasiat push up adalah sejenis senam kekuatan yang memiliki fungsi untuk menguatkan otot bisep dan trisep. Biasanya push up diajarkan saat di masa sekolah. Push up diajarkan pada bab materi senam. Latihan push up melibatkan koordinasi gerak tubuh seperti dada, lengan, otot bisep dan trisep, bahu serta punggung. Tak hanya untuk bagian atas tubuh, push up juga bermanfaat untuk melatih kaki. Bahkan push up juga bisa memperkuat jantung Anda. Gerakan push up sangat sederhana dan mudah, tetapi khasiatnya sangat banyak bagi seluruh bagian tubuh.

Anda tidak perlu pergi ke tempat gym atau ke tempat olahraga lainnya. Anda bisa melakukan push up di rumah sambil bersantai atau nonton televisi. Bahkan di kamar juga Anda bisa mencoba khasiat push up secara rutin. Bagi Anda yang bekerja, push up bisa Anda lakukan di sela-sela pekerjaan saat Anda berada di kantor. Pada dasarnya, gerakan push up merupakan gerakan yang mudah. Baik pria maupun wanita pasti bisa melakukannya dengan benar.

Waktu yang baik untuk mencoba khasiat push up adalah di pagi hari dan sore hari. Push up dilakukan saat perut masih kosong. Untuk jumlahnya, bagi pemula melakukan push up sebanyak 25 kali per serinya. Dan sebaiknya melakukan 2 seri per hari. Lama-kelamaan Anda bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas push up. Tingkatnya tiap per minggu sebanyak menambah 1 seri.

Jenis Push Up Berdasarkan Tingkat Kemahiran (Kelas)

1. Push Up Kelas Pemula

Gerakan push-up untuk pemula tentunya beda dengan push up kelas intermediate dan advanced. Untuk pemula,khasiat push up didapatkan bila tidak dilakukan di lantai yang beralaskan matras. Namun, kelas pemula melakukan push up di dinding. Kedua telapak tangan ke dinding lalu dibengkokan lengannya. Anda melakukan gerakan push up seperti biasa, hanya saja dalam posisi berdiri dan tangan menempel dinding.Gerakan ini bisa dilakukan sebanyak 25 kali dengan posisi berdiri. Bila anda sudah terbiasa dengan gerakan tersebut, naikan grade gerakannya. Mulai beri tekanan pada gerakan dengan cara bergerak secara perlahan. Kemudian Anda juga bisa menaikan grade dengan cara melakukan gerakan menggunakan satu tangan saja.

2. Push Up Kelas Intermediate

Untuk mendapatkan khasiat Push up untuk kelas intermediate tentunya lebih berat daripada kelas pemula. Push up pada kelas ini dilakukan di lantai yang beralas matras. Namun letak perbedaannya adalah pada kelas ini tidak bertumpu pada kaki. Tetapi bertumpu pada lutut. Tangan diletakan sejajar dengan bahuu. Ujung jari menghadap ke depan. Silangkan kaki saat membungkuk. Turunkan dada Anda sekitar 3 inci dari lantai dan tekan kembali ke posisi awal Anda. Gerakan ini dilakukan sebanyak 25 kali per serinya. Jika kuat, Anda bisa melakukannya sebanyak 2 seri. Naikan 1 sering tiap minggunya. Jika sudah mampu dan kualitasnya meningkat, Anda bisa naik kelas ke advanced.

3. Push Up Kelas Advanced

Khasiat push up kelas advanced adalah push up untuk orang-orang yang sudah profesional dan mahir dengan push up. Biasanya mereka adalah atlit atau olahragawan. Gerakan push up ini sebaiknya dilakukan di lantai yang beralaskan matras. Pada kelas ini, gerakan push up dilakukan dengan cara memposisikan tubuh dengan lutut menjauhi lantai dan tumpuannya berada pada ujung kaki. Punggu jangan sampai melengkuk, pertahankan punggung Anda tetap lurus. Untuk push up jenis ini tentunya agak berat bebannya sehingga jumlah push up bergantung pada kekuatan tubuh. Tidak masalah jika Anda hanya mampu 10 kali saja. Yang terpenting tetap melakukannya dengan benar.

Jenis Gerakan Push Up dan Cara Melakukannya

Variasi gerakan push up sebenarnya sangat banyak. Untuk mendapatkan khasiat push up, bisa mencoba berbagai jenis gerakan. Tiap-tiap jenis gerakan push up memiliki fungsi masing-masing. Ada gerakan push up yang berfungsi untuk mengencangkan otot lengan, otot punggung, bahkan untuk mengencangkan kaki dan payudara. Gerakan itu juga dibagi berdasarkan tingkatan kelasnya. Tidak semua orang melakukan gerakan push-up yang menggunakan kaki sebagai tumpuannya. Namun, gerakan ini dibagi menjadi tiga kelas yakni pemula, intermediate dan advanced.

Untuk mencoba khasiat push-up tentunya ada tips-tips tertentu yang perlu diperhatikan oleh anda. Saat melakukan push up sebaiknya menggunakan alas atau matras yang diletakan di atas lantai. Penggunaan alas atau matras tentunya untuk menghindari Anda dari cedera akibat push up. Agar tidak langsung jatuh mengenai lantai.

Posisi tangan sebaiknya melebar di lantai, bukan di matras. Sedangkan kaki bertumpu pada ujung jari kaki, jadi seluruh tubuh bisa anda topang secara lurus dan sempurna. Sikut ditekuk sambil membuang nafas, turunkan posisi bahu anda sampai sikut membentuk sudut 90 derajat. Sambil menarik nafas, dorong bahu ke atas sambil membuat tangan selurus mungkin. Usahakan agar posisi sikut anda tidak kaku ya.

Berikut adalah jenis-jenis gerakan push up yang layak dicoba:

1. Wall Push Up

Gerakan ini dilakukan bukan di lantai, melainkan di dinding. Sikap dan khasiat push up wall ini cocok dilakukan untuk perempuan. Karena gerakan ini dapat mengencangkan dan menaikan payudara. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan menempelkan kedua tangan pada dinding. Gerakan maju mundur ke arah tembok. Gerakan ini selain bisa mengencangkan payaudara, juga bisa mengencangkan otot lengan.

2. Triangle Push Up

Khasiat push up triangle menargetkan otot untuk membentuk menjadi lebih berotot. Gerakan push up jenis ini dilakukan dengan cara memposisikan badan ke lantai seperti push up pada umumnya, letakan kedua tangan sejajar dengan membentuk segitiga. Kemudian tarik tangan secara perlahan ke samping atas sehingga membuat beban tubuh akan terpusat pada tangan dan bahu.

3. Wide Grip Push Up

Gerakan ini dilakukan untuk membuat otot dada menjadi lebih kuat. Tak hanya otot dada, otot lainnya juga bisa dibentuk dengan menggunakan gerakan ini. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan meletakan tubuh ke lantai. Kemudian, kedua tangan diletakan di sisi tubuh dan menempel lantai. Secara perlahan angkat badan anda, bagian kanan tubuh, bagin kiri tubuh, dan seluruh tubuh menggunakan telapak tangan sebagai penahannya. Maka posisi badan akan bertumpu pada dada dan bahu. Sambil melakukan push up, tariklah nafas secara perlahan-lahan untuk mendapatkan khasiat push up dalam memaksimalkan pembentukan otot dada.

4. Single Leg Raised Push Up

Gerakan dan khasiat push up ini juga dilakukan untuk memperkuat otot tubuh anda. Ciri utama dari gerakan ini adalah menggunakan satu kaki. Gerakan push up ini dilakukan dengan cara memposisikan badan ke lantai secara normal. Letakan kedua kaki dilantai, kemudian angkat salah satu kaki lalu lakukan push up dengan satu kaki terangkat. Kaki yang satunya berfungsi sebagai penyeimbang tubuh saat push up berlangsung.

5. Clap Push Up

Variasi gerakan push up yang lain ialah clap push up. Khasiat push up clap ini menargetkan otot dan lengan sebagai acuan dari pembentukan. Cara melakukan push up ini ialah diawali dengan push up seperti biasa, setelah itu ada hitungan untuk ketukan tangan lepas. Maka posisi push up menjadi berada di lantai dengan satu tangan terlepas. Namun dalam melakukan olahraga ini anda perlu berhati-hati agar tangan anda tidak terkilir saat melakukan gerakan push up satu tangan.

6. Knee to Chest Push Up

Gerakan push up jenis ini menargetkan pada perut dan dada. Gerakan push up ini diawali dengan posisikan push up biasa ke lantai. Tekuk lutut hingga mendekati dada. Dengan demikian push up jenis ini akan memberikan tekanan otot pada perut bagian tengah.

7. Spiderman Push Up

Gerakan dan khasiat push up spiderman ini memberikan manfaat pada organ otot perut bagian samping. Anda perlu memberikan perhatian khusus jika ingin melakukan olahraga jenis ini. Dimulai dari posisi push up seperti biasa, tekuk kaki ke samping sehingga sejajar dengan organ pantat dan pinggang. Maka gerakan ini akan memberikan khasiat pada perut bagian samping.

8. Reverse Palm Push Up

Khasiat push up jenis ini menargetkan pada otot bahu. Gerakan ini dilakukan dengan cara posisi push up seperti biasa ke lantai. Telapak tangan diputar ke belakang sehingga telapak tangan menghadap belakang. Kemudian tarikan ke atas pada saat push up. Sehingga gerakan ini membuat otot bahu menjadi lebih kuat.

9. Finger Push Up

Gerakan, manfaat dan khasiat push up jenis ini menargetkan pada otot lengan. Gerakan dilakukan dengan cara memposisikan push up seperti biasa. Letakan jari-jari telapak tangan seperti berdiri dengan ditahan, lalu lakukan gerakan push up dengan menahan kedua jari-jari tangan sehingga memperkuat otot jari dan lengan.

10. Knuckle Push Up

Khasiat push up ini tentunya menargetkan pada otot di pergelangan tangan. Gerakan ini dilakukan dengan cara memposisikan push up seperti biasanya. Namun tangan dikepalkan ke lantai. Kepalan tangan inni yang akan memperkuat otot pergelangan tangan.

Khasiat dan Manfaat Push Up

1. Mengencangkan Payudara Wanita

Bagi seorang wanita, payudara merupakan salah satu aset penting bagi tubuh. Tentunya setiap wanita menginginkan payudara yang naik dan kencang. Agar impian tersebut bisa tercapai, maka Anda bisa melakukan push up secara rutin untuk mengencangkan payudara. Push up bisa dilakukan saat pagi hari setelah bangun tidur ataupun di sore hari. Gerakan dan khasiat push up mampu menarik otot dada sehingga membuat dada lebih terangkat dan kencang.

2. Memberikan Bentuk Tubuh yang Lebih Baik

Jika Anda rutin melakukan push up. Maka,akan membentuk tubuh menjadi lebih baik. Namun, kebanyakan perempuan takut melakukan push up karena takut akan memiliki lengan yang besar. Anggapan tersebut sebenarnya salah. Manfaat dan khasiat push up membantu pembentukan dada, bisep, trisep, bahu serta punggung. Sehingga jika rutin dilakukan akan membuat otot terbentuk dan membuat bentuk tubuh menjadi lebih baik. Tentunya otot yang dihasilkan dari push up tetap akan proposional dengan tubuh Anda.

3. Menjaga Kesehatan otot dan Tulang

Kesehatan otot dan tulang perlu dijaga aghar tubuh Anda tetap bugar. Kesehatan otot dan tulang bisa Anda upayakan dengan cara berolahraga. Salah satu olahraga murah dan praktis yang bisa dilakukan adalah push up. Khasiat dan manfaat push up dapat membantu otot menjadi lebih kuat dan juga tulang tidak akan mudah rapuh. Apalagi bagi seorang wanita, tulang akan lebih mudah rapuh setelah melahirkan. Karena kalsium pada tulang terserap ke anak yang Anda kandung. Sehingga jika Anda rutin melakukan push up, akan membantu tulang Anda lebih kuat dan sehat.

4. Meningkatkan Massa Otot Bisep dan Trisep

Jika Anda ingin massa otot bisep dan trisep meningkat, Anda sebenarnya bisa pergi ke tempat gym untuk melakukan fitness. Namun, jika Anda tidak memiliki waktu luang, Anda cukup melakukan push up di rumah maupun di tempat kerja. Dengan mencoba khasiat push up secara rutin, Anda bisa meningkatkan massa otot bisep dan trisep. Hal ini terjadi karena pada saat badan melakukan gerakan naik turun maka otot lengan akan mendapatkan tekanan yang kuat. Karena tekanan tersebut, otot bisep dan trisep dapat meningkat.

5. Membentuk Otot Bahu

Rutin melakukan olahraga push up ternyata sangat berkhasiat untuk membentuk otot bahu Anda. Jangan khawatir, jika Anda memiliki bahu yang tidak seimbang, dengan melakukan push up secara rutin otot batu bisa seimbang. Khasiat push up membentuk otot bahu ini sama khasiatnya dengan melakukan olahraga renang. Jika Anda tidak bisa berenang tapi ingin membentuk otot bahu, Anda bisa melakukan push up di rumah atau di manapun. Secara biaya, push up lebih praktis dan murah dibandingkan renang lho.

6. Membantu Membentuk Perut Sixpack

Nah, siapa sih yang tidak ingin memiliki perut yang sixpack? Perut sixpack menjadi impian baik bagi pria maupun wanita. Bagi Anda yang menginginkan perut sixpack, Anda tidak perlu repot-repot ke tempat gym. Anda bisa melakukan olahraga push up di rumah karena khasiat push up dapat memberikan efek sicpack jika rutin dilakukan. Olahraga yang satu ini gerakannya sangat ampuh dan berkhasiat untuk membantu membentuk otot perut semakin kuat sehingga akan membentuk susunan kotak-kotak pada perut dan perut akan semakin keras dan tentunya tidak bergelambir lagi.


7. Melatih Kerja Otot Jantung

Jika push-up hanya berkhasiat untuk otot dada, otot lengan dan otot perut, maka statement tersebut salah bear. Ternyata khasiat push up bisa juga untuk organ vital manusia, yakni jantung. Push-up berperan penting dalam meningkatkan kerja otot jantung. Otot jantung pada orang yang sering berolahraga akan jauh lebih kuat dibandingkan dengan orang yang tidak pernah berolahraga. Dengan melakukan push-up secara rutin, kerja otot jantung akan lebih optimal. Sehingga aliran darah akan semakin lancar. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Tubuh menjadi sehat dan bugar.

8. Melancarkan Sistem Pernafasan

Ternyata khasiat push up tidak hanya untuk organ vital jantung saja, tetapi juga sangat berkhasiat untuk paru-paru. Jika Anda rutin melakukan push up maka sistem pernafasan akan semakin lancar. Sistem pernafasan menjadi lancar karena selama berolahraga push up, Anda pasti mengatur sistem pernafasan Anda sehingga dampaknya, Anda terlatih sistem pernafasannya dan membuat sistem pernafasan semakin lancar dan teratur.

9. Sebagai Latihan Untuk Anda yang Menjalani Diet

Jika Anda sedang melakukan diet, maka sebaiknya tidak hanya mengurangi porsi makan saja atau mengatur pola makan saja. Selain itu juga perlu melakukan olahraga sebagai pelengkap diet agar tubuh Anda menjadi proposional dan bugar. Anda bisa mencoba khasiat push up sebagai olahraga rutinan tiap pagi dan sore.

Manfaat dan khasiat push up memang ada banyak untuk tubuh Anda. Semakin Anda rutin melakukan push up maka tubuh akan menjadi proposional, sehat dan tentunya memiliki massa otot yang bagus. Lakukan secara rutin demi kesehatan Anda.